Jumat, 10 Januari 2014

Pengendalian Internall


MEMAHAMI PENGENDALIAN INTERNAL
Tinjauan Umum
Pengendalian internal adalah proses, kebijakan, dan prosedur yang dirancang oleh manajemen untuk memastikan pelaporan keuangan yang andal dan pembuatan laporan keuangan yang sesuai dengan kerangka akuntansi yang berlaku. Pengendalian internal membahas hal-hal seperti sikap, manajemen terhadap pengandalian, kompetensi pegawai inti/kunci, penilaian risiko, akuntansi, dan sistem informasu keuangan lainnyayang digunakan, serta kegiatan pengendalian yang tradisional.
Auditor harus memperoleh pemahaman mengenai pengendalian internal dalam semua penugasan audit. Ini berlaku untuk semua ukuran entitas, sekalipun auditor sudah memutuskan untuk menggunakan sepenuhnya pendekatan substantif dalam menanggapi risiko salah saji yang material.

Risiko Dan Pengendalian
Risiko bawaan (inherent risk) yang merupakan risiko bisnis (bussiness risk) meupun risiko kecurangan (fraud risk) diidentifikasi dalam tahap identifikasi dan penilaian risiko. Manajemen menanggulangi risiko ini dengan merancang dan mengimplementasikan pengendalian internal yang akan menurunkan risiko ini ke tingkat rendah yang dapat diterima (acceptably low level). Risiko yang tersisa sesudah pengendalian intern dirancang dan diimplementasikan, disebut residual risk atau risiko sisa. Risiko sisa ini tidak lain dari risiko salah saji material.

Pengendalian Internal Pervasif Dan Spesifik
Pengendalian internal secara luas dapat dikategorikan ke dalam pengendalian pervasif (pervasive controls) atau pengendalian intrenal di tingkat entitas (entity-level controls) dan pengendalian spesifik (spesific controls) atau pengendalian transaksional (transactional controls).

Lima Komponen Pengendalian Internal
Berbagai jenis pengendalian internal dalam suatu entitas dibagi dalam lima komponen inti sebagai berikut:
·         Financial reporting objective—tujuan pelaporan keuangan
·         Contol environment—lingkungan oengendalian
·         Risk assessment—penilaian risiko
·         Information system—sistem informasi
·         Control activities—pengendalian aktivitas
·         Monitoring—pemantauan
Setiap komponen pengendalian internal mendapat perhatian auditor sebagai:
·         Bagian dari pemahamannya terhadap pengendalian intern atas pelaporan keuangan
·         Informasi untuk mempertimbangkan bagaimana berbagai aspek pengendalian internal itu bisa memengaruhi audit

Pengendalian Intrenal Entitas Kecil
Entitas kecil mempunyai pegawai yang (relatif) sedikit. Pengendalian pada entitas semacam itu berasal dari lingkungan pengendalian (control environment); komitmen manajemen atas nilai-nilai etika, kompetensi, sikap/cara pikir mengenai pengendalian, dan sikap dan tindakan sehari-hari. Pengendalian intern pada entitas kecil tidak berpusat pada pengendalian spesifik atas transaksi.

Tidak Adanya Pengendalian Internal
Jika tidak ada banyak kegiatan pengendalian (control activities) yang bisa diidentifikasi, auditor mempertimbangkan apakah:
·         Mungkin menangani asersi-asersi relevan dengan melaksanakan proseur audit selanjutnya yang terutama merupakan prosedur substantif; atau
·         Ketiadaan kegiatan pengendalian atau komponen pengendalian lainnya (sangat jarang terjadi) tidak memungkinkan auditor memperoleh bukti audit yang cukup dan tepat.
Hal-hal lain menimbulkan tanda tanya mengenai apakah audit seharusnya dijalankan, seperti berikut:
·         Keraguan mengenai integritas manajemen, perilaku non-etis, atau sikap yang mengabaikan pengendalian internal
·         Kekhawatiran mengenai kondisi dan keandalan catatan ektitas yang membuat auditor tidak mungkin memperoleh bukti audit yang cukup dan tepat untuk memberikan pendapat wajar tanpa pengecualian.
Jika keraguan dan kekhawatiran di atas terjadi, auditor perlu mempertimbangkan dan memodifikasi laporan auditornya atau mengundurkan diri dari penugasan sama sekali.

Pengendalian Memberantas Kecurangan
Management override atau peniadaan pengendalian oleh manajemen, dalam entitas kecil, dapat dimitigasi atau ditekan dengan menetapkan (beberapa) kebijakan dan prosedur inti dan mendokumentasikannya.

Pengendalian Internal Yang Relevan Untuk Audit
Tidak semua pengendalian relevan bagi audit itu.auditor hanya perlu memperhatikan pemahaman dan evaluasi atas pengendalian yang memitigasi risiko salah saji yang material dalam laporan keuangan (karena kecurangan atau kesalahan). Ini berarti, pengendalian tertentu dapat dikeluarkan dari lingkup audit, seperti pengendalian yang:
·         Tidak berurusan dengan pelaporan keuangan
·         Sekalipun tidak ada, kemungkina terjadinya salah saji material dalam laporan keuangan sangat kecil.


MENGEVALUASI PENGENDALIAN INTERNAL
Tinjauan Umum
Auditor wajib mengevaluasi rancangan dan implementasi pengendalian, apakah ia akhirnya akan melaksanakan atau tidak melaksanakan uji pengendalian (tests of controls) untuk mengumpulkan bukti. Evaluasi ini merupakan suatu proses yang terdiri atas empat langkah yang diringkaskan sebagai berikut:
Langkah 1—Risiko apa yang harus dimitigasi ?
Langkah 2—Apakah Pengendalian yang dirancang manajemen, memitigasi risiko itu ?
Langkah 3—Apakah pengendalian yang memitigasi risiko itu, berfungsi ?
Langkah 4—Apakah operasi pengendalian yang relevan, sudah didokumentasikan ?

Langkah 1—Risiko Apa Yang Harus Dimitigasi ?
Langkah pertama adalah mengidentifikasi dan kemudian menilai faktor risiko yang signifikan dan faktor risiko lain yang ada. Daftar faktor risiko berdasarkan proses bisnis tidak wajib dibuat. Namun jika sudah dibuat, daftar ini bermanfaat untuk mengeliminasi setiap faktor risiko yang sedikit kemungkinannya mengakibatkan salah saji yang material, sekalipun tidak dimitigasi sama sekali.
Dalam membuat daftar faktor risiko:
·         Gunakan istilah faktor risiko yang sesuai untuk entitas yang bersangkutan
·         Pastikan semua asersi yang relevan telah diperhatikan; dan
·         Perhatikan, apakah ada risiko tambahan yang berakibat salah saji yang material, jika tidak dimitigasi.

Langkah 2—Apakah Pengendalian Memitigasi Risiko ?
Dalam mengevaluasi apakah suatu pengendalian sudah dirancang oleh manajemen, auditor menilai apakah pengendalian yang diidentifikasi benar-benar akan menangkal atau memitigasi faktor risiko. Ini berarti, manajemen harus memperhatikan apakah pengendalian itu efektis untuk:
·         Mencegah (preventing) terjadinya salah saji material; atau
·         Menemukan atau mengungkapkan (detecting) dan mengoreksi (correcting) salah saji material, setelah salah saji itu terjadi.
Ada dua cara yang lazimnya digunakan untuk menyandingkan pengendalian internal dengan faktor risiko atau tujuan pengendaliannya yang dirancang untuk menangkal risiko. Kedua pendekatan ini adalah one-risk-to-many controls (satu risiko dengan banyak pengendalian) dan many-risk-to-many controls (banyak risiko dengan banyak pengendalian).

One-Risk-To-Many Controls
Pendekatan “satu risiko, banyak pengendalian” ini sering digunakan untuk memetakan semua jenis pengendalian, termasuk pengendalian transaksional. Namun, satu pengendalian transaksional seringkali dapat menangani lebih dari satu risiko; karenanya, satu pengendalian ditampilkan berulang-ulang dalam pendekatan ini.

Many-Risk-To-Many Controls
Untuk risiko spesifik dan risiko transaksional, pendekatan yang paling umum dalam mengevaluasi rancangan pengendalian, ialah dengan menggunakanapa yang dikenal sebagai ”control design matrix” atau “matriks rancangan pengendalian”. Matriks ini memungkinkan auditor secara sekilas dengan cepat dapat melihat:
·         Hubungan “banyak-dengan-banyak” (many to many relationship) antara risiko dan pengendalian
·         Di mana kuatnya pengendalian internal
·         Di mana lemahnya pengendalian internal; dan
·         Pengendalian utama yang menanggapi banyak risiko/asersi dan dapat diuji efektif/tidaknya pengendalian tersebut.

Bagaimana Mengidentifikasi PI Yang Relevan
Bagaimana auditor mengidentifikasi pengendalian internal yang relevan? Umumnya melalui diskusi atau wawancara dengan mereka yang bertanggung jawab untuk mengelola suatu risiko. Dalam entitas yang lebih kecil, orang ini adalah pemilik merangkap pengelola (owner-manager) atau seorang manajer senoir (senior manager).

Menyimpulkan Rancangan Pengendalian
Langkah terakhir dalam menilai rancangan pengendalian ialah menarik kesimpulan mengenai apakah pengendalian yang diidentifikasi memang benar-benar memitigasi faktor risiko tertentu. Ini memerluka kearifan profesional.

Langkah 3—Apakah Pengendalian Itu Berfungsi ?
Sekedar bertanya kepada manajemen tidak cukup untuk mengevaluasi rancangan prosedur pengendalian internal atau apakah prosedur pengendalian internal itu sudah diimplementasikan.. Auditor perlu mengamati pengendalian yang sedang berjalan, observe internal control in action! Alasannya adalah:
·         Proses dapat berubah dengan perubahan waktu.
·         Pegawai entitas mungkin menjelaskan bagaimana suatu sistem seharusnya berfungsi, dan bukan bagaimana sistem itu dalam kenyataannya berfungsi; dan
·         Beberapa aspek dalam suatu sistem secara tidak sengaja terabaikan dalam upaya memahami pengendalian intern.
Prosedur penilaian risiko (risk assessment procedures) yang diwajibkan untuk memeperoleh bukti audit mengenai diimplementasikannya pengendalian meliputi:
·         Bertanya (inquiry) kepada pegawai entitas
·         Mengamati (observing) atau mengulangi (re-performing) aplikasi dari pengendalian tertentu
·         Menginspeksi dokumen dan laporan; dan
·         Menelusuri satu atau beberapa transaksi melalui sistem informasi yang relevan untuk pelaporan keuangan.

Langkah 4—Apakah Pengendalian Sudah Didokumentasikan ?
Tujuan dari langkah ini adalah untuk memberikan informasi tentang beroperasinya pengendalian yang relevan, yang diidentifikasi dalam langkah 2. Berapa luas/banyaknya dokumentasi ditentukan oleh kearifan profesional.
Dokumentasi yang baik akan membantu auditor:
·         Memahami sifat, operasi, dan konteks dari pengendalian yang diidentifikasi; dan
·         Menentukan apakah pengendalian itu andal dan berfungsi efektif.
Bentuk dokumentasi yang paling umu dibuat oleh manajemen atau auditor adalah:
·         Penjelasan naratif (narrative description) atau memo (memoranda);
·         Bagan arus (flow charts);
·         Kombinasi antara flow charts dan narrative description; dan
·         Kuesioner (questionnaires) dan daftar uji (checklists)

Pemutakhiran Dokumentasi Di Tahun Mendatang
Auditor dapat menggunakan dokumentasi yang dibuat atau didapat dalam audit periode yang lalau, ketika merencanakan audit tahun berikutnya. Pemutakhiran ini meluputi:
·         Buat salinan (copy) dari kertas kerja tahun yang lalu. Sebagai tolak ukur pemutakhiran di tahun berjalan
·         Mutakhirkan daftar risiko yang dimitigasi oleh pengendalian
·         Identifikasikan perubahan dalam pengendalian internal pada tingkat entitas dan tingkat transaksional
·         Jika ditemukan ada perubahan (risiko atau pengendalian), tentukan apakah pengendalian internal yang baru sudah dirancang dna diimplementasikan.
·         Mutakhirkan keterkaitan antara pengendalian internal dengan faktor risiko yang tepat
·         Mutakhirkan kesimpulan pada risiko pengendalian

Representasi Tertulis Tentang Pengendalian Internal
Representasi tertulis tentang pengendalian internal harus diminta dari manajemen yang mengakui brtanggung jawab untuk mengadakan dan memelihara pengendalian intern yang menurutnya diperlukan untuk membuat laporan keuangan yang bebas dari ssalah saji yang material, yang disebabkan oleh kesalahan atau kecurangan



KESIMPULAN
v  Pengendalian internal adalah proses, kebijakan, dan prosedur yang dirancang oleh manajemen untuk memastikan pelaporan keuangan yang andal dan pembuatan laporan keuangan yang sesuai dengan kerangka akuntansi yang berlaku.
v  Pengendalian internal secara luas dapat dikategorikan ke dalam pengendalian pervasif (pervasive controls) atau pengendalian intrenal di tingkat entitas (entity-level controls) dan pengendalian spesifik (spesific controls) atau pengendalian transaksional (transactional controls).
v  Berbagai jenis pengendalian internal dalam suatu entitas dibagi dalam lima komponen inti sebagai berikut:
·         Financial reporting objective—tujuan pelaporan keuangan
·         Contol environment—lingkungan oengendalian
·         Risk assessment—penilaian risiko
·         Information system—sistem informasi
·         Control activities—pengendalian aktivitas
·         Monitoring—pemantauan
v  Auditor wajib mengevaluasi rancangan dan implementasi pengendalian, apakah ia akhirnya akan melaksanakan atau tidak melaksanakan uji pengendalian (tests of controls) untuk mengumpulkan bukti. Evaluasi ini merupakan suatu proses yang terdiri atas empat langkah yang diringkaskan sebagai berikut:
·         Langkah 1—Risiko apa yang harus dimitigasi ?
·         Langkah 2—Apakah Pengendalian yang dirancang manajemen, memitigasi risiko itu?
·         Langkah 3—Apakah pengendalian yang memitigasi risiko itu, berfungsi ?
·         Langkah 4—Apakah operasi pengendalian yang relevan, sudah didokumentasikan ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar