Jumat, 10 Januari 2014

Komputer


Computer merupakan alat yang saat ini sudah banyak dijumpai dikantor maupun di rumah. Computer dapat digunakan tidak hanya untuk mengolah data maupun mempercepat pekerjaan kantor, tetapi juga sudah dapat digunakan sebagai alat untuk hiburan maupun pendidikan. Banyak kegiatan sehari-hari sekarang sudah memamfaatkan koimputer. Misalnya pengiriman uang antar rekening dapat menggunakan computer yang lebih dikenal dengan ATM. Apabila kita ingin melihat film VCD atau untuk memutar lagu juga dapat mengggunakan computer.
A.    Perangkat computer
Bentuk computer sekarang ini sangat bervariasi, sudah tidak seperti dulu pada masa lahirnya pada masa dulu, computer bentuknya selalu kotak, dilengkapi dengan monitor yang ukurannya lebih besar dari kontak komputernya, dilengkapi dengan keyboard. Sekarang bentuk computer sudah sangat beraneka ragam, mengikuti selera pemakainya, selain fungsi utamanya untuk pengolahan data berdasarkan bentuknya, computer dapat digolongkan ke dalam beberapa jenis berikut ini:
·         Supercomputer dan mainframe
·         Computer mini
·         Desktop atau IP
·         Notebook dan subnotebook
·         Tablet
·         PDA atau palmtop
·         Kamputer kartu
·         Computer jam
B.     Kompenen perangkat computer
Computer merupakan sebuah sistem, karena terdiri atas berbagai kompenen yang berbeda- beda, namum dapat saling dihubungkan dan saling bekerja sama, untuk melakukan proses dan menghasilkan informasi yang dibutuhkan pemakaiannya computer mainframe, computer PC, samapai computer genggam, pasti memilki kompenen- kompenen tertentu, meskipun bentuk dan ukurannya berbeda.
Fungsi computer adalah menreima masukan, mengolah masukan, dan menghasilkan keluaran. Dalam beberapa hal. Dats dan informasi juga perlu disimpan, sehingga computer  harus dapat menyimpan data dan informasi. Kadang-kadang, pemakai computer masih merasa kurang dengan kemampuan komputernya, sehingga dirasa perlu untuk menambah perangkat baru yang dapat menambah kemapuan komputernya tersebut.
Secara garis besar, kompenen computer dapat dilaihat pada skema berikut:
 











C.     Perangkat masukan
Perangkat masukan adalah perangkat yang digunakan  untuk memasukan data dari luar sistem computer ke dalam sistem computer. Alat atau perangkat masukan bentuknya bermacam-macam dan cara kerjanya juga sangat bervariasi. Agar lebih mudah membahas, lebih baik perangjkat masukan  digolongkan ke dalam dua kelompok, yaitu: (a) perangkat input tidak langsung, dan perangkat input langsung.
Perangkat  input  tidak langsung. Perangkat input tidak langsung, artinya, data dari luar computer dengan cara tidak langsung, artinya, data dibaca dulu secara manual, lalu dapat di input. Contoh, seorang operator dibagian personalia akan menginput data karyawan yang ada sebuah formulir kepagawaian Kedalam computer. Ia akan membaca nama karyawan di formulir, kemudian mengetikkannya melalui keybord, sehingga nama karyawan tadi masuk kedalam computer.
Perangkat input langsung. Perangkat input langsung adalah perangkat yang dapat digunakan untuk masukkan data langsung ke sistem computer tanpa diterjemahkan atau diketik ulang oleh operator. Dengan demikaian, risiko keslahannya sangata kecil dan waktu inputnya relative cepat.
Beberapa contoh alat yang termasuk ke dalam perangkat input lansung dilihat pada tabel berikut:
Perangkat
gambar
keterangan
keyboard
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhQvz1Mshk-RFOpMq-CR8dZo3zSHsroJmkwOKVka6D1ClA1dQ_UVpmwC7fY6U2Hfhb4WDuCVXgq5OzfvXBYEdG2Ea4LlQ1bi00ATOf0EJ2c_lqvCqyaMLrzas4nUFsf7oSduyM9vrNg8Rk/s200/keyboard.jpg
Alat yang digunakan untuk menuliskan dan sekaligus alat yang paling banyak dipakai
mouse
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh0R7Nx9yHtYLcL36sNlgKJNwsEzeruas81HcyPfI2WdEVhkANiuL-dqgI8Q-E5BSZQm2U-R-a7lxErjWi5E9Z8WZ8bGYxLijwRgXo2KVwbr8qviJdHMxZvy_guCsL2xxwqRD7FmGqqJGw/s200/811computer_mouse.jpg
Alat yang digunakan untuk memilihmenu,mengammbar, atau menjalankanperintah.alat ini sudah berkembang cukup jauh dan telah muncu berbagai alat pengganti yang mirif fungsinya.
scanner
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgbd-81HOEEJJTC6UjtXuz-CVOvnU03cKClLOXcJX2dXVC8_Q1xNTgNC4RFTYT9xvs5EZ_n2kRek0xSh7b6CVJFlp9Hbe7JPCHQqaMuCMGsmybc6dt9VAWVNChkvWZY3BlTO2W6oFbsSgo/s200/c8iis5pf.jpg
Scanner digunakan untuk menyalin gambar atau tulisan tercetak kedalam computer scanner juga sudah ada yang dapat membaca film foto,baik negatif maupun positif, .


D.     Perangkat prosesor
Perangkat  pengolah atau prosesor adalah bagian computer yang berfungsi untuk mengendalikan kinerja computer dan melakukan berbagai pekerjaan pokok computer, yaitu mengelolah data. Pengertian mengelolah data disini tidaklah terbatas pada menghitung total gaji misalnya, tetapi hampir semua pekerjaan yang diperlukan untuk menjalankan computer. Misalnya, pemakai computer memutar lagu, salah satu tugas utama prosesor adalah membaca data lagu di harddisk, menerjemahkannya ke dalam data yang dimengerti mesin computer, dan menampilkan bunyi melalui speaker.
Perangkat pengolah berfungsi untuk mengolah data dan perintah yang sudah diinput. Berhasil tidaknya prosesor menrejemahkan data akan menentukan keluaran computer. Apabila prosesor berhasil menerjemahkan perintah dan mengolahnya dengan baik dan cepat, maka keluaran computer juga akan baik.
·         Prosessor RISC
Kata “reduced” berarti pengurangan pada set instruksi. RISC merupakan rancangan arsitektur CPU yang mengembil dasar filosofi bahwa prosesor dibuat dengan arsitektur yang tidak rumit dengan membatasi jumlah instruksi hanya pada instruksi dasar yang diperlukan saja. Dengan kata lain RISC adalah arsitektur komputer dengan kumpulan perintah (instruksi) yang sederhana, tetapi dalam kesederhanaan tersebut didapatkan kecepatan operasi setiap siklus instruksinya. Kebanyakan pada proses RISC , instruksi operasi dasar aritmatik hanya penjumlahan dan pengurangan, untuk perkalian dan pembagian sudah dianggap operasi ang kompleks. RISC menyederhanakan rumusan perintah sehingga lebih efisien dalam penyusunan kompiler yang pada akhirnya dapat memaksimumkan kinerja program yang ditulis dalam bahasa tingkat tinggi.
Ada beberapa elemen penting dalam arsitektur RISC, yaitu :
1.   Set instruksi yang terbatas dan sederhana
2.   Register general-purpose yang berjumlah banyak, atau pengguanaan teknologi kompiler untuk mengoptimalkan pemakaian regsiternya.
3.   Penekanan pada pengoptimalan pipeline instruksi.
·         Prosesor CISC
CISC merupakan suatu bentuk arsitektur komputer yang mana pada setiap instruksi akan menjalankan beberapa operasi tingkat rendah, seperti pengambilan dari memory, operasi aritmetika, dan penyimpanan ke dalam memory, semuanya sekaligus hanya di dalam sebuah instruksi.
Tujuan utama dari arsitektur CISC adalah melaksanakan suatu instruksi cukup dengan beberapa baris bahasa mesin yang relatif pendek sehingga implikasinya hanya sedikit saja RAM yang digunakan untuk menyimpan instruksi-instruksi tersebut. Arsitektur CISC menekankan pada perangkat keras karena filosofi dari arsitektur CISC yaitu bagaimana memindahkan kerumitan perangkat lunak ke dalam perangkat keras.
·         Prosesor paltop(strongArm)
Prosesor palmtop atau proses strongArm( karena belum ada istilah yang baku, sehingga sebut saja begitu), merupakan prosesor yang digunakan pada computer palmtop. Prosesor ini tidak secanggih seperti dua kelompok prosesor yang lain, tetapi memiliki banyak kesamaan kemampuan, karena memang harus  dapat menjalankan program-program yang hampir sama.
Prosesor untuk palmtop saat ini belumlah secepat prosesor computer PC, dan memang tidak perlu secepat prosesor PC, karena data yang diolah lebih sedikit misalnya, monitor tidak sekeras PC, harddiks tidak perlu sebesar PC, dan keybord pun bahkan tidak ada. Kecepatan prosesor palmtop yang paling tinggi saat ini adalah sekitar 400Mhz .
·         Cara kerja prosesor
Cara kerja micro processor adalah menjalankan sekumpulan instruksi mesin yang memberitahu processor apa yang harus dilakukan. Berdasarkan instruksi tersebut, mikro processor melakukan tiga hal dasar:
1.      Menggunakan ALU (Arithmetic Logic Unit) untuk melakukan operasi matematis seperti penambahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Mikro processor modern mengandung floating point unit yang dapat melakukan operasi yang sangat kompleks pada angka yang besar.
2.       Memindahkan data dari satu lokasi memori ke lokasi lainnya.

3.      Mengambil keputusan dan melompat ke instruksi lain sesuai keputusan itu. Secara sederhana.
cara kerja prossesor intinya adalah menerima umpan atau perintah masuk baik dari mouse, keybord ataupun alat penginput data terhubung yang lain kemudian menerjemahkan atau memproses data perintah tersebut untuk kemudian mengeluarkan/meneruskan outputnya ke hardware atau software terkait.
E.     Perangkat keluaran
Perangkat keluaran merupakan perangkat yang digunakan untuk menampilakn hasil olahan informasi dari computer. Selain itu, perangkat keluaran juga digunakan sebagai alat interaksi antara pengguna dan computer.
Beberapa jenis perangkat keluaran, sebagai berikut:
a)      Monitor.
Monitor merupakan perangkat untuk menampilkan hasil olahan computer dengan cepat dan juga sebagai alat untuk berinteraksi dengan pengguna. Monitor dapat menampilkan teks atau gambar pada layar dengan cara menampilkan sejumlah titik cahaya (pixel) yang dikombinasikan membentuk teks ataupu gambar yang dimaksud. Jumlah pixel yang ditampilkan akan menentukan resolusi monitor.
Menurut jenisnya, monitor dibedakan menjadi 5, yaitu:
1.      Monitor monokrom, yaitu monitor yang menghasilkan teks warna hijau.
2.      Monitor Color Graphic Adapter(CGA) yaitu monitor yang menghasilkan teks berwarna.
3.       Monitor EGA ( Enhanced Graphic Adapter) yaitu monitor yang menampilkan teks berwarna.
4.       Monitor VGA( Video Graphic Adapter) yaitu monitor yang mampu menghasilkan teks dan     gambar.
5.      Monitor SVG( Super Video Graphic Array) yaitu monitor yang memiliki resolusi gambar yang tinggi.
b)      Printer.rinter merupakan perangkat yang digunakan untuk menghasikan tampilan yang akan dicetak melalui media kertas maupun media lainnya yang mendukung seperti plastic transparansi dan lain-lain. Berdasarkan cara kerjanya printer dibedaka menjadi dua, yaitu:
1.      Impact Printer.Impact printer adalah jenis printer yang didalamnya menghasilkan suatu hurif atau gampar memakai ketukan secara fisik. Dalam kategori ini ada dua jenis yaitu sebagai berikut:Dot matrix adalah printer yang cetakannya adalah kumpulan titik-titik yang    membentuk karakter.
2.       Laser jet merupakan printer yang menggunakan tinta kering (serbuk) untuk mencetak dengan prinsip kerja menggunakan sinmar laser.
c)      Plotter .Plotter merupakan perangkat keluaran yang dapat menghasilkan grafik atau gambar dengan kualitas tinggi dan berwarna. Plotter sering kali digunakan untuk membuat peta, ilustrasi tiga dimensi, dan gambar=ganmbar arsitektur. Berdasarkan prinsip kerjanya plotter dibedakan menjadi tiga, yaitu:
d)     SpeakerSpeaker merupakan perangkat yang digunakan untuk mendapatkan atau mendengarkan informasi dalam bentuk suara. Speaker ada dua macam yaitu speaker internal dan speaker eksternal. Untuk bisa menghasilkan olahan suara maka computer perlu dilengkapi dengan sound card.
e)      Proyektor.Proyektor merupakan perangkat keluaran dalam bentuk visual yang menghasilkan gambar bergerak ( video output). Sehingga, selain bisa ditampilkan melalui monitor, keluaran yang berupa teks atau gambar bisa juga ditampilkan dalam proyektor. Gambar yang ditampilkan melalui proyektor akan mempunyai ukuran lebih besar dibandingkan dengan melalui monitor.
F.      Perangkat simpan
Perangkat simpan adalah merupakan  adalah merupakan bagian computer yang bertugas menyimpan data, sehingga dapat digunakan lagi pada lain waktu. Pembacaan data harus dilakukan dengan sangat cepat, sehingga proses pencatatannya perlu ditemukan tanpa menghabiskan waktu yang relative lama.
Fungsi perangkat simpan yang paling utama adalah menyimpan data dan program agar dapat digunakan berkali-kali. Data atau program seringkali sulit mendapatkan atau membuatnya. Sebagai contoh, data karangan buku seseorang penulis, data transaksi penjualan suatu took serba ada, data persediaan suku cadang kendaraan, dan data mahasiswa sebuah perguruan tinggi, memerlukan waktu input dan pencatatan yang lama. Data- data ini harus di simpan dengan baik, sehingga suatu saat dapat dibaca lagi.
Demikaian juga dengan program computer harus memilki perangkat simpan yang berkapasitas cukup, apalagi program sekarang semakin banyak memerlukan tempat penyimpanan. Tempat penyimpanan yang besar memerlukan waktu yang lama untuk membaca data dan program, sehingga pemilhan media simpan yang sesuai akan meningkatkan kinerja computer.
G.    Perangkat peripheral
Perangkat bantu adalah perangkat yang dapat ditambahakan kedalam sistem computer, sehingga menyebabkan kemampuan computer semakin bertamba. Perangkat bantu tidak dapat digolongkan kedalam empat jenis perangkat yang lain. Contoh perangkat bantu adalah: faks, modem, kartu jaringan, kartu televise, kartu radio. Perangkat tersebut bentuknya bermacam-macam, yang ada beberapa perangkat terpisah yang dapat dipasang diluar computer( disebut dengan perangkat eksternal) dan ada yang dipasang didalam computer.(disebut dengan internal).
Perangkat eksternal dapat dipasang melalui saluran, port, atau colokan tertentu. Pada computer PC, saluran PCMCI. Dalam beberapa aplikasi, misalnya untuk menghubungkan  dengan telepon seluler, dapat juga digunakan saluran inframerah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar