Jumat, 10 Januari 2014

Strategi dan Anggaran Induk


BAB II
PEMBAHASAN
A.    Peran Anggaran
Anggaran (budget) merupakan rencana terperinci untuk pemerolehan dan pemakaian sumber daya keuangan dan lain-lain selama periode waktu tertentu—khususnya satu tahun. Sedangkan  proses untuk memproyeksikan operasi dan proyek secar terus-menerus serta kemudian merefleksikan implikasi keuangan disebut penganggaran (budgeting).
Penyelesaian anggaran bagi seluruh unit organisasi  akan memfasilitasi koordinasi aktivitas lintas departemen dan unit organisasi yang lain, membantu manajer mengidentifikasi sumber hambatan saat ini dan hal-hal potensial yang membuat operasi berjalan dengan tidak lancar. Anggaran juga berfungsi sebagai alat komunikasi dimana manajemen puncak mendefinisikan rencana dan tujuannya untuk periode agar manajer lainnya dan karyawan memiliki akses terhadap informasi tersebut, menjadi alat motivasi, serta menyediakan otoritas untuk memproleh dan menggunakan sumber daya.
Pada akhir periode operasi, anggaran pada periode tersebut dapat berfungsi sebagai dasar untuk menilai kinerja dengan cara melaporkan kinerja dengan cara melaporkan kinerja antara pengeluaran aktual yang dilakukan dengan hasil operasi

B.     Strategi, Rencana Jangka Pendek, Dan Anggaran Induk
1.      Pentingnya Strategi Dalam Penganggaran
Strategi perusahaan adalah jalur yang dipilihnya untuk mencapai tujuan jangka panjang dan misi. Anggaran harus dimulai dari peninjauan ulang dan mengkaji rencana strategis organisasi secara seksama. Tujuannya adalah menbentuk anggaran agar mencapai tujuan dan dan strategis organisasi.
2.      Perumusan Strategi
Perumusan strategi dimulai dengan cara menganalisis faktor-faktor eksternal dan menilai kapabilitas internal. Setelah itu, pihak manajemen kemudian dapat mengimbangi peluang dengan kekuatan dan keunggulan kompetitif organisasiserta menentukan tujuan strategis dan sasaran jangka panjang organisasi.
3.      Tujuan Strategis Dan Sasaran Jangka Panjang
Organisasi menyatakan tujuan strategis dan sasaran jangka panjangnya pada anggaran modal dan anggaran induk. Tujuan strategis dan sasaran merupakan kumpulan inisiatif dan proyek yang menciptakan nilai bagi organisasi.
4.      Sasaran Jangka Pendek Dan Anggaran Induk
Sasaran jangka penden merupakan tujuan dari periode yang akan datang , yang dapat berupa jangka waktu satu bulan, triwulan, tahun, atau jangka waktu yang lama yang diinginkan oleh organisasi untuk keperluan perencanaan. Sasaran-sasaran tersebut menjadi dasar untuk menyiapkan anggaran induk (master budget) untuk satu periode.

C.    Proses Penganggaran
Proses penganggaran biasanya mencakup pembentukan komite anggaran, penentuan perioe anggaran, spesifikasi pedoman anggaran, penyusunan proposal anggaran awal, negosiasi, peninjauan ulang, serta revisi anggaran.
Contoh penganggaran komprehensif: kerry window systems, inc. (kws)
Lima tahap pengambilan keputusan strategis untuk kerry windows system, inc.
1)      Menentukan isu strategis di sekitar masalah
2)      Mengidentifikasi tindakan alternatif
3)      Memperoleh informasi dan melakukan analisis terhadap alternatif
4)      Didasarkan pada strategi dan analisis, memilih dan mengimplementasikan alternatif yang diinginkan.
5)      Menyediakan evaluasi yang berkelanjutan mengenai efektivitas implementasi pada tahao 4.

D.    Anggaran Induk
Anggaran induk merupakan anggaran komprehensif untuk satu periode spesifik yang terdiri dari anggaran modal dan serangkaian anggaran operasi dan keuangan yang saling berkaitan.
ü  Anggaran Penjualan
Anggaran penjualan (sales budget) memiliki tiga komponen: ramalan volume penjualan, ramalan bauran penjualan, dan harga jual yang dianggarkan.
Faktor-faktor berikut ini seharusnya dipertimbangkan dalam peramalan penjualan:
·         Tingkat penjualan pada saat ini dan tren penjualan pada beberapa tahun yang lain
·         Kondisi ekonomi dan industri secara umum
·         Tindakan kompetitor dan rencana operasi
·         Kebijakan penentuan harga
·         Kebijakan kredit
·         Aktivitas periklanan dan promosi
·         Pesanan yang tidak dapat dipenuhi

ü  Anggaran Produksi
(a)    Anggaran produksi
Anggaran produksi (production budget) menunjukkan rencana produksi untuk suatu periode tertentu. Anggaran produksi dideskripsikan berdasarkan persamaan berikut ini:
Anggaran produksi (dalam unit) = anggaran penjualan (dalam unit) + persediaan akhir yang
       diinginkan (dalam unit) – persediaan awal (dalam unit)
(b)   Anggaran pemakaian dan pembelian bahan baku langsung
Anggaran pemakaian bahan baku langsung (direct materials usage budget) menunjukkan jumlah dan biaya bahan baku langsung yang dianggarkan yang dibutuhkan oleh produksi. Anggaran pembelian bahan baku langsung (direct materials purchase budget) menunjukkan jumlah bahan baku langsung yang akan dibeli selama periode tersebut untuk memenuhiproduksi dan persyaratan persediaan akhir bahan baku.
(c)    Anggaran tenaga kerja langsung
Anggaran tenaga kerja yang bagus membantu perusahaan menghindari perekrutan secara mendadak, mencegah kekurangan tenaga kerja, dan mengurangi atau menghapus kebutuhan untuk memberhentikan karyawan.
(d)   Anggaran overhead pabrik
Anggaran overhead pabrik mencakup seluruh biaya produksi selain biaya bahan baku dan tenaga kerja langsung.
(e)    Anggaran harga pokok produksi dan harga pokok penjualan
Informasi dari anggaran harga pokok produksi dan harga pokok penjualan untuk satu periode muncul pada dua anggaran lain untuk memperoleh yang sama, laporan laba rugi dan neraca.
ü  Anggaran Pembelian Barang Dagang
Anggaran pembelian barang dagang (merchandise purchase budget) perusahaan menunjukkan jumlah barang dagang yang perlu dibeli selama periode yang bersangkutan. Bentuk dasar anggaran pembelian barang dagang sama dengan anggaran produksi.
ü  Anggaran Beban Penjualan Dan Administrasi Umum
Banyak pengeluaran penjualan dan administrasi umum merupakan hasil dari aktivitas serta program penjualan dan pemasaran. Perusahaan yang terkenal mengurangi atau menghapuskan beban penjualan dan administrasi untuk meningkatkan laba operasi selama periode yang bersangkutan.
ü  Anggaran Penerimaan (Pengumpulan) Kas
Anggaran penerimaan kas menyediakan perincian mengenai antisipasi pengumpulan kas dari operasi untuk suatu periode yang akan datang. Penerimaan kas dari aktivitas investasi dan pembiayaan ditunjukkan pada tempat lain di anggaran kas.
ü  Anggaran Kas
Anggaran kas (cash budget) memuat implikasi kas dari seluruh aktivitas yang dianggarkan. Pada umumnya, anggaran kas mencakup tiga bagian utama: (1) arus kas bersih dari aktivitas operasi; (2) arus kas bersih dari aktivitas investasi; serta (3) arus kas bersih dari aktivitas pembiayaan.
ü  Laporan Laba Rugi Yang Dianggarkan
Laporan laba rugi yang dianggarkan (pro forma) mendeskripsikan laba bersih yang diharapkan untuk periode yang akan datang.
ü  Neraca Yang Dianggarkan
Tahap terakhir dalam siklus penyusunan anggaran biasanya adalah menyiapkan neraca yang dianggarkan (pro forma). Neraca yang dianggarkan menyertakan implikasi dari seluruh operasi dan arus kas selama periode anggaran dan menunjukkan saldo yang diproyeksikan pada akhir periode anggaran.

E.     Ketidakpastian Dan Proses Penganggaran
Peranti lunak program komputer akuntansi (seperti excel) dapat digunakan untuk berhubungan dengan ketidakpastian yang berkaitan dengan proses penyusunan anggaran.  Peranti lunak ini dapat digunakan untuk melakukan analisis bagaimana-jika dan analisis sensitivitas.
1.      Analisis Bagaimana-Jika
Maksud analisis bagaimana-jika (what-if analysis) adalah untuk menelaah bagaimana perubahan pada satu atau lebih dari satu hal anggaran memengaruhi variabel lain atau anggaran kepentingan.
2.      Analisis Sensitivitas
Salah satu keunggulan utama dari melakukan analisis sensitivitas adala kemampuan untuk memisahkan risiko yang berkaitan dengan komponen operasi tertentu dan mengembangkan rencana kontingensi untuk berhubungan dengan risiko-risiko tersebut.

F.     Penganggaran Pada Perusahaan Jasa
Perusahaan jasa memiliki karakteristik operasi, lingkungan operasi, dan pertimbangan yang berbeda-beda dari perusahaan manufaktur dan dagang.
1.      Penganggaran Pada Industri Jasa
Serupa dengan penganggaran untuk perusahaan manufaktur atau dagang, penganggaran untuk perusahaan jasa terdiri dari serangkaian rencana terintegrasi untuk periode yang akan datang. Perbedaannya adalah pada tidak adanya anggaran produksi atau pembelian barang dagang dan anggaran tambahannya.

G.    Pendekatan-Pendekatan Penganggaran Alternatif
1.      Penganggaran Tanpa Basis
Penganggaran tanpa basis (zero-base budgeting-zbb) mansyaratkan manajer untuk menyusun anggaran setiap periode tanpa basis. Penganggaran tanpa basis tidak memungkinkan aktivitas atau fungsi untuk disertakan ke dalam anggaran kecuali jika manajer dapat membenarkan kebutuhan mereka
2.      Penganggaran Berdasarkan Aktivitas
Penganggaran berdasarkan aktivitas (activity-based budgeting—abb) adalah perluasan dari perhitungan biaya berdasarkan aktivitas (activity-based costing—abc).
3.      Penganggaran Berdasarkan Aktivitas Yang Dikendalikan Oleh Waktu
Penganggaran berdasarkan aktivitas yang dikendalikan oleh waktu (time-driven activity-based budgeting—tdabc) adalah metode penyusunan anggaran yang digunakan bersama dengan perhitungan biaya berdasarkan aktivitas yang dikendalikan oleh waktu
4.      Penganggaran Kaizen (Perbaikan Berkelanjutan)
Penganggaran kaizen (kaizen budgeting) merupakan pendekatan penganggaran yang menyertakan harapan perbaikan berkelanjutan dalam anggaran.

H.    Isu Perilaku Dalam Anggaran
Agar dapat mendorong proses penganggaran yang berhasil, pihak manajemen harus mempertimbangkan sejumlah isu perilaku berikut:
ü  Kesenjangan anggaran
ü  Keselarasan tujuan
ü  Penganggaran orotitatif atau partisipatif ?
ü  Tingkat kesulitan dari target anggaran
ü  Keterkaitan kompensasi dengan anggaran kinerja

I.       Contoh Soal
1.     Anggaran Induk
Pihak manajemen Hansell Company ingin menyiapkan anggaran pada salah satu produknya, yaitu duraflex, untuk bulan juli 2010. Perusahaan menjual produk sebesar $80 per unit dan memiliki penjualan yang diharapkan (dalam unit) untuk bulan-bulan tahun 2010.
April                Mei                  Juni                  Juli                   Agustus           September
       5.000              5.400                5.500               6.000                  7.000                 8.000
Proses produksi membutuhkan 4 pon dura-1.000 dan 2 pon flexplas. Kebijakan perusahaan adalah mempertahankan persediaan akhir setiap bulannya sama dengan 10% dari penjualan yang dianggarkan pada bulan berikutnya, tetapi dalam kasus ini, tidak kurang dari 500 unit. Seluruh persediaan bahan baku harus dipertahankan pada tingkat 5 % dari kebutuhan produksi untuk bulan berikutnya, tetapi tidak melebihi 1.000 pon. Perusahaan mengharapkan seluruh persediaan pada akhir bulan juni sesuai dengan pedoman yang ada. Departemen pembelian mengharapkan biaya bahan baku secara berturut-turut sebesar $1,25 per pon dan $5,00 per pon untuk dura-1.000 dan flexplas.
Proses produksi mensyaratkan tenaga kerja langsung memiliki dua tingkat keterampilan. Tarif tenaga kerja pada ringkat K102 adalah sebesar $50 per jam dan pada tingkat K175 adalah sebesar $20 per jam. Tingkat K102 dapat memproses satu kelompok produk duraflex per jam; setiap kelompok produk terdiri dari 100 unit. Produksi duraflex membutuhkan juga 1/10 jam pekerja K175 untuk setiap unit yang diproduksi.
Biaya overhead produksi variabel adalah sebesar $1.200 per kelompok produk ditambah dengan sebesar $80 per jumlah tenaga kerja langsung. Perusahaan menggunakan sistem biaya aktual dengan asumsi arus biaya LIFO.
Diminta: Berdasarkan data dan proyeksi sebelumnya, siapkan anggaran berikut ini:
a.       Anggaran penjualan (dalam dollar) untuk bulan juli
b.      Anggaran produksi (dalam unit) untuk bulan juli
c.       Anggaran produksi (dalam unit) untuk bulan agustus
d.      Anggaran pembelian bahan baku langsung (dalam pounds) untuk bulan agustus
e.       Anggaran pembelian bahan baku langsung (dalam dollar) untuk bulan juli
f.       Anggaran tenaga kerja produksi langsung (dalam dollar) untuk bulan juli

2.     Anggaran Kas dan Laporan Laba Rugi yang Dianggarkan
Hansell Company mengharapkan neraca saldonya pada tanggal 30 juni sebagai berikut:
Hansell Company
Neraca Saldo yang Dianggarkan
30 Juni 2010
                                                                                                  Debet                         Kredit
Kas                                                                                           $40.000
Piutang usaha                                                                             80.000
Penyisihan piutang ragu-ragu                                                                                        $3.500
Persediaan                                                                                   25.000
Aktiva tetap                                                                                650.000
Akumulasi depresiasi                                                                                                     320.000
Utang usaha                                                                                                                     95.000
Utang upah dan gaji                                                                                                         24.000
Wesel bayar                                                                                                                   200.000
Ekuitas pemegang saham                                                                                               152.500
Total                                                                                        $795.000                      $795.000
Biasanya, penjualan tunai mewakili 20% dari penjualan, sementara  penjualan kredit mewakili 80 % dari penjualan. Persyaratan penjualan kredit adalah 2/10, n/30. Hansell menagih pelanggan pada tanggal 1 dari setiap bulan penjualan. Pengalaman menunjukkan bahwa 60 % dari tagihan akan ditagih dalam periode diskon, 25% dibayar pada akhir bulan setelah penjualan, dan pada akhirnya 5% tidak akan dapat ditagih. Perusahaan menghapus akun yang tidak tertagih sete;ah 12 bulan.
Persyaratan pembelian bahan baku adalah 2/15, n/60. Perusahaan membayar seluruh pembelian dalam periode diskon. Pengalaman menunjukkan bahwa 80%dari pembelian dibayar pada bulan terjadinya pembeliandan sisanya dibayar pada bulan berikutnya. Pada bulan juni tahun 2010, perusahaan menganggarkan pembelian sebesar $25.00 untuk dura-1000 dan sebesar $22.000 untuk flexplas.
Diamping biaya overhead pabrik variabel, perusahaan memiliki biaya overhead pabrik tetap bulanan sebesar $50.000, dari jumlah tersebut, sebesar $20.000 adalah beban depresiasi. Perusahaan membayar seluruh biaya tenaga kerja dan overhead pabrik pada saat terjadinya. Total biaya pemasaran, distribusi, pelayanan pelanggan, dan administrasiyang dianggarkan untuk tahun 2010adalah sebesar $2.400.000. Dari jumlah ini, sebesar $1.200.000 dianggap sebagai biaya tetap dan termasuk beban depresiasi sebesar $120.000. Sisanya bervariasi sesuai penjualan. Total penjualan yang dianggarkan untuk tahun 2010 adalah sebesar $4.000.000. Seluruh biaya apemasaran dan administrasi dibayar pada saat terjadinya.
Pihak manajemen ingin mempertahankan saldo kas minimum pada akhir bulan sebesar $40.000. Perusahaan memiliki perjanjian dengan bank lokal untuk meminjam uang yang dibutuhkan dalam jangka pendek dengan kelipatan sebesar $1.000 sampai $100.000 dengan tingkat bunga sebesar 12%. Pinjaman diasumsikan terjadi pada akhir bulan. Pinjaman bank pada tanggal 1 juli = $0.
Diminta:
a.       Menyiapkan anggaran kas untuk bulan juli tahun 2010
b.      Menyiapkan laporan laba rugi yang dianggarkan untuk bulan juli tahun 2010

J.      Jawaban Contoh Soal
1.      Anggaran Induk
a.                                                         Hansell Company
Anggaran Penjualan
Untuk Bulan Juli 2010
Anggaran Penjualan dalam unit                                                                                       6000
Harga jual per unit yang dianggarkan                                                                     x         $80
Anggaran penjualan                                                                                                    $480.000
b.                                                         Hansell Company
Anggaran Produksi (dalam unit)
Untuk Bulan Juli 2010
Persediaan akhir yang diinginkan (31 Juli)                                                                        
(lebih besar dari 500 unit dan 7.000 x 0,1)                                                                        700
Anggaran penjualan untuk bulan Juli                                                                        +     6.000
Total unit yang dibutuhkan pada bulan Juli 2010                                                            6.700
Persediaan awal (1 Juli)                                                                                                  
(lebih besar dari 500 unit dan 6.000 x 0,1)                                                                      -  600
Jumlah unit yang diproduksi pada bulan Juli                                                                    6.100
                                                                                                                                   
c.                                                          Hansell Company
Anggaran Produksi (dalam unit)
Untuk Bulan Agustus 2010
Persediaan akhir yang diinginkan (lebih besar dari 500 unit dan 7.000 x 0,1)                   800  
Anggaran penjualan                                                                                                  +     7.000
Total unit yang dibutuhkan                                                                                              7.800
Persediaan awal (1 Agustus)                                                                                              700
Jumlah unit yang diproduksi pada bulan Agustus                                                            7.100
                                                                          
 

d.                                                         Hansell Company
Anggaran Pembelian Bahan Baku Langsung (dalam pon)
Untuk Bulan Juli 2010
                                                                                     Bahan Baku Langsung
                                                                             Dura- 1.000                          Flexplas
                                                                    (masing-masing 4 pon)    (masing-masing 2 pon)
Bahan baku yang dubutuhkan untuk ang-
garan                                                                        24.400                                 12.200
Produksi (6100 unit duraflex)
Ditambah: target persediaan (lebih kecil
 dari 1.000 atau 5 % dari kebutuhan pro-
duksi pada bulan Agustus)                                   +   1.000                                 +   710
Total kebutuhan bahan baku                                    25.400                                   12.910
Dikurangi: persediaan awal yang diha-
rapkan (lebih kecil dari 1.000 atau 5%
dari kebutuhan bulan Juli)                                     -   1.000                                 -   610
Bahan baku langsung yang akan dibeli                  24.400                                   12.300
 

e.                                                          Hansell Company
Anggaran Pembelian Bahan Baku Langsung (dalam dollar)
Untuk Bulan Juli 2010
                                           Anggaran Pembelian      Harga Beli Per Unit              Total
                                                  dalam pon                    yang diharapkan
Dura-1000                                   24.400                                $1,25                           $30.000
Frexplas                                       12.300                              $5.00                             61.500
Anggaran pembelian                                                                                                 $92.000
                                                                                                                           
f.                                                          Hansell Company
Anggaran Biaya Tenaga Kerja Langsung
Untuk Bulan Juli 2010
  Kelas Tenaga   Jumlah Jam Tenaga      Jumlah Kelompok      Total     Tarif Per   Total
      Kerja                 Kerja Langsung        Langsung Per         Produk      Jam            Jam
                                                         Kelompok Produk
K102                                       1                                61*                      61          $50          $3.050
K175                                    10                                61*                      610        $20           12.200
Total                                                                                                     671                      $15.250
*Jumlah Unit : 100 unit/kelompok produk = 6.100 : 100 = 61 kelompok produk

2.      Anggaran Kas dan Laporan Laba Rugi yang Dianggarkan                         
f.                                                             Hansell Company
Anggaran kas
Untuk Bulan Juli 2010
Saldo Kas, awal (disepakati)                                                                                       $40.000
Arus kas dari operasi:
Penjualan tunai pada bulan Juli                                 $480.000 x 20%     =     $96.000
Penagihan Piutang atas penjua-
lan kredit pada bulan Juni:
Dalam priode diskon                      (5.500 x $80) x 80% x 60% x 98% =   $206.976
Setelah periode diskon                            (5.500 x $80) x 80% x 25%    =       88.000
Penagihan piutang dari pen-
jualan kredit pada bulan Mei                   (5.400 x $80) x 80% x 10%   =       34.560
                                                                                                                                     $425.536
Pengeluaran kas:
Pembelian bahan baku:
Pembelian pada bulan Juni       ($25.000 + $22.000) x 20 % x 98 %   =     $9.212
Pembelian pada bulan Juli                             $92/000 x 80% x 98 %   =      72.128
                                                                                                                                    $81.340
Tenaga kerja langsung                                                                                                      15.250
Overhead pabrik variabel                          ($1.200 x 61) + ($80 x 671)   =                   126.880
Overhead pabrik tetap                                             $50.000 - $20.000    =                      30.000
Beban pemasaran variabel,
pelayanan pelanggan, dan
administrasi       [($2.400.000 - $1.200.000) : $4.000.000] x $480.000   =                   144.000
Beban pemasaran tetap,
pelayanan pelanggan,
dan administrasi                                      ($1.200.000 - $120.000) : 12    =                     90.000
Total arus kas dan operasi                                                                                           ($61.934)
Aktivitas investasi:
Pembelian investasi dan aktiva
 jangka panjang lainnya                                                                                 $ 0
Penjualan investasi dan aktiva
jangka panjang lainnya                                                                                  $ 0
                                                                                                                                              $ 0
Aktivitas pembiayaan:
Pembayaran kembali utang
yang ada, pada akhir bulan                                                                           $ 0
Pembayaran bunga, pada
akhir bulan                                                                                                    $ 0
Pinjaman baru, pada akhir bulan                                                              $ 62.000
                                                                                                                                       $ 62.000
Saldo kas, 31 Juli 2010                                                                                                $ 40.000
                                                                                                                     
f.                                                             Hansell Company
Anggaran Laporan Laba Rugi
Untuk Bulan Juli 2010
Penjualan                                                                                                                       $480.000
Harga pokok penjualan, dasar LIFO                         $46,50 x 6.000       =                     279.000
Margin Kotor                                                                                                                 $201.000
Beban Penjualan dan Administrasi:
Variabel (lihat anggaran kas, diatas)                                                                              $144.000
Tetap                                                                         $1.200.000 : 12     =   100.000
                                                                                                                                       244.000
Laba (Rugi) operasi sebelum pajak                                                                              ($43.000)

*Biaya produksi aktual pada bulan Juli:
Tenaga kerja langsung
Dura-1000                                                                  4 pon x $1,25     =      $5,00
Flexplas                                                                      2 pon x $5,00     =      10,00
                                                                                                                                            $15,00
Tenaga Kerja Langsung:
Tenaga Kerja K102                                                 0,01 jam x $50       =       $0,50
Tenaga kerja K175                                                   0,1 jam x $20        =        2,00
                                                                                                                                             2,50
Overhad pabrik
Berkaitan dengan kelompok produk                                                      (61 x $1.200)/6.100           =          $12,00            
Berkaitan dengan jumlah jam tenaga
kerja langsung                                                     ($80 x 671)/6.100       =         8,80
Tetap                                                                        (50.000/6.100)       =        8,20
$29,00
Biaya per unit, jumlah unit yang
diproduksi pada bulan juli                                                                                                  $46,50




BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
·         Anggaran (budget) merupakan rencana terperinci untuk pemerolehan dan pemakaian sumber daya keuangan dan lain-lain selama periode waktu tertentu—khususnya satu tahun.
·         Proses penganggaran biasanya mencakup pembentukan komite anggaran, penentuan perioe anggaran, spesifikasi pedoman anggaran, penyusunan proposal anggaran awal, negosiasi, peninjauan ulang, serta revisi anggaran.
·         Anggaran induk terdiri atas:.
ü  Anggaran Penjualan
ü  Anggaran Produksi
ü  Anggaran Pembelian Barang Dagang
ü  Anggaran Beban Penjualan Dan Administrasi Umum
ü  Anggaran Penerimaan (Pengumpulan) Kas
ü  Anggaran Kas
ü  Laporan Laba Rugi Yang Dianggarkan
ü  Neraca Yang Dianggarkan
·         Serupa dengan penganggaran untuk perusahaan manufaktur atau dagang, penganggaran untuk perusahaan jasa terdiri dari serangkaian rencana terintegrasi untuk periode yang akan datang. Perbedaannya adalah pada tidak adanya anggaran produksi atau pembelian barang dagang dan anggaran tambahannya.
·         Isu perilaku dalam anggaran antara lain :
ü  Kesenjangan anggaran
ü  Keselarasan tujuan
ü  Penganggaran orotitatif atau partisipatif ?
ü  Tingkat kesulitan dari target anggaran
ü  Keterkaitan kompensasi dengan anggaran kinerja

B.     Saran


DAFTAR PUSTAKA
Blocher, Stout, Cokins. 2013. Manajemen Biaya (Penekanan Strategis). Jakarta: Salemba Empat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar