Senin, 28 Juli 2014

Ceramah "Pentingnya Mempelajari Bahasa Arab"


Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..
إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهْ وَنَسْتَهْدِيْهِ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنِ اهْتَدَى بِهُدَاهُ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ.

Segala puji bagi Allah, kita memuji-Nya dan meminta pertolongan, pengampunan, dan petunjuk-Nya. Kita berlindung kepada Allah dari kejahatan diri kita dan keburukan amal  kita. Barang siapa mendapat dari petunjuk Allah maka tidak akan ada yang menyesatkannya, dan barang siapa yang sesat maka tidak ada pemberi petunjuknya baginya. Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan bahwa Muhammad adalah hamba dan Rasul-Nya. Ya Allah, semoga doa dan keselamatan tercurah pada Muhammad dan keluarganya, dan sahabat dan siapa saja yang mendapat petunjuk hingga hari kiamat.
Amma Ba’du
Saudara- Saudara yang dirahmati Allah SWT.
Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an:
إِنَّا جَعَلْنَاهُ قُرْآنًا عَرَبِيًّا لَعَلَّكُمْ تَعْقِلُونَ
Artinya : “Sesungguhnya Kami menjadikan Al Quran dalam bahasa Arab supaya kamu memahami(nya)” (QS Az Zukhruf: 3)
Telah kita ketahui bahwa Bahasa Arab merupakan bahasa kaum muslimin. Bahasa ini sudah mennjadi bahasa kaum muslimin sejak kemunculan Islam hingga akhir zaman. Sebagai bahasa al-Qur’an, bahasa Arab menjadi bahasa yang sangat penting di dunia ini, bukan hanya bahasa Arab semata. Dari pemaparan tentang keutamaan al-Qur’an di atas, sudah sepantasnya kita sebagai kaum muslimin mempelajari bahasa Arab. Dengan mempelajari bahasa Arab diharapkan seorang muslim dapat memahami kandungan kitab sucinya dan lebih mencintainya. Lebih dari itu, diharapkan seorang muslim mendapatkan istiqamah dan teguh di atas agamanya.
Tidakkah kita berpikir dari sekian banyak bahasa yang terdapat di muka bumi mengapa Allah memilih bahasa arab sebagai bahasa kitab suci kita?. Ibnu katsir menafsirkan : “Yang demikian itu, dikarenakan bahasa arab adalah bahasa yang paling fasih, jelas, luas dan makna lebih mengena jiwa manusia [Tafsir Ibnu Katsir]. Sungguh mulianya bahasa arab sampai-sampai 2 sumber hukum islam yang paling utama yaitu Al Qur’an dan As Sunnah (Hadits) menggunakan bahasa arab bukan yang lainnya.
Saudara- Saudara yang dirahmati Allah.SWT.
Mengingat posisi bahasa Arab yang begitu sangat penting, maka setiap muslim wajib mempelajarinya. Kira didorong untuk mempelajari bahasa Arab agar mampu memahasi ajaran-ajaran Islam dengan baik, karena sumber pengajaran Islam berasal dari bahasa ini. Seorang muslim tidak akan mampu memahami hakikat ajaran agamanya dan mengetahui makna yang terdapat dalam Al-Qur’an dan Ash-Sunnah kecuali dengan bahasa Arab. Seorang muslim jika sudah meninggalkan bahasa Arab berarti sudah meninggalkan bahasa Agamanya. Karena itu, Ghalad Satun, seorang politisi Inggris yang hidup pada tahun 1980 berpesan kepada bangsanya: “Bangsa Inggris tidak mungkin mewujudkan cita-citanyadalam menguasai bangsa Arab dan kaum muslimin kecuali jika kekuatan Kitab suci ini (tangannya sambil mengeluarkan Al-Qur’an dari laci mejanya) dicabut dari jiwa mereka. keluarkan rahasia Kitab suci ini yang menjadi ruh mereka dari jantung kaum muslimin. Jika kalian berhasil melaksanakan tugas suci ini, maka dengan mudah kalian akan mampumenghancurkan semua benteng kaum muslimin”
Saudara- Saudara yang dirahmati Allah.SWT.
Orang yang mempelajari suatu bahasa tertentu pasti akan banyak membaca buku-buku berbahasa yang dipelajari. orang yang belajar bahasa arab. begitupula seseorang yang belajar bahasa arab tentu dia akan senang dan bersemangat membaca kitab-kitab para ulama, membaca hadits, membaca Al Qur’an, mentadaburi Al Qur’an dan hadits dan sebagainya. Dengan melihat apa yang mereka baca tersebut tentu akan berpengaruh pada fikiran, pola fikir, akhlak, cara berpikir, agama, kebiasaan dan sebagainya. Sebagai seorang muslim, mempelajari Al Qur’an dan As Sunnah (Hadits) hukumnya wajib. Bagaimana seorang muslim dapat memahami Al Qur’an dan As Sunnah dengan baik jika dia tidak memahami bahasa arab dengan baik. Jika seseorang ada tekad yang kuat dalam belajar bahasa arab dan mendalami agama ini maka bersyukurlah karena ini tanda-tanda kebaikan dalam diri kita. Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Barangsiapa yang dikehendaki kebaikan oleh Allah maka dia akan dimudahkan untuk memahami agama ini.” (HR. Bukhori Muslim). Karena itu, Pelajarilah bahasa Arab dan ajarkanlan kepada keluarga dan keturunan kita, semoga kita menjadi hamba yang dirahmati oleh Allah SWT.
Akhir kata, wabillahi taufiq wal hidayah, wa birridho wal inayah, wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar