Senin, 28 Juli 2014

Tugas SIM kasus See What?


Sew What? Inc didirikan pada tahun 1992 bisnisnya dimulai dengan mendesain, membuat dan memasang kain dan tirai panggung untuk keperluan teater.  Sew What? Inc Telah membuat banyak sekali barang-barang untuk keperluan para artis termasuk Maroon 5, Slip Knot, Green Day, Avril Lavigne, Sting, Dave Matthews Band, Rod Stewart and Don Henley. Pemasangan tirai panggung yang prestisius untuk teater seperti “Victoria Theatre”  di Santa Barbara, CA. Sew What? sekarang menempati gedung seluas 15.000 sq ft di Rancho Domingues, CA, dan staff berpengalaman sebanyak 33 orang.
Pada awalnya Sew What? Inc yang dirintis pada tahun 1992 oleh Megan Duckett  hanya dikerjakan di dapur dan garasi rumah, dengan promosi dari mulut ke mulut Duckett tidak berfikir untuk memanfaatkan teknologi informasi. Keinginan untuk memanfaatkan Teknologi Informasi muncul ketika Megan Duckett  kehilangan kontrak besar gara-gara kliennya menganggap perusahaannya tidak kredibel karena tidak memiliki Website. Kemudian Megan Duckett dengan keterbatasan anggarannya  memutuskan untuk menggunakan Teknologi Informasi dengan mencoba membuat Website sederhana menggunakan Microsoft Publisher. Setelah teknologi informasi digunakan Sew What? Inc mengalami kemajuan signifikan dalam bisnisnya.

1. Bagaimana teknologi informasi memberikan kontribusi bagi keberhasilan bisnis Sew What Inc ? Berikan beberapa contoh dari kasus ini mengenai nilai bisnis teknologi informasi yang menunjukkan kesimpulan ini.
Jawab:
 Menurut O’Brien dan Marakas terdapat tiga peran vital Teknologi Informasi untuk meningkatkan kinerja binis yaitu menunjang proses bisnis operasi, menunjang pengambilan keputusan para pekerja dan manager serta menunjang strategi untuk keunggulan kompetitif kontribusi teknologi informasi pada Sew What ? Inc dijelaskan sebagai berikut :
§  Menunjang proses bisnis dan operasi
Sew What? Inc hanyalah usaha kecil yang dikerjakan secara rumahan dengan pelanggan lokal yang promosinya dari mulut ke mulut. Dengan Website memungkinkan Sew What?Inc mendapatkan pelanggan dari seluruh dunia. Duckett terus menerus berusaha memperbaiki Website untuk para pelanggannya, dan untuk itu setahun kemudian mengikuti kursus di Dreamweaver dan membangun ulang Websitenya. Pembangunan ulang Website tersebut telah membantu perusahaannya tumbuh dengan pelanggan dari seluruh dunia dan pelanggan tetap bintang rock internasional, Gucci dan majalah Rolling Stone.  dengan berkembangnya pelanggan mengakibatkan pendapatan perusahaan naik secara signifikan dan pada akhir 2006 Sew What?Inc meraih. pendapatan sebesar 4 juta dollar.
Sew What? Inc merupakan perusahaan “customer-centric company”, Duckett menyandarkan kepada infrastruktur IT yang solid untuk menjaga perusahaannya berjalan dengan baik “ Hal yang sangat kritis bahwa kita mempunyai “back-office IT” yang sangat baik untuk mengelola bisnis dan mengirim jasa yang baik kepada pelanggan” kata Duckett.
§  Menunjang pengambilan keputusan para pekerja dan manajer.
Pada tahun 2005 Duckett memutuskan untuk mempekerjakan perusahaan konsultan “Web Marketing” untuk membangun sistem navigasi kustomisasi yang membuat Websitenya menjadi interaktif dengan berbagai fitur yang memungkinkan pelanggan untuk menghitung secara akurat nilai barang dengan komposisi yang telah ditentukan pelanggan, mengoptimalkan mesin pencari, desain keseluruhan dan lay out.
Dengan Website yang makin interaktif manajer dan para pekerja akan mudah untuk mengelola pesanan, sehingga pesanan akan sampai ditangan pelanggan dengan sangat memuaskan dan tepat waktu.
§  Menunjang strategi untuk keunggulan kompetitif
Sew What?Inc dikenal sebagai perusahaan kecil yang melakukan inovasi dengan teknologi informasi untuk meningkatkan dan komitmen untuk memuaskan pelanggannya, hal ini terbukti dengan  memenangkan Small Business Excelence Award  yang diadakan oleh The National Federation of Independent Business (NFIB) dan Dell Inc. Pada tahun 2007 Sew What?Inc mendapatkan penghargaan Stevie Award fo Woman in Business sebagai perusahaan paling inovatif dan SMB 20 Award dari PC Magazine. Dengan kemenangan tersebut Duckett dan seluruh karyawannya merasa tersanjung dan lebih percaya diri  untuk bersaing dengan competitor.
Buckett merencanakan untuk mengunakan hadiah dari kemenangannya mendapatkan Small Business Excelence Award  tersebut untuk membangun “barcode system” yang mampu menelusuri proses manufaktur, serta berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk tiap proses akibat dari itu perusahaan dapat mengeluarkan daftar harga yang  semakin akurat. Dengan sistem ini  akan meningkatkan efisiensi dalam hal penggunaan sumber daya.  Sistem ini juga dapat menelusuri progress pesanan individu, sehingga kepuasan pelanggan tetap terjaga dengan status pesanan yang “up to dated”

2. Jika Anda seorang konsultan manajemen untuk Sew What? Inc., apa yang akan Anda sarankan kepada Megan Duckett pada saat ini untuk menjadikan bisnisnya lebih sukses lagi? Apa peran teknologi informasi akan diajukan pada proposal Anda? Berikan beberapa rekomendasi yang spesifik.
Jawab:
Sew What Inc harus meningkatkan pengendalian internal atau management support system, seperti Management Information System (MIS), Decision Support System dan Executive Information System.
ü  Management Information System menampilkan analisis penjualan, kinerja produksi dan analisis biaya tentunya ini akan membantu manajemen dalam pengambilan keputusan. Selain itu Sew What harus segera menerapkan perencanaan sumber daya perusahaan secara lebih baik (enterprise resource planning).
ü  Decision Support System untuk menunjang pengambilan keputusan bisnis masa depan sebaiknya dapat ditampilkan ramalan keuntungan dan analisis resiko.
ü  Executive Information System dari MIS dan DSS seharusnya ditampilkan dalam bentuk sistem untuk menganalisis kinerja bisnis, kegiatan kompetitor sebagai dasar kebijakan pengambil keputusan dalam mengembangkan bisnis.
ü  Enterprise Collaboration System memungkinkan komunikasi antar pelanggan diseluruh dunia ketika proyek sedang berlangsung tentunya akan lebih membantu pelanggan dalam mengerjakan proyek.
Selain itu, saya akan menganjurkan kepada Megan Duckett beberapa hal berikut ini:
  1. Meningkatkan jumlah tenaga kerja pemasaran dan melengkapi mereka dengan segala macam informasi untuk beroperasi dengan lancar. Pemasaran adalah suatu tugas berat dan membutuhkan informasi yang harus dikelola dengan baik dan sistem komunikasi yang hanya mungkin melalui penggunaan teknologi informasi yang efektif. Hal ini dikarenakan pemasaran adalah salah satu aspek penting dari organisasi bisnis saat ini. Pelanggan saat ini tidak datang kepada kita untuk menemukan produk, dan pasar telah begitu kompetitif sehingga produk perlu menemukan pelanggan dan itulah apa yang dapat dilakukan oleh pemasaran.
  2. Sew What? Inc. telah memiliki situs/website yang akan terus dikembangkan oleh pemiliknya. Selain dengan penggunaan website, sebaiknya perusahaan memanfaatkan situs jejaring sosial yang sangat populer saat ini. Hal itu akan menguntungkan bagi bisnis jika mereka mulai mempromosikan hal itu melalui situs jejaring sosial seperti facebook, twitter, dan lain lain.
  3. Sew What? Inc. telah berada di bisnis gorden begitu lama dan sekarang saatnya mereka harus memperluas wilayah kerja mereka. Mereka telah menikmati pertumbuhan karena adanya informasi dan penelitian yang mereka kumpulkan, maka mereka bisa mengusahakan tentang menyediakan bahan baku untuk jenis yang sama dalam bisnis lainnya. Mereka bisa meregangkan organisasi dan meluncurkan lini pakaian mereka sendiri setelah penelitian pasar yang tepat. Teknologi informasi dapat membantu mereka untuk mengetahui secara rinci tentang bagaimana untuk memulai dan apa untuk memulai.
  4. Melakukan e-business. Semua kegiatan bisnis dilakukan secara otomatis dan/atau semiotomatis dengan menggunakan teknologi elektronik atau sistem informasi computer, termasuk di dalamnya kegiatan e-commerce. Dengan e-business, memungkinkan perusahaan untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan eksternal secara lebih efisien dan fleksibel. Selain itu e-business juga banyak dipakai untuk berhubungan dengan suplier dan mitra bisnis perusahaan, serta memenuhi permintaan dan melayani kepuasan pelanggan secara lebih baik. Dengan melakukan e-business kegiatan bisnis akan terintegrasi secara baik sehingga proses produksi dapat berjalan efektif dan efisien. Dalam melakukan e-business, perusahaan dapat menerapkan beberapa integrasi atas proses bisnisnya, misalnyaEnterprise Resources Planning (ERP), Customer Relationship Management (CRM), dan Supply Chain Management.

3. Bagaimana penggunaan teknologi informasi dapat membantu bisnis kecil Anda untuk menjadi lebih sukses? Berikan beberapa contoh untuk mendukung jawaban Anda
Jawab:
Dengan memanfaatkan teknologi, khususnya internet, usaha dengan skala kecil dapat lebih cepat dikenal oleh masyarakat luas. Informasi produk dapat diakses dengan mudah oleh siapapun, kapanpun, dan dimanapun. Dengan teknologi internet, biaya promosi akan jauh lebih murah dibandingkan promosi konvensional. Hanya patut diingat, kecepatan sebaran berita di internet sangat cepat, sehingga perusahaan harus menjaga tetap kualitas dari produk dan layanan yang dihasilkan. Sekali terperosok, perusahaan tidak akan mempunyai kredibilitas dan akan segera ditinggalkan oleh konsumen.
Pemanfaatan teknologi banyak memberikan keuntungan kepada bisnis dengan skala kecil. Hal ini dapat dilihat dengan semakin banyaknya usaha kecil yang melakukan penawaran online yang menunjukkan bahwa dengan berjualan online dapat meningkatkan keuntungan,  karena pangsa pasar semakin luas serta biaya promosi yang dapat diminimalkan oleh bisnis kecil.
Penggunaan tehnologi untuk bisnis dapat dilakukan dengan berbagai cara antara lain:
ü  membuka situs web sendiri, seperti yang dilakukan oleh Sew What, yang secara langsung menawarkan barang/jasa yang akan dijual, memacu proses penjualan lebih baik, adanya kemungkinan dapat pelanggan baru, sehingga menambah jumlah pelanggan. Pembuatan situs akan membutuhkan biaya, antara lain komputer, software pengoperasian komputer,dan jaringan internet. Akan tetapi, kita harus memelihara situs ini dengan selalu meng updatenya.
ü  memanfaatkan situs web komersial, seperti pemasanga iklan, dengan jangkauan luas, lebih sedikit membutuhkan biaya, karena tidak perlu pemeliharaan situs tersebut
Beberapa usaha kecil yang melakukan e-commerce diantaranya adalah RajaGrosir.com (www.rajagrosir.com), yang merupakan distributor untuk washing ball. Untuk ke depannya, pengelola situs akan terus menambah produk yang ada di toko online-nya. Selain itu dapat dilihat pula situs produsen boneka horta (http://www.kioshorta.web.id/;http://www.hortadoll.blogspot.com/) yang juga menyertakan kegiatan promosi dan pemasaran dalam jejaring sosial seperti facebook dan twitter.
Kasus lain (perusahaan lokal) dimana pemanfaatan teknologi informasi mampu menunjang bisnis di industri skala kecil adalah pemasaran Franchise Kebab Turki Baba Rafi. Kebab Turki Baba Rafi adalah sebuah bisnis makanan cepat saji yang kini semakin dikenal luas. Awal mula Kebab Turki Baba Rafi merupakan wirausaha kecil yang didirikan oleh Hendy Setiono. Bapak Hendy Setiono termasuk dalam deretan enterpreneur muda yang terbaik di tahun 2007 karena dalam waktu singkat, bersama bisnis Kebab Turki Baba Rafi yang dirintisnya kurang dari 5 tahun, Hendy Setiono meraih penghargaan sebagai pengusaha Indonesia yang berprestasi di abad 21. Keberhasilan Hendy Setiono didukung oleh fasilitas Website yang inovatif, didalam website tersebut diberikan macam-macam icon menu yang memudahkan calon-calon pelanggan atau investor untuk melihat segala hal tentang Kebab Turki Baba Rafi. Dengan memanfaatkan teknologi Website, bisnis kecil akan mencapai kesuksesan dengan cepat melalui promosi dengan biaya yang rendah, karena menggunakan fasilitas internet membuat Home Site Kebab Turki Baba Rafi akan dilihat dan dikunjungi oleh banyak pihak, dikarenakan cakupan internet yang luas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar