Jumat, 10 Januari 2014

Siklus Pendapatan





Pelanggan
Bagian Penjualan
Bagian Gudang
Bagian Pengiriman
Bagian Keuangan
Pimpinan
Flowchart: Document: Data PembayaranTrapezoid: melakukan pembayaran
pembayaran
Flowchart: Connector: EFlowchart: Connector: DFlowchart: Document: Daftar PesananTrapezoid: memesan barang
barang
Oval: Mulai
Flowchart: Document: Daftar Pesanan







Line Callout 3 (Accent Bar): Bersama Kwitansi Flowchart: Document: Surat JalanFlowchart: Connector: BFlowchart: Connector: CTrapezoid: Menbuat Surat JalanFlowchart: Multidocument: SOP     1,2,3Flowchart: Connector: ATrapezoid: Menbuat Surat Order PenjualanFlowchart: Document: Data Persediaan barang yg dipesanFlowchart: Document: Surat Permintaan barang

Flowchart: Document: SOP 3Flowchart: Document: Surat Permintaan barangFlowchart: Document: Barang yg DipesanTrapezoid: Menyiapkan Barang yg dipesanFlowchart: Document: Data Persediaan barang yg dipesanTrapezoid: mengecek Persediaan barang
Line Callout 3 (Accent Bar): Bersama surat jalan & kwitansiFlowchart: Connector: DFlowchart: Connector: CFlowchart: Document: Barang yg DipesanTrapezoid: mengirim brg ke pelangganFlowchart: Document: Barang
Flowchart: Document: Kwitansi penjualan      1,2Flowchart: Document: Kwitansi      1,2
Flowchart: Document: Kwitansi      
Flowchart: Document: laporan keuangan     1,2Trapezoid: membuat laporan keuanganFlowchart: Connector: ETrapezoid: membuat kwitansi penjulanFlowchart: Connector: A
Flowchart: Connector: BFlowchart: Document: Laporan Keuangan      1 Oval: EndFlowchart: Document: kwitansi yg sdh di tanda tangani Trapezoid: menandatangani kwitansi penjualanFlowchart: Document: Kwitansi penjualan      2
Bagan Alir Dokumen Penjualan Secara Tunai
Keterangan Siklus Pembelian Tunai:
·         Pelanggan
Pelanggan melakukan Pemesanan barang yang dikirim ke Bagian Penjualan. Setelah diproses, customer akan mendapatkan kiriman barang dari Bagian Pengiriman. Barang yang diterima lalu dicek, jika cocok, Pelanggan melakukan pembayaran secara tunai dan menandatangani data pembayaran.
·         Bagian Penjualan
Setelah menerima daftar pesanan dari Customer, Bagian Penjualan membuat surat permintaan barang yang dikirim ke Bagian Gudang. Setelah mendapatkan data persediaan barang yang dipesan, Bagian Penjualan membuat Surat Order Penjualan (SOP) yang dirangkap tiga. Lembar pertama untuk bagian keuangan, lembar kedua untuk Bagian Gudang, dan lembar ketiga disimpan sebagai arsip. Setelah diproses dan mendapatkan kwitansi yang telah ditandatangani oleh atasan, bagian penjualan lalu membuat surat jalan yang kemudian di serahkan kepada bagian pengiriman bersama dengan kwitansi
·         Bagian Gudang
Dari Surat permintaan barang yang diterima dari Bagian Penjualan, Bagian Gudang memeriksa apakah tersedia cukup persediaan untuk memenuhi pesanan tersebut. Jika memang barang yang dipesan tersedia, bagian gudang memberikan data persediaan barang yang dipesan kepada bagian penjualan.  Bagian gudang dapat menyiapkan barang pesanan setelah mendapatkan SOP. Barang yang telah siap kemudian diberikan ke bagian pengiriman
·         Bagian Pengiriman
Setelah menerima Barang dari Bagian Gudang dan Surat Jalan dari Bagian Penjualan, lalu barang dikirim bersama Surat Jalan tersebut ke Customer. Data pembayaran lalu diberikan ke Bagian Keuangan.
·         Bagian Keuangan
Setelah menerima SOP dari bagian penjualan, bagian Keuangan membuat kwitansi yang dirangkap dua, satu diberikan kepada pemimpin untuk ditandatangani, dan satunya dijadikan dasar pembuatan laporan keuangan bersama dengan data pembayaran.
·         Pemimpin
Menerima kwitansi untuk ditandatangani dan kemudian diberikan ke bagian penjualan dan Menerima Laporan Keuangan dari Bagian Keuangan sebagai arsip.



Pelanggan
Bagian Penjualan
Bagian Gudang
Bagian Pengiriman
Bagian Keuangan
Pimpinan
Oval: EndFlowchart: Connector: DFlowchart: Document: Faktur Penjualan        2Flowchart: Connector: CFlowchart: Document: Daftar PesananTrapezoid: memesan barang
barang
Oval: Mulai
Flowchart: Document: Daftar Pesanan







Trapezoid: Menbuat Surat Order Penjualan kreditFlowchart: Multidocument: SOPK    1,2,3Flowchart: Connector: AFlowchart: Connector: EFlowchart: Document: Surat JalanFlowchart: Connector: BTrapezoid: Menbuat Surat JalanFlowchart: Document: Data Persediaan barang yg dipesanFlowchart: Document: Surat Permintaan barang

Flowchart: Document: SOPK 3Flowchart: Document: Surat Permintaan barangFlowchart: Document: Barang yg DipesanTrapezoid: Menyiapkan Barang yg dipesanFlowchart: Document: Data Persediaan barang yg dipesanTrapezoid: mengecek Persediaan barang
Flowchart: Connector: BLine Callout 3 (Accent Bar): Bersama surat jalaniFlowchart: Connector: DFlowchart: Document: Barang yg DipesanTrapezoid: mengirim brg ke pelangganFlowchart: Document: Barang
Flowchart: Connector: EFlowchart: Connector: CTrapezoid: membuat laporan keuanganFlowchart: Document: Faktur penjualan      1,2,3

Flowchart: Document: Kwitansi      1,2
Flowchart: Document: Kwitansi      
Flowchart: Document: laporan keuangan     1,2Trapezoid: membuat Faktur penjulanFlowchart: Connector: A
Flowchart: Document: Laporan Keuangan      1
Bagan Alir Dokumen Penjualan Secara Kredit

Keterangan Siklus Pembelian Kredit:
·         Pelanggan
Pelanggan melakukan pemesanan barang yang dikirim ke Bagian Penjualan. Lalu mendapatkan Bukti Pembelian. Setelah diproses, customer akan mendapatkan kiriman barang dari Bagian Pengiriman. Barang yang diterima lalu dicek apakah sama dengan bukti pembelian. Jika cocok, customer akan mendapatkan barang dan melalukan pembayaran di kemudian hari.
·         Bagian Penjualan
Setelah menerima daftar pesanan dari Customer, Bagian Penjualan membuat surat permintaan barang yang dikirim ke Bagian Gudang. Setelah mendapatkan data persediaan barang yang dipesan, Bagian Penjualan membuat Surat Order Penjualan Kredit (SOPK) yang dirangkap tiga. Lembar pertama untuk bagian keuangan, lembar kedua untuk Bagian Gudang, dan lembar ketiga disimpan sebagai arsip. Setelah diproses dan mendapatkan faktur penjualan, bagian penjualan lalu membuat surat jalan yang kemudian di serahkan kepada bagian pengiriman.
·         Bagian Gudang
Dari Surat permintaan barang yang diterima dari Bagian Penjualan, Bagian Gudang memeriksa apakah tersedia cukup persediaan untuk memenuhi pesanan tersebut. Jika memang barang yang dipesan tersedia, bagian gudang memberikan data persediaan barang yang dipesan kepada bagian penjualan.  Bagian gudang dapat menyiapkan barang pesanan setelah mendapatkan SOPK. Barang yang telah siap kemudian diberikan ke bagian pengiriman
·         Bagian Pengiriman
Setelah menerima Barang dari Bagian Gudang dan Surat Jalan dari Bagian Penjualan, lalu barang dikirim bersama Surat Jalan tersebut ke Customer.
·         Bagian Keuangan
Setelah menerima SOPK dari bagian penjualan, bagian Keuangan membuat faktur penjualan yang dirangkap tiga, satu diberikan kepada pelanggan sebagai bukti transaksi, satu diberikan ke bagian penjualan. Dan satunya dijadikan dasar pembuatan laporan keuangan.
·         Pimpinan
Menerima Laporan Keuangan dari Bagian Keuangan sebagai arsip.




Pelanggan
Bagian Pengiriman
Bagian Keuangan
Pimpinan
Flowchart: Document: Data Pembayaran Flowchart: Document: STPTrapezoid: melakukan Pembayaran
barang
Flowchart: Document: Faktur      Lunas

Flowchart: Document: FakturTrapezoid: mengirimkan FakturOval: Start
Flowchart: Document: LPKP 1,2

Flowchart: Document: LPKP

Trapezoid: membuat Laporan Penerimaan Kas dari PiutangFlowchart: Document: Faktur Lunas

Flowchart: Document: Trapezoid: membuat faktur lunasFlowchart: Document: Data Pembayaran Flowchart: Document: STP

Trapezoid: membuat Surat Tagihan PiutangFlowchart: Document: Schedule Umur Piutang

Trapezoid: pengecekan jatuh tempoFlowchart: Document: Faktur
Oval: EndFlowchart: Document: LPKP 1
Bagan Alir Dokumen Penerimaan Kas dari penjualan Kredit

Keterangan siklus Penerimaan Kas dari penjualan Kredit :
·         Pelanggan
Pelanggan menerima Surat Tagihan Piutang (STP), kemudian melakukan pembayaran dan menerima faktur lunas dari perusahaan elektronik yang bersangkutan
·         Bagian Pengiriman
Mengirimkan faktur penjualan yang akan jatuh tempo ke bagian keuangan untuk di proses
·         Bagian Keuangan
Setelah menerima faktur penjualan, bagian keuangan melakukan pengecekan tanggal jatuh tempo melalui .schedule umur piutang kemudian membuat STP yang akan diberikan kepada pelanggan.
Lalu membuat faktur lunas dirangkap dua setelah menerima data pembayaran dari pelanggan, satu diberikan kepada pelanggan dan yang lainnya dijadikan dasar pembuatan Laporan Penerimaan Kas dari Piutang yang juga dirangkap dua. Untuk diberikan kepada pimpinan dan disimpan sebagai arsip
·         Pimpinan
Menerima Laporan Penerimaan Kas dari Piutang dari Bagian Keuangan sebagai arsip.


Diagram Arus Data Siklus Pendapatan
 

Pegawai
 
Text Box: Pegawai
Barang
 
            data stock barang                                          data stock barang, harga
                                informasi stock barang                                       informasi data barang           
Line Callout 2 (No Border): data suplierLine Callout 2 (No Border): data suplier, data barang, bukti pembayaran
Pemasok
 
Text Box: Pemasok
Pemasok
 
                               
Line Callout 2 (No Border): Pemesanan barang, Pembelian barang, pembayaran barang                         
 









Pada tahap ini terdapat tiga proses utama yang dilakukan oleh sistem, yaitu proses pengecekan barang, proses transaksi penjualan, dan proses pembuatan laporan.
Data Flow Diagram proses 1( pengecekkan stock barang)
Tahap ini adalah penjabaran dari proses pertama pada DFD. Sistem akan melakukan pemeriksaan barang terlebih dahulu. Apakah barang ada yang kurang atau tidak, karena jika barang kurang, akan dipesan ke supplier, tapi jika tidak, maka pemesanan tidak akan dilakukan. Pemesanan juga dapat dilakukan jika terdapat barang baru. Pengecekan dilakukan dengan pegawai akan memasukkan stok data barang pada sistem dan data akan dimasukkan kedalam data store barang. Selanjutnya adalah pembelian barang kepada supplier. Disini pegawai kembali berperan, pegawai akan memasukkan daftar pembelian, data suppier dan pembayaran. Semua transaksi disini akan dimasukkan ke dalam data store transaksi. Setelah itu terdapat proses entry data. Entry data disini dimaksudkan untuk memasukkan data-data pembelian yang akan disimpan ke dalam data store supplier dan data store barang. Sehingga data akan mudah untuk diupdate.

Data Flow Diagram proses 2 (transaksi penjualan)
Pada tahap ini dapat dilihat bahwa pembeli akan melakukan pembelian barang, kemudian sistem akan memberikan harga barang, barang dan bukti pembayarannya kemudian sistem akan menyimpan data tersebut ke dalam data store barang, agar pada data store barang diupdate lagi perubahannya. Kemudian dilakukan pemasukkan data penjualan ke dalam data store transaksi dan data store barang.
Data Flow Diagram proses 3 (pencatatan data)
Pada proses ini,pembuatan laporan barang akan dilakukan. Sistem akan mengambil data barang dan data stock barang pada data store barang kemudian akan mengolahnya dan laporan jumlah stock barangnya akan diberikan kepda manager, selanjutnya adalah pembuatan laporan transaksi penjualan. Data-data untuk pembuatan laporan transaksi penjualan barang akan diambil dari data store transaksi kemudian akan diolah dan akan menghasilkan laporan keuangan, yang akan diberikan kepada manager dan pimpinan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar