Kamis, 26 Desember 2013

Psikotes Melamar Kerja



Pohon anda terletak di mana pada bidang kertas?


* Di tengah
Anda praktis dan rendah hati. Sama seperti andayang memilih di bagian tengah, anda juga menerapkan pendekatan jalan tengah.Anda menangani masalah-masalah dengan sikap mengharapkan yang terbaik danmembayangkan yang terburuk. Dengan cara ini anda siap dengan apapun yangterjadi.


* Di bagian bawah
Anda lebih suka melakukan riset terlebih dulusebelum memutuskan apakah anda merasa yakin atau pesimistik akan sebuah solusi,ini disebabkan bagian bawah dari pertengahan halaman melambangkan pendekatanhidup yang membumi.


* Tinggi di atas
Anda melihat hikmah dari semua masalah. Semakintinggi letak pohon anda menunjukkan sikap anda yang semakin tinggi dalammemandang hidup. Kendati pun hal-hal terjadi tidak seperti yang anda inginkan,anda memandangnya sebagai pengalaman pembelajaran.




--------------------------------------------------------------------




Batang pohon seperti apa yang anda gambar?


* Lebar
Batang pohon melambangkan kekuatan emosional.Batang lebar berarti anda bisa tetap tenang dan tidak mudah marah. Anda pusatketenangan di tengah badai. Pendirian anda juga kuat.


* Ramping
Anda fleksibel dan terbuka denganpandangan-pandangan atau pendapat orang lain. Anda juga sensitif dan banyakempati untuk masalah orang lain.


* Pohon bercabang di puncak
Anda terpecah di antara beberapa pilihan hidupsaat ini




-------------------------------------------------------------------




Berapa tinggi pohon anda?


* Lebih dari setengah tinggi kertas
Menggambar pohon lebih tinggi menunjukkanhasrat untuk mencapai prestasi yang tinggi dalam hidup. Anda juga dermawandalam soal uang. Dan dalam bekerja anda seksama serta men cek ulang untukmemastikan anda bekerja dengan baik.


* Tinggi pohon kurang dari setengah tinggi kertas
Anda puas dengan hidup ini apa adanya.anda jugahemat dan sangat efisien.






--------------------------------------------------------------------




Pohon anda terletak di mana?


* Di tanah
Anda mendambakan rasa aman dan stabilitas. Andamenyukai kehidupan keluarga dan lebih suka pekerjaan di mana anda bisa bertahanbertahun-tahun.


* Di pot
Anda sangat sibuk bekerja sepanjang waktu. Andasenang berpergian dan bertualang, serta mengenal orang-orang baru dantempat-tempat baru.


* Di puncak gunung
Anda mendambakan perhatian dan senang menjadipusat perhatian. Anda adalah entertainer alamiah dan komunikator ulung yangmembuat orang tertarik pada anda.


* Melayang di awang-awang (tidak ada dasarnya)
Anda impulsif dan spontan. Anda sangat mudahmenjadi senang jika sesuatu mengilhami anda.


* Di pulau
Anda memerlukan banyak waktu untuk menyendiriuntuk mengisi ulang energi anda, juga membantu anda untuk menemukan solusi darimasalah anda




----------------------------------------------------------------------




Apakah pohon anda mempunyai dahan?


* Ya
Anda adalah orang yang berorientasi pada otakkiri. Dalam survei-survei, dahan-dahan digambar oleh orang yang logis dananalitis. Anda jarang kehilangan kesabaran karena anda terlalu sibuk memikirkansolusi rasional untuk semua masalah yang muncul.


* Tidak
Jika anda hanya menggambar kerangka dasarpohon, berarti anda dikuasai oleh otak kanan yang intuitif. Anda mengikutiinstink-instink anda dalam segala sesuatu, mulai dari menerima pekerjaan sampaiberteman dengan orang baru. Dan biasanya anda benar.




--------------------------------------------------------------------




Pohon anda condong ke arah mana?


* Ke kiri
Anda cenderung memendam apa yang anda pikirkan.Sikap anda konsevatif dan introvert. Anda tidak menyukai guncangan-guncangan .Meskipun anda tidak setuju anda akan menyimpannya untuk diri sendiri.


* Ke kanan
Anda berorientasi pada aksi.anda akanmengatakan apa yang anda pikirkan kendatipun bertentangan denganpandangan-pandangan orang lain.


* Lurus
Anda berada di tengah antara memendam perasaan-perasaananda dan mengungkapkannya. Jadi anda cenderung memilih perang dengan diri anda.Anda akan bicara hanya jika masalah itu benar-benar penting untuk anda.




--------------------------------------------------------------------




Apakah anda menggambar akar?


* Ya
Akar melambangkan keluarga dan sejarah, berartimasa lalu penting bagi anda. Anda menganggap itulah dasar dari siapa anda saatinidan membantu anda memahami diri sendiri secara lebih baik anda menyukaitradisi keluarga, resep-resep yang diturunkan dari ibu, juga pusaka/peninggalandari keluarga anda.


* Tidak
Anda fokus pda masa depan. Anda mandiri dansenang menciptakan tradisi-tradisi baru. Anda belajar lebih banyak tentang dirianda dengan merasakan situasi-situasi baru dan bertemu dengan orang-orang baru.




---------------------------------------------------------------------




Apakah pohon anda lebih didominasi daun (bagiandaun lebih dominan) ?


* Ya
Anda adalah pemikir yang dalam. Studi-studimenunjukkan daun melabangkan pemikiran. Orang-orang yang menggambar daun adalahorang yang selalu memikirkan apa saja. Selain membuat anda suka merenung danintrospeksi, sifat ini juga membuat anda mengambil keputusan dengan hati-hati.Karena anda cenderung melihat manfaat dari semua masalah.


* Tidak
Anda cenderung memandang dunia ini adalah hitamdan putih. Kurangnya daun berarti anda tidak mudah tergoyahkan dengan banyaknyawarna abu-abu dari suatu masalah. Anda tidak membuang waktu memusingkan solusidari sebuah masalah. Anda memilih sevuah rencana aksi dan bergerak ke depan.




--------------------------------------------------------------------




Apakah anda menggambar yang lain selain pohon?


*Buah / kacang pada pohon
Yangmembuat anda paling bahagia adalah melihathasil pekerjaan yang dikerjakan dengan baik.


*Rumput di bawah
Anda punya rumah dimana para tamu mersadisambut baik dan keluarga anda betah tinggal disana, mebuat anda merasa palingdamai.


*Ada bunga di bawah pohon
Anda paling bahagia jika dikelilingi kebahagiaan(orang-orang disekitar anda bahagia).


*Ada burung/hewan/ orang di sekitar pohon
Anda cinta pada keluarga dan teman-teman, danitu adalah kebahagaiaan terbesar anda.


*Ada ayunan di pohon
Anda paling bahagia jika meluangkan waktu untukbersenang-senang.
 
 
 
Tips lolos psikotes
 
 
 
Phsicology Test/TesPsikologi atau psikotes/psikotest sebagai bagian dalam tahapan penerimaan calonpegawai. Keunikan dari tes ini adalah pada “ketidakpastiannya”. Mengapa? Karenafaktor dapat memutarbalikan perhitungan logis potensi seseorang. Sebagaicontoh, seseorang lulusan perguruan tinggi terbaik di negeri ini dengan IPK : 3koma dan berpengalaman sebagai asisten dosen, tidak dapat lolos dari lobangjarum ujian psikotes sehingga akhirnya harus berwirausaha karena belum pernahmampu melewati psikotes untuk diterima bekerja di sebuah perusahaan. Memang iniironi, namun ini fakta. Psikotes memang merupakan fenomena tersendiri bagi parapelamar kerja. Penulis juga pernah menghadapi hal serupa, untuk kemudian harusbangkit melalui proses “learning by doing”. Penulis bukan seorang psikiatermaupun phsicology tester, namun beberapa tips yang akan dishare berikut ini,berdasarkan pengalaman penulis ketika menghadapi psikotes, diharapkan mampumembantu mengurangi kegagalan psikotes Anda:
1. Tes Logika Aritmatika. Tes ini terdiriatas deret angka. Yang diukur dalam tes ini adalah
kemampuan analisa anda dalam memahami polapola/kecenderungan tertentu (dalamwujud deret angka) untuk kemudian memprediksikan halhal lain berdasarkan polatersebut. Tipsnya:
1) jangan terpakupada deret hitung atau deret ukur perhitungan matematika saja yaitu janganterpaku pada 3 4 angka terdepan dalam deret namun adakalanya anda melihat deretsecara keseluruhan karena pola bisa berupa urutan, pengelompokan berurutanmaupun pengelompokan loncat.
2) Ingat keterbatasanwaktu. Jangan terlalu asyik dan terpaku hanya pada sebuah soal
yang penasaran ingin anda pecahkan, lompati ke soal berikutnya karena terkadangsoal di
bawahnya lebih mudah dipecahkan dibandingkan soal sebelumnya.
3) Anda bisa melatih
kemampuan anda ini dari bukubuku tes UMPTN/SPMB untuk materi deret hitung/deretukur.
Contoh:
16 8 4 2 1 1/2 C C
45 15 18 6 9 3 C C
2. Tes Logika Penalaan.Tes ini terdiri atas deret gambar baik 2 maupun 3 dimensi. Yang ingin diukurdalam tes ini adalah kemapuan anda dalam memahami polapola/kecenderungantertentu (dalam wujud gambar) untuk kemudian melakukan prediksi berdasarkanpola anda tersebut: Tipsnya: konsetrasi, hatihati dan teliti. Karenabentukbentuk yang ditawarkan hampir serupa walau tak sama.

3.Analog Verbal Test. Tes ini terdiri atas 40 soal yang berisisinonim/antonim/analog suatu kata. Yang diukur dalam tes ini adalah kemampuanlogika anda terhadap sebuah kondisi, untuk melihat sejauh mana anda memahamisebabakibat suatu permasalahan. Tipsnya: Apabila anda bermasalah dengankonsentrasi dan logika, anda bisa membypassnya dengan menghafal soal danjawaban. Karena beberapa kali penulis menghadapi tes in, soal yang diberikanrelatif sama. Contoh:
wanita : kebaya =pria :
a. sepatu b. baju c. topi d. jas
kubus : pyramid = empat persegi :
a. peti b. mesir c. pentagon d. segitiga
4.Kraeplien/Pauli.Tes ini terdiri atas gugusan angkaangka yang tersusun secara membujur(atasbawah) dalam bentuk lajurlajur. Calon pegawai diminta untuk menjumlahkandua angka yang berdekatan dalam waktu tertentu di setiap kolom dan menuliskandisampingnya. Yang diukur dalam tes ini adalah konsistensi, ketahanan, sikapterhadap tekanan, kemampuan daya penyesuaian diri, ketelitian sekaliguskecepatan dalam mengerjakan suatu pekerjaan. Tipsnya :
1) Jangan sekalipunmenggunakan pensil mekanis dalam tes ini melainkan pensil biasa atau pulpensaja, karena tes ini sangat terikat dengan waktu. Pensil mekanis membutuhkandireload ketika ujung granitnya habis, mekanisme ini membutuhkan waktu sekitar0.51 detik. Apabila anda melakukan reload dalam 10 lajur berarti anda telahkehilangan waktu 510 detik.
2) Usahakan jumlahangka yang dijumlahkan di masingmasing kolom stabil. Hasilnya akan lebih baikjika dibandingkan anda memaksakan diri di awal tes namun tergopohgopoh dipertengahan dan akhir tes. Kendalikan diri anda untuk menghemat tenaga.
3) Jangan sekalipunmelakukan cheating terhadap waktu maupun hasil penjumlahan. Hal ini akanmerugikan anda sendiri karena justru untuk cheating anda akan membutuhkan waktusekian detik untuk memutuskan dan itu berarti justru membuang waktu danmemubuat grafik penjumlahan anda tidak alami. 4) Hal yang paling penting darikeseluruhan tes kraeplein adalah konsentrasi. Terkadang anda akan merasa blankpadapertengahan tes, namun anda harus bisa bangkit & fokus lagi pada tes.Untuk itu kondisi fisik sangat berpengaruh. Usahakan tidak begadang dan sarapandahulu sebelum berangkat tes karena model tes ini sangat menyedot energi anda.
5.Wartegg Test. Tesini terdiri atas 8 kotak yang berisi bentukanbentukan tertentu seperti titik,garis kurva, 3 garis sejajar, kotak, dua garis saling memotong, dua garisterpisah, tujuh buah titik tersusun melengkung dan garis melengkung. Anda akandiminta menggambar kemudian menuliskan urutan gambar yang telah anda buat, lalumenuliskan nomor gambar mana paling disukai, tidak disukai, sulit dan mudahmenurut anda. Yang diukur dalam tes ini adalah emosi, imajinasi, intelektualdan aktifitas subjek.

 
Tipsnya adalah:
1) Urutan menggambarsebaiknya anda buat kombinasi antara sesuai nomor dan
acak. Misalnya 1,2,3,4 kemudian 8,7,6,5. Karena apabila anda menggambarberdasarkan urutan 1,2,3,4,5,6,7,8 anda dipandang HRD sebagai orang yangkaku/konservatif sedangkan apabila anda menggambar secara acak misalnya5,7,6,8,3,2,4,1 anda akan dipandang HRD sebagai orang yang terlalu kreatif,inovatif dan cenderung suka akan ‘breaking the low‘.
2) Kalau andabergender lelaki jangan mulai dengan nomor 5, karena beberapa anggapanmenyebutkan hal ini berpengaruh terhadap orientasi seks anda. Berikut iniadalah salah satu contoh pengerjaan yang pernah digunakan penulis untukmelewati tahap psikotes ini:
 

Tipsnya adalah:
1) Urutan menggambarsebaiknya anda buat kombinasi antara sesuai nomor dan
acak. Misalnya 1,2,3,4 kemudian 8,7,6,5. Karena apabila anda menggambarberdasarkan urutan 1,2,3,4,5,6,7,8 anda dipandang HRD sebagai orang yangkaku/konservatif sedangkan apabila anda menggambar secara acak misalnya5,7,6,8,3,2,4,1 anda akan dipandang HRD sebagai orang yang terlalu kreatif,inovatif dan cenderung suka akan ‘breaking the low‘.
2) Kalau andabergender lelaki jangan mulai dengan nomor 5, karena beberapa anggapanmenyebutkan hal ini berpengaruh terhadap orientasi seks anda. Berikut iniadalah salah satu contoh pengerjaan yang pernah digunakan penulis untukmelewati tahap psikotes ini:

8.Menggambar Pohon.Tes ini terdiri atas tugas untuk menggambar pohon dengan kriteria :
berkambium (dicotyl), bercabang dan berbuah. Sehingga tidak diperbolehkankepada anda
menggambar pohon jenis bambu, pisang, semak belukar ataupun jenis tanamanmonocotyl
lainnya. Tipsnya :
1) Pada setiap tesmenggambar pohon yang pernah dilalui, penulis selalu
menggambar pohon nangka. Karena pohon tersebut mewakili jenis tanaman dicotyl /berkambium.
2) Walaupun andatidak begitu pandai dalam hal menggambar, usahakan menggambar secara detil danrinci setiap komponen dari pohon tersebut seperti tangkai, bentuk daun,kerapatan daun, buah, akar bahkan alur pohon.
3) Untuk hasil yanglebih maksimal, fotolah pohon tersebut, pelajari karakter jenis pohonnya, kemudianlatihlah kemampuan menggambar anda dengan mengacu pada foto tersebut.

9.Edwards Personal Preference Schedule (EPPS). Tes ini terdiriatas pilihanpilhan jawaban yang paling mencerminkan diri anda. Tes inidipergunakan untuk mengetahui seberapa besar motivasi, kebutuhan dan motifseseorang. Tipsnya:
1) Jawablah setiappertanyaan dengan jujur sesuai dengan kondisi anda, setidaknya yang palingmendekati, karena pertanyaan akan berulang di nomornomor berikutnya, sehinggaapabila jawaban anda tidak sinkron, hal ini akan merugikan Anda. Kejujuran andaterkait dengan cerminan kesesuaian diri anda terhadap lowongan pekerjaan yanganda lamar.
2) Secarakeseluruhan, tes EPPS ini memang paling sulit untuk diadjustment (diakali),namun setidaknya ada beberapa pertanyaan yang bisa diadjustment untukdisesuaikan dengan lowongan pekerjaan yang anda pilihan. Misalnya ketika andamelamar menjadi pegawai Bank, pilihlah jawabanjawaban yang mencerminkankejujuran, keteraturan, kedisiplinan dan mampu bekerja dalam teamwork.
3) Karena sulitnyaproses adjusment tehadap tes ini, jalan paling praktis yang dapat ditempuhadalah memperbaiki diri (self improvement) anda dalam segala hal, setup dirianda menjadi seakanakan seseorang profesional dalam setiap tingkah laku kesehariananda seperti: jujur, tepat janji, tanggung jawab dan disiplin. Karena cerminanpola pikir dan tingkah laku positif diri anda, akan tertuang tanpa anda sadaridalam hasil tes. Contoh Soalnya:
A. Saya suka memuji orang yang saya kagumi
B. Saya ingin merasa bebas untuk melakukan apa saja yang saya kehendaki
A. Saya merasa bahwa dalam banyak hal saya kalah dibandingkan orang lain
B. Saya suka mengelakkan tanggung jawab dan kewajibankewajiban
10.Learning By Doing.Pengalaman memang guru yang paling baik. Lakukan perbaikan
perbaikan secara continue baik terhadap diri anda maupun terhadap kemampuananda, di setiap psikotes yang anda hadapi. Misalnya seperti : melatih diriterhadap kesalahan/kesulitan yang dihadapi pada psikotes sebelumnya, membacakembali materi psikotes secara keseluruhan semalam sebelum menghadapi psikotes(refreshment) dan mempersiapkan fisik sebaikbaiknya karena pada dasarnyapsikotes akan selalu Anda kerjakan dalam keadaan tegang dan tekanan. Karenadengan mekanisme tersebut, psikotes bukan meruapakan momok yang harus andahindari, namun anda akan lambat laun berteman dan akrab dengan psikotes
Diposkan oleh faisol emeraldy di 06.31
 
 
PsikotesGambar Orang / DAP (Draw a Person)
 
DAP atau Draw a Personadalah salah satu jenis psikotes menggambar. Tes ini mudah diinterpretasikandan banyak digunakan di berbagai negara karena tidak ada hambatan bahasa,hambatan budaya dan komunikasi antara penguji dan peserta tes. Biasannya, DAPdigunakan dalam berbagai tujuan sehingga bersifat universal. 

Di Indonesia, tes ini banyak digunakan untuk perekrutan pegawai swasta, pegawaipemerintah, dan lembaga lainnya. Dalam pengerjaan tes ini, bisa dilakukansecara kelompok atau individual. Tes kelompok biasanya digunakan dalamperekrerutan pegawai yang berjumlah banyak (misalnya perekrutan pegawai PNS),sementara, tes individual digunakan untuk perekrutan pegawai dengan kualifikasitertentu dan kuantitas sangat terbatas.

Anda sebagai peserta tes akan diminta oleh pengawas untuk menggambar tiga orangpada tiga lembar terpisah yaitu gambar laki-laki, gambar perempuan dan gambarAnda sendiri. Tapi, jika Anda dites dalam sebuah kelompok, Anda hanya akandiminta untuk menggambar satu orang. Usahakan sesuai dengan jenis kelamin Andasendiri. Identitas diri ditulis pada bagian belakang kertas supaya bidanggambar tetap bersih. Tapi tergantung pada permintaan pengawas. Intinyadengarkan setiap petunjuk dari pengawas.

Dalam tes kelompok peserta hanya diminta menggambar satu orang saja untukmenghemat waktu. Waktu yang diberikan pengawas biasanya berkisar antara 10sampai 15 menit.

1. Apa yang Anda gambar menunjukkan pribadi Anda 
Karena gambar tersebut menunjukkan pribadi Anda, maka gambarlah orang sesuaijenis kelamin Anda. Jika Anda seorang wanita, gambarlah seorang wanita. JikaAnda pria, maka gambarlah seorang pria. Selain itu, ekspresi dan aktivitas jugamenunjukkan Anda orang seperti apa. Usahakan menggambar orang dengan ekspresibahagia atau tersenyum dan juga giat melakukan sebuah aktivitas.

2. Tentukan profesi 
Profesi orang yang Anda gambar harus jelas. Hal tersebut bisa ditunjukkanmelalui aktivitas, lingkungan, maupun detail pakaian dan aksesoris maupunperalatan yang digunakan. Berikut ini beberapa contoh orang dengan profesi yangjelas:
a. Dokter sedang memeriksa pasien
b. PNS sedang memimpin rapat/ berpresentasi
c. Karyawan swasta bekerja di depan komputer
d. Atlit sedang berlari


3. Gambarlah orang yang sedang beraktivitas 
Dengan menggambar orang yang sedang beraktivitas akan menunjukkan bahwa Andaadalah orang yang giat dan pekerja keras. Aktivitas harus detail dan jangansetengah-setengah. Maksud setengah-setengah di sini adalah Anda menggambarseorang sedang berdiri dan membuka tangan, namun tak jelas apa yang dialakukan. Jika Anda ingin menggambar orang yang sedang berpresentasi, berikanfitur-fitur pendukung, misal papan presentasi, laptop, LCD, dan beri judulgambar.

4. Perhatikan detail pakaian dan atribut profesi yang menunjukkankarakteristik profesi 
Atribut profesi, misalnya:
a. dokter : memakai stetoskop, baju lab putih
b. atlit : memakai sepatu sket, pakaian olahraga

Untuk wanita, jangan menggambar aksesoris perhiasan yang berlebihan karena akanmenunjukkan bahwa Anda orang yang matrialistis. Usahakan jika Anda inginmenggambar aksesoris, gambarlah jam tangan dan sabuk karena kedua aksesoristersebut menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang berdisiplin.

5. Perhatikan proporsi tangan, kaki, badan, kepala 
Ketika saya menggambar, saya menggunakan ruas buku sebagai patokan: satu ruasuntuk kepala, seperempat ruas untuk leher, dua setengah ruas untuk tubuh, 4-5ruas untuk kaki, dan 3 1/2 ruas untuk tangan.

6. Gambarlah orang dengan ukuran dan proporsi yang wajar 
Jangan menggambar orang terlalu besar atau terlalu kecil. Ukuran terlalu besarmenunjukkan bahwa Anda adalah orang yang dominan, sementara ukuran terlalukecil menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang kurang percaya diri.

7. Menempatkan orang di tengah-tengah kertas 
Jangan gambar orang terlalu condong ke kiri atau ke kanan. Untuk mengakali haltersebut, Anda dapat membuat garis vertikal yang sangat tipis sebagai pembagikertas saat sebelum menggambar. Garis ini yang akan Anda jadikan acuan dalammenggambar orang agar simetris dan letaknya tepat di tengah kertas.

8. Gambarlah setiap detail wajah 
Detail wajah yang harus Anda perhatikan antara lain:
a. telinga
b. rambut
c. mulut
d. hidung
e. dagu

Namun, jangan memberikan garis penekanan yang berlebihan pada wajah karenapenekanan berlebihan pada wajah akan menunjukkan bahwa Anda orang yang tidakpercaya diri dengan wajah Anda. Beri garis yang wajar tapi tetap memberikansentuhan ekspresi yang menyenangkan.

9. Berikan tekanan pada garis leher 
Hal ini untuk menunjukkan bahwa Anda memiliki kemauan yang tinggi.

10. Buatlah bahu yang proporsional 
Bahu yang terlalu besar, kecil, atau besar sebelah menunjukkan bahwa Anda tidakpercaya diri dengan tubuh Anda.

11. Gambarlah tangan dengan aksen terbuka dan terlihat detail dari jaritangan 
Tangan yang tersembunyi di belakang tubuh atau saku celana, menunjukkan bahwaAnda orang yang memiliki gangguan hubungan sosial. Sementara, tangan yangterbuka menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang mudah bekerja sama sertafleksibel. Hal ini bukan berarti Anda menyembunyikan bahwa Anda adalah orangyang introvert atau tidak mudah percaya. Banyak tipe orang introvert yang masihmudah diajak bekerja sama. Tipe orang yang mudah diajak bekerja sama inilahyang sangat dibutuhkan perusahaan.

12. Buatlah penekanan pada tumit 
Hal ini akan menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang fleksibel.

13. Memberikan bayangan 
Hal ini sering dilupakan oleh para peserta tes. Jangan lupa memberikan bayanganpada orang dan lingkungan. Tidak mungkin kan seorang manusia tidak memilikibayangan? :)

14. Buatlah lingkungan yang sesuai dengan profesi orang yang digambar 
Jangan lupa menggambar lingkungan pendukung untuk menunjukkan dan memperkuataksen bahwa orang yang Anda gambar memang sedang bekerja serta memperjelasaktivitas apa yang sedang dilakukan.
Lingkungan tersebut sederhana saja, misalnya jika Anda menggambar seorangpetani, jangan lupa gambar padinya juga. Jika Anda menggambar seorang dokter,jangan lupa menggambar ranjang pasien.
c. WARTEGG;
Untuk mengetahui emosi, imajinasi,intelektual dan aktifitas subjek
Pernah ikut psikotes dan disuruhgambar atau melengkapi gambar dengan delapan kotak? Gw pernah…
Ini disebut Wartegg Test (bukanwarung tegal )
Dalam Wartegg Test, kamu akandiberikan selembar kertas yg berisi 8 kotak yg ada stimulus-stimulusnya,kemudian testee akan memberikan perintah untuk melengkapi gambar yg ada dikotak tersebut.
 

- gbr 1. berupa titik ditengahkotak: ini menyangkut hal2 yg berhubungan dengan penyesuaian diri, yaitubagaimana seseorang menempatkan diri dlm lingkungan
- gbr 2. berupa ~ tp berada di kotaksebelah kiri: menunjukkan fleksibilitas perasaan.
- gbr 3. berupa 3 garis horisontaldr pendek, sedang tinggi sejajar: mengukur hasrat untuk maju/ambisi
- gbr 4. berupa kotak kecil disebelah kanan: mengukur bagaimana seseorang mengatasi kesulitan
- gbr 5. seperti huruf T tp miring(susah gambarin nya): mengukur bagaimana cara bertindak.
- gbr 6. berupa garis horisontal& vertikal: mengukur cara berpikir/analisa & sintesa
- gbr 7. berupa titik2 melengkung:menyangkut kehidupan dan perasaan (apakah sudah stabil, kekanakan)
- gbr 8. berupa lengkungan: mengenaikehidupan sosial/hubungan sosial
mungkin kamu bertanya-tanya apafungsi tes melengkapi gambar di atas, dan apakah tes di atas sebenarnya adalahuntuk mencari tahu siapa diantara peserta yang paling pintar menggambar atautidak, ternyata tes di atas bukan untuk mengetahui kemampuan menggambarmelainkan hal tersebut merupakan salah satu cara dari beberapa cara yangdigunakan oleh psikolog untuk mengetahui kepribadian dari cara menggambar.
Seperti dijelaskan sebelumnya bahwates menggambar ini tidak memerlukan kemampuan menggambar, melainkan hal inihanya suatu cara bagi seorang penguji/psikolog untuk mengetahui kepribadiankamu dari cara menggambar dan apa yang kamu gambar.
Berikut Rahasianya:
Urutan menggambar sebaiknya andabuat kombinasi antara sesuai nomor dan acak. Misalnya 1,2,3,4 kemudian 8,7,6,5.Karena apabila anda menggambar berdasarkan urutan 1,2,3,4,5,6,7,8 andadipandang HRD sebagai orang yang kaku/konservatif sedangkan apabila andamenggambar secara acak misalnya 5,7,6,8,3,2,4,1 anda akan dipandang HRD sebagaiorang yang terlalu kreatif, inovatif dan cenderung suka akan ‘breaking thelow‘.
Kalau anda bergender lelaki janganmulai dengan nomor 5, karena beberapa anggapan menyebutkan hal ini berpengaruhterhadap orientasi seks anda. Berikut ini adalah salah satu contoh pengerjaanyang pernah digunakan penulis untuk melewati tahap psikotes ini:
Tes Wartegg mengharuskan pesertauntuk melengkapi gambar yang terdiri dari 8 gambar, 4 diantaranya berupa garislurus (Gambar III, IV, V, dan VI) dan empat lainnya berupa garis lengkung(Gambar I, II, VII, VIII).
Yang perlu di ingat adalah untukgaris lengkung, sebaiknya kamu gambar benda hidup dan untuk garis lurus yangkaku sebaiknya kamu gambar benda mati. Jika kamu gambar terbalik, misal garislurus digambar dengan bunga, hewan dan sebagainya atau garis lengkung digambardengan mobil, mesin dan sebagainya, hal ini menandakan “ada yang salah” denganjiwa atau kepribadian kamu…
Selanjutnya dari cara menggambar punbisa kelihatan kepribadian seseorang misal: jika saat mengambar kamu terlalusering menghapus atau kotor menandakan bahwa kamu adalah orang yang peragu atautidak terencana dan jika kamu gambar terlalu kuat untuk garis yang seharusnyalembut berarti kamu termasuk orang yang keras kepala…
Apa yang kamu gambarpun jugamenunjukan kepribadian atau kemampuan IQ kamu. Kalo kamu gambar sesuatu yang“biasa saja dan umum” tentu penilaian tingkat kecerdasannya akan berbedadibanding jika kamu menggambar “sesuatu yang tidak terpikirkan oleh orang laindan berwawasan”

d. KREAPLIN/PAULI TEST
dalam tes ini peserta diminta untukmenjumlahkan dua angka yang berdekatan dalam waktu tertentu di setiap kolom danmenuliskan disampingnya. Untuk mengukur sikap kerja dan prestasi kerja (dayatahan, keuletan, sikap terhadap tekanan, daya penyesuaiaan, ketekunan &konsistensi, kendali diri)
Nah…. Tipsnya :
1)Gunakanlah alat tulis dalam halini pensil biasa atau pulpen saja, karena tes ini sangat terikat memperhatikanwaktu.  hematlah waktu dengan tidak melakukan persiapan yang sia sia.
2) Berusaha agar jumlah angka yangdijumlahkan di masing-masing kolom stabil karena kestabilan dalam tes inisangat berpengaruh. kestabilan dalam penjumlahan ini akan lebih baik jikadibandingkan anda memaksakan diri untuk proses di awal tes namun akan terdesakdi pertengahan dan akhir tes. berusaha stabil, tenang dan hemat tenaga.
3) Jangan sekalipun melakukancheating terhadap waktu maupun hasil penjumlahan. Hal ini akan merugikan andasendiri karena justru untuk cheating anda akan membutuhkan waktu sekian detikuntuk memutuskan dan itu berarti justru membuang waktu dan memubuat grafikpenjumlahan anda tidak alami.
Hal yang paling penting darikeseluruhan tes kraeplein adalah konsentrasi. Terkadang anda akan merasa blankpadapertengahan tes, namun anda harus bisa bangkit & fokus lagi pada tes.Untuk itu kondisi fisik sangat berpengaruh. Usahakan tidak begadang dan sarapandahulu sebelum berangkat tes karena model tes ini sangat menyedot energi anda.
Untuk mengungkapketelitian,kecepatan, kestabilan dan ketahanan kerja
Contoh : Kraepelin-Pauli Test
3 6 8 4 6 3
7 5 9 8 5 9
2 8 4 0 3 5
7 1 9 7 1 6
8 3 5 8 6 9
5 7 2 1 7 6
3 9 3 6 2 3
Dalam test ini anda diminta untukmenjumlahkan angka di dalam masing-masing kolom dari bawah ke atas. Angkapenjumlahan yang dituliskan adalah 0-9. Jika hasil penjumlahannya melebihiangka 9, yang ditulis adalah digit yang di belakangnya.
7
–> 6
9
–> 5
6
–> 9
3
–> 0
7
–> 8
1
Penjumlahan di setiap kolom dibatasiwaktu. Jika waktunya habis, anda harus segera pindah ke kolom berikutnya danmelakukan penjumlahan lagi dari bawah ke atas, dst-nya.
Setelah selesai nanti dapat ditarikgaris dari baris tertinggi yang terjawab dari kolom-1 hingga kolom akhirsehingga terbentuk suatu kurva.
Trik cepat menghitung beginicaranya..
kalo pertambahan 9 itu kadang susah hapal, caranya gampang :
penjumlahan 9 caranya angka penambahnya dikurang 1 (list merah)
misal 9 + 6 = 15 biasanya ditulis 5 —–> 6 dikurang satu = 5
9 + 8 = 17 biasanya ditulis 7 —–> 8 dikurang satu = 7
penjumlahan 8 caranya angkapenambahnya dikurang 2
misal 8 + 5 = 13 biasanya ditulis 3 —-> 5 dikurang 2 = 3
8 + 7 = 15 biasanya ditulis 5 —-> 7 dikurang 2 = 5
untuk penjumlahan 7, angkapenambahnya di kurang 3
untuk penjumlahan 6, angka penambahnya di kurang 4
untuk penjumlahan 5, angka penambahnya di kurang 5
untuk penjumlahan 4, angka penambahnya di kurang 6
dan seterusnya..
kedua tes ini hampir ga adaperbedaan (ini yang bikin pusing… )
Semua berisikan kertas dan angka ygmembedakan hanya cara dan jumlah isinya…..dan KRAEPPELIN memiliki jumlah deretangka yg lbh bnyk, biasanya sang psikolog hanya menginstruksikan “pindah” padawaktu tertentu dn berbeda2 utk melihat daya tahan otak dan konsistensi….
f. RM
Atau The Rothwell Miller; Untukmengetahui minat seseorang terhadap jenis pekerjaan
g. PAPI Kostick
Alat ini menjabarkan kepribadiandalam 20 aspek yang masing-masing mewakili need atau role tertentu, tinggirendahnya need atau role tertentu mempunyai arti yang spsesifik, konfigurasiyang diperoleh adalah gambaran dari pilihan testee yang bermuatan need ataurole dan dibandingkan dengan need atau role lain dalam keseluruhan systemkepribadian berdasarkan persepsi testee atas dirinya sendiri.
Namun demikian, tes psiko hanyalahmerupakan suatu alat buatan manusia untuk mengetahui kepribadian seseorangsecara umum saja.
Kesimpulan yang dihasilkannya bolehjadi berbeda dengan kepribadian yang sesungguhnya. Hal ini diakui oleh parapsikolog sendiri bahwa tidak ada satu pun tes di jagad raya ini yangbenar-benar akurat dapat menilai kemampuan dan kepribadian seseorang.
 
 
 
1.     Jaga kertas dalamkeadaan bersih 
2.     Jika Anda seorangpria, jangan mulai dari nomor 5 karena jika Anda mulai dari nomor 5, berartiAnda memiliki kelainan seksual.
3.     Mulai dari gambaryang paling mudah diselesaikan oleh Anda.
4.     Penomoran gambartidak terlalu urut (1,2,3,4,5,6,7,8), atau tidak begitu acak. Jika perintahterlalu urut, Anda berarti orang yang kaku, jika terlalu acak berarti Andatidak dapat mengikuti aturan. 
5.     Untuk nomor baris(3,4,5,6) gambarlah benda mati dan bersifat maskulin. 
6.     Untuk nomor 1,2,7,8 gambarlah makhluk hidup dan bentuk-bentuk menunjukkan sifat feminin.
7.     Berikan nama untukmasing-masing gambar di bagian kertas yang kosong.
8.     Berikut adalahpenjelasan dari masing-masing kotak: 
·        Kotak 1:Titik-titik hitam kecil menunjukkan kelincahan, pusat sentral Gambarlah makhlukhidup memiliki karakteristik, seperti serangga, laba-laba, kupu-kupu 
·        Kotak 2: Bentuk Sterbalik menggambarkan kebebasan, menggelepar Gambarlah burung terbang. 
·        Kotak 3: Barisketiga menunjukkan kemauan dan tekad untuk selalu memperbaiki diri. Gambarlahpagar, tangga, tiang listrik, dsb. 
·        Kotak 4: kotakhitam kecil di sudut kanan atas, menunjukkan konstruksi yang kuat Gambarlahbangunan, atau konstruksi beton, dll yang menunjukkan kekuatan. 
·        Kotak 5: Dua garisdi sudut kiri bawah, menunjukkan bagaimana ketepatan pemecahan masalahGambarlah objek yang kompleks, cepat, tepat, seperti balap motor ataumobil. 
·        Kotak 6: Dua garismembentuk segi empat Menunjukkan kesederhanaan tapi tetap menyuguhkan realitas.Gambarlah kamera, televisi, komputer. 
·        Kotak 7: Titikkurva Menunjukkan garis yang tidak dapat diproses secara sembarangan, harusdiperlakukan dengan hati-hati. Contoh: ulat, ular 
·        Kotak 8: Garismelengkung menunjukkan kebesaran, kebijaksanaan. Gambarlah makhluk hidup yangbesar dan menunjukkan kewibawaan, seperti gajah. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar