Senin, 28 Juli 2014

Kasus SIM Wolf Peak International


Apa permasalahan yang terjadi ketika Wolf Peak mengupgrade dari QuickBooks menjadi software akutansi baru? Bagaimana masalah tersebut dapat diselesaikan?
   Wolf peak international mencoba untuk meningkatkan dukungan sistem informasi yang lama (QuickBooks) ke paket software akutansi terbaru yang berfungsi untuk meningkatkan kinerja organisasi menjadi mudah dan sistematis, tim konsultan software Wolf Peak International percaya akan kemampuan dari software akutansi baru tersebut. Tetapi, saat akan menguji kemampuan dan adaptabilitas dari software tersebut, tidak ada pejabat atau staf keuangan yang dapat memberikan masukan pada jalannya proses bisnis ini karena sangat rumit dan sulit untuk dipelajari/tidak mudah digunakan oleh pengguna, serta tidak efisien dalam hal waktu, sehingga ini bisa dikatakan suatu kegagalan dalam perusahaan. Dikatakan kegagalan perusahaan karena tidak bisa tepat mengambil keputusan manajemen dalam menginstall software akutansi baru tersebut yang tidak dapat memberikan data yang diinginkan oleh top manajemen dan keputusan yang harusnya diambil menjadi terhambat/salah.
   Sulitnya mendapatkan informasi dan data dari software baru yang lebih kompleks serta lebih ketat (sebelumnya menggunakan QuickBooks yang user friendly dan mudah digunakan) mengakibatkan masalah-masalah baru, bahkan sampai 6 bulan pemasangan software baru ini perusahaan belum mendapatkan informasi keuangan maupun operasional yang diinginkan. Permasalahan ini ditambah dengan tidak terciptanya laporan informatif/yang diinginkan walaupun perusahaan telah mempekerjakan tim khusus dalam pengoperasian (IT).  Buruknya lagi, data perusahaan yang sudah ada didalam software QuickBooks tidak dapat dikonversikan ke software baru sehingga ini sangat memprihatinkan top manajemen Wolf PeakInternational karena yang tidak dapat memutuskan keputusan dalam bisnis secara cepat.  
   Masalah ini sebenarnya tidak akan terjadi bila sebelumnya Wolf Peak International memperkirakan apakah software baru tersebut penting, fungsi dari software apakah lebih baik dari software sebelumnya, mudah penggunaan, lebih efisien dalam hal waktu, dan cepat dalam pengambilan keputusan. Perusahaan juga perlu berdiskusi lebih lanjut dengan ahli IT apakah software tersebut layak digunakan.
   Sistem software hanyalah sebuah alat yang hanya membantu perusahaan dalam mengambil keputusan jadi perusahaan harus mampu memutuskan software mana yang bisa user friendly (harus mampu memahami fungsi dari software itu sendiri) dengan apa yang diinginkan oleh perusahaan sehingga dana yang dikeluarkan oleh perusahaan, tenaga dan waktupun juga tidak sia-sia. Bila perusahaan dapat mengatasi hal ini maka keputusan dapat segera dicapai.  

Mengapa SAP Business One terbukti menjadi pilihan yang lebih baik untuk manajemen Wolf PeakInternational daripada software akutansi baru? Berikan contoh untuk mengilustrasikan jawaban anda
   SAP Business One merupakan software yang dapat memanajemen usaha serta khusus dikembangkan untuk usaha bisnis kecil menengah seperti Wolf Peak International. SAP Business One sebagai software baru pengganti QuickBooks merupakan paket terintegrasi secara otomatis yang dapat memproses informasi dari penjualan, keuangan, pengadaan, persediaan, dan produksi serta dapat menyajikannya dalam bentuk laporan sesuai yang diinginkan dan juga menggambarkan kondisi bisnis yang jelas. Fungsinya yang relatif menjanjikan dengan tingkat pengembalian investasi yang cepat/terjangkau, kemudahan bagi pengguna sehingga pengguna dapat memakai dan memanfaatkan sistem ini secara efisien serta intuitif terhadap lingkungan sehingga dapat cepat dan efektif dalam belajar.
   Software akutansi baru yang dulu digunakan sangat berbeda dengan SAP Business One yang digunakan oleh Wolf Peak International sekarang ini, bila software akutansi baru informasi tidak dapat dikeluarkan selama berbulan-bulan dan membutuhkan biaya tambahan lagi, namun dengan SAP Business One yang mampu memenuhi semua permintaan bahkan mampu menerbitkan lima laporan sebagai tambahan informasi dalam waktu singkat.
   XLreporter merupakan alat analisa dan pelaporan keuangan SAP Business One yang bekerja dengan menggunakan Microsoft Excel memudahkan akses dalam operasional dan keuangan seperti data neraca, piutang, hutang, penjualan, pengadaan, dan persediaan. Contohnya pencatatan piutang, hutang, aktiva berdasarkan umur, jatuh tempo, ataupun berdasarkan jumlah puitang dapat dilakukan tanpa harus menggunakan kertas dalam pencatatan. Selain itu, dengan menggunakan SAP Business One juga dapat melaporkan pembayaran komisi pada tenaga penjual tertentu dengan cepat. Pada bidang inventory juga sangat memuaskan, manajemen mampu mengontrol bagian persediaan, penerimaan danjuga pengeluaran gudang sertaberbagai tugas pergudangan lainnya. Manajemen Wolf Peak International juga telah mulai menggunakan CRM (Customer Relationship Management) untuk membantu pengembalian utang yang berarti SAP Business One memiliki fungsionalitas tinggi.  

Apakah SME harus menggunakan software yang terintegrasi seperti SAP Business One khususnya pada bidang akutansi dan software bisnis lainnya? Jelaskan jawaban anda!
   Setiap usaha yang dijalankan memiliki fungsi pola yang berbeda dan juga proses yang berbeda-beda pula. Jadi, untuk membantu usaha yang dijalani perlu software yang efektif dalam memberikan fungsinya secara sistematis dan efisien.
   SME dengan segala keterbatasannya dibandingkan dengan perusahaan besar lebih baik menggunakan software yang sudah terintegrasi dengan baik. Efisiensi, akurasi dan kemudahan dalam penggunaan merupakan kebutuhan yang dibutuhkan SME, kebutuhan tersebut dapat ditemukan didalam software SAPBusiness One daripada software lainnya. Selain untuk membantu mengatur hubungan pelanggan dan akutansi, aplikasi software Business One digunakan perusahaan/organisasi untuk mengkomunikasikan informasi yang didapat antar departemen serta menawarkan kegiatan yang lebih transparan (data yang akurat) satu sama lainnya. Informasi yang didapatkan dapat diakses oleh sebagian pengguna tanpa ada keterlambatan dalam menyelesaikan tugas seperti dalam pemasaran atau operasi. Business One sangat mudah dioperasikan bahkan unukorang yang tidak mengerti programming bisa memanfaatkan dan membuat dokumen-dokumen yang mereka butuhkan. Informasi lengkap dapat dilihat pada video demonstrasi di website SAP, disini perusahaan tidak hanya mendapatkan informasi di tiap-tiap departemen, tetapi mulai dari sistem penjualan, info pergudangan, pemesanan barang, pengemasan barang, bahkan pengiriman barang juga mereka dapatkan.
   Sebagai perbandingan adalah pembelian software akutansi baru yang tidak efisien, tidak akurat, dan rumit. Pada saat Wolf Peak menggunakan softwaretersebut, perusahaan tidak dapat menyaring semua data dan memahami informasi yang didapatkan. Hal ini menyebabkan pelaporan kerja outsourcing dengan harapan bahwa bisa memahami informasi yang didapat dari software tersebut, selain itu, data tidak bisa diambil dan dipindahkan ke software (data dari aplikasi QuickBooks ke software akutansi baru) tersebut padahal sebelumnya Wolf Peak International menggunakan QuickBooks yang memiliki aplikasi yang lebih baik daripada software akutansi baru tersebut. pembelian software akutansi baru ini mengakibatkan perusahaan membuang-buang waktu dan uang untuk berinvestasi dalam software ini.   

Kesimpulan
            Perusahaan Wolf Peak International awal mulanya menggunakan software QuickBooks dalam membantu pengoperasian usaha sehari-hari. Pemanfaatan yang user friendly inilah mempermudah karyawan Wolf Peak  International untuk mencapai keputusan sesuai dengan yang diinginkan oleh Top manajemen. Lama-kelamaan Manajemen Wolf Peak International berfikir untuk membeli software yang mampu membantu lebih banyak lagi dalam pengoperasian usaha sehingga keputusan dapat diambil dengan cepat, akhirnya manajemen memutuskan untuk membeli software khusus yang berkaitan dengan akutansi namun ternyata sistem pengoperasiannya sulit, tidak compatible dalam memasukkan data, bahkan  Wolf Peak harus mengeluarkan biaya tambahan lagi agar laporan yang diinginkan dapat sesuai dengan yang diharapkan.
            Wolf Peak International akhirnya berinvestasi dengan membeli SAP Business One. SAP Business One dapat membantu jalannya usaha mulai dari perudangan, pemasukandata akutansi, bahkan yang berkaitan dengan pembelian produk yang di keluarkan oleh Wolf Peak International. Software ini sangat membantu sekali, selain itu aplikasinya yang user friendly dan murah serta dapat membantu di beberapa departemen membuat software ini lebih diminati. SAP Business One dapat digunakan tidak hanya untuk perusahaan kalangan atas, usaha dari tingkat menengah kebawahpun juga dapat menggunakan dan membelinya seusai dengan kegunaan dari software itu sendiri.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar