1. Masalah apa yang terjadi
ketika Wolf Peak meningkatkan kualitas dari QuickBooks ke paket
perangkat lunak yang baru? Bagaimana caranya untuk
menghindari masalah ini?
Answer:
Dalam kasus ini ada banyak masalah yang
dihadapi oleh Wolf Peak baik permasalahan yang eksplisit maupun implisit. Tantangan eksplisit adalah biaya tambahan,
kurangnya pelatihan dan keputuskan melakukan bisnis. Masalah implisit termasuk kesulitan pemahaman
para karyawan serta kurangnya kecerdasan bisnis. Tampaknya jelas bahwa semua masalah ini bisa
telah ditangani dan diatasi hanya dengan menggunakan pertimbangan bisnis yang
baik dan sedikit pengetahuan tentang sistem informasi. Sebagai contoh, tampaknya masuk akal untuk
mengasumsikan bahwa orang-orang yang bertanggung jawab meengganti Quick Books
untuk yang pertama kali kurang memahami tentang apa yang mereka butuhkan untuk
perangkat lunak dan apa yang dapat dilakukan. Apakah mereka berpikir tentang sistem baru ini
sebagai tidak hanya sistem pendukung keputusan, tetapi juga sistem informasi
strategis, mereka mungkin telah terlibat dengan pengetahuan sebagai keputusan
yang serius mungkin memiliki lebih berat bagi para pengambil keputusan.
Wolf
Peak membeli paket perangkat lunak, bahkan tanpa melakukan penelitian, melihat
demo kemampuan perangkat lunak atau bahkan berkonsultasi dengan profesional
keuangan untuk melihat fitur apa jenis bisnis mereka akan membutuhkan. Hal ini terbukti menjadi pengawasan utama dan
menyebabkan hilangnya sejumlah besar sumber daya perusahaan.
Selain
itu adalah kurangnya penelitian terhadap integrasi tambahan. Sebagai contoh, Akankah
software baru ini bisa memahami sistem manufaktur mereka untuk faktur atau akankah
dapat mengirimkan informasi ke sistem penggajian dan fungsi pelayanan? Dalam sebuah situs mengungkapkan bahwa sistem
SAP tidak hanya termasuk keuangan, tetapi juga CRM dan distribusi fungsi.. Keputusan
bisnis lain yang baik adalah mereka mengakui bahwa meskipun mereka membayar
jumlah yang bagus untuk sistem lama, itu akan mengurangi biaya mereka untuk
menggantinya dalam jangka panjang: tidak semua orang dapat meramalkan ini. Masalah
seperti yang dialami oleh Wolf Peak tersebut sebenarnya dapat diantisipasi dan
dicegah terjadinya dengan melibatkan seluruh pakar yang dimiliki oleh
perusahaan, dari berbagai bidang. Sistem atau software harus diposisikan sebagai
alat untuk membantu pembuatan keputusan. Namun bentuk dan data seperti
apa yang dibutuhkan oleh manajemen, harus ditentukan oleh manajemen sendiri,
bukan oleh alat tersebut.
2. Apa yang Dibuktikan oleh Bussiness One
untuk menjadi pilihan yang lebih baik untuk manajemen Wolf Peak dibandingkan
dengan perangkat lunak yang baru? Berikan beberapa contoh untuk
mengilustrasikan jawaban Anda.
Answer: .
Ada
begitu banyak alasan mengapa SAP Business One adalah software akuntansi yang
lebih baik untuk manajemen. Pertama, efektifitas biaya, karena tidak ada
kebutuhan untuk kontraktor eksternal untuk mengembangkan laporan baru. Sumber daya saat ini yang dengan mudah mampu
mengembangkan laporan karena tampilan yang dapat digunakan perusahaan. Selain itu, implementasi hanya membutuhkan
tujuh minggu dan juga hanya diperlukan sedikit pelatihan. Apa yang mengesankan dengan implementasi ini
adalah bahwa hal itu tidak mengganggu; transisi terjadi selama jam kerja dan karyawan
masih dapat menggunakan sistem. tampilan user sangat bersahabat sehingga
pengguna tidak perlu pelatihan tambahan. Hal ini dibandingkan dengan perangkat lunak
lama yang mengambil satu setengah tahun dari instalasi dan implementasi. Penghematan waktu dari implementasi untuk
penggunaan perusahaan hampir seketika dibayar untuk sistem.
Hal positif
lain yang menarik adalah diperpanjang dari perangkat lunak untuk melampaui
persyaratan. Fungsi semacam ini membawa kolektivisme
didistribusikan, dan umum dalam sistem yang dirancang dengan baik. Perangkat lunak ini dapat menjangkau sistem perusahaan di luar
pengguna sistem keuangan, seperti manajemen gudang dan CRM. Dan karena Business One adalah paket perangkat
lunak yang terintegrasi, setiap peristiwa yang terjadi pada setiap titik secara
otomatis akan memperbarui data lain dalam sistem. Sebagai contoh, jika persediaan rendah karena
sistem mencatat penjualan, secara otomatis dapat berkomunikasi dengan pemasok
dan memperbarui buku besar transaksi. Semua data bisnis mereka, dari keuangan untuk persediaan
penjualan, disimpan dalam Business One dan karena itu memberikan manajer
kemampuan untuk memantau seluruh bisnis dari satu aplikasi. Dan dengan antarmuka yang sangat berguna, jenis
manajer informasi bisa membayangkan dicapai tepat di ujung jari mereka.
Sangat penting
bahwa UKM memiliki satu pusat informasi. Dikarenakan kurangnya sumber daya manusia
berarti informasi harus dekat dengan pemilik setiap saat. Hal ini tergantung pada bisnis apapun, tetapi
bahkan lebih penting untuk didorong data bisnis, seperti perusahaan asuransi. Perusahaan asuransi tidak membuat keputusan
eksekutif ini karena ketidakmampuan kita untuk mengkonversi data dari sistem
yang berbeda. Oleh karena itu, kita sedang menggunakan
setidaknya tiga sistem data yang berbeda untuk mengelola bisnis kami. Integritas data dan pemeliharaan sistem sulit
untuk dikelola.
3.
Perlukah sebagian usaha kecil menengah menggunakan
perangkat lunak bisnis terintegrasi seperti SAP Bussiness One daripada
akuntansi khusus dan paket perangkat lunak bisnis lainnya? Ya atau tidak,
mengapa?
Answer: .
Efisiensi,
akurasi dan kemudahan penggunaan adalah beberapa kebutuhan perusahaan kecil
menengah (UKM), dan kebutuhan ini sebaiknya dipenuhi dengan perangkat lunak
bisnis terintegrasi, seperti SAP Business One, perangkat lunak dibandingkan
yang lebih khusus untuk masing-masing departemen.
Perangkat
lunak bisnis Terintegrasi, seperti SAP Business One, dibangun agar organisasi
dapat mengkomunikasikan informasi antar departemen, menawarkan pandangan yang
lebih transparan terhadap kegiatan perusahaan. Hal ini memungkinkan laporan lebih akurat. Informasi bersama dapat diakses oleh sebagian
besar pengguna, apakah mereka berada di pemasaran atau operasi, mengurangi
penundaan yang seharusnya dapat terjadi jika karyawan harus menghubungi rekan
kerja untuk menyelesaikan tugas mereka. Proses ini menjadi lebih jelas setelah menonton
video demo di website SAP. Di sini, pemilik bisnis digambarkan bahwa tidak
hanya informasi yang dibagi di antara departemen, tetapi ketika seorang karyawan
masuk dalam penjualan, gudang diberitahu dan pesanan diambil, dikemas dan
dikirim. Setelah pesanan telah dikirimkan, klien
mengirimkan email memberitahu mereka tentang informasi pelacakan pembelian
mereka.Sementara itu, SAP Business One secara otomatis memelihara laporan yang
akurat dari persediaan perusahaan serta saldo rekening klien. Video ini jelas
menggambarkan komunikasi antar departemen serta kemampuan perangkat lunak untuk
menyimpan catatan yang akurat. Selain itu, antarmuka dianggap sebagai mudah
digunakan dan sering tidak memerlukan pelatihan lebih lanjut dari staf,
sehingga menghasilkan manfaat tambahan menghemat uang perusahaan. Karyawan dapat terus bekerja bukannya belajar
bagaimana untuk mengoperasikan sistem perangkat lunak baru dengan demikian
mempertahankan profitabilitas perusahaan.
Sebagai
perbandingan, khusus bisnis software tidak efisien, akurat dan rumit untuk
digunakan. Seperti dibuktikan oleh kasus Wolf Peak, waktu
yang terbuang dalam menggunakan software akuntansi khusus. Pengguna tidak dapat
menyaring semua data dan memahami informasi bahwa sistem sedang merekam. Hal ini mengakibatkan outsourcing melaporkan
hasil kerja dengan harapan bahwa konsultan bisa masuk akal dari informasi yang
diambil dari perangkat lunak. Kesalahan lain dengan software khusus adalah
bahwa informasi tidak mudah diimpor atau diekspor. Wolf Peak menggunakan
QuickBooks sebelum membeli perangkat lunak yang lebih canggih, dan format
keuangan mereka tidak kompatibel. Catatan tidak mudah dipindahkan dari QuickBooks
ke perangkat lunak baru. Entri manual data ini bisa mengakibatkan masalah
serius bagi perusahaan jika informasi penting yang disebabkan oleh kesalahan
pengetikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar