Senin, 28 Juli 2014

Tugas SIM Kasus See What?


1. Bagaimana teknologi informasi memberikan kontribusi bagi keberhasilan bisnis Sew What Inc ? Berikan beberapa contoh dari kasus ini mengenai nilai bisnis teknologi informasi yang menunjukkan kesimpulan ini.
Jawab:
S
ew What?, merupakan perusahaan penyedia pakaian panggung berbentuk tirai untuk konser, peragaan fashion yang diawali pada bidang pementasan rock and roll. Sew What? didirikan tahun 1992 oleh Megan Duckett, seorang wanita kelahiran Australia dan berbasis di Rancho Dominguez,California. Sew What? berawal dari usaha rumahan (menggunakan dapur dan garasinya untuk membuat tirai pesanan pelanggannya, antara lain Sting, Elton Jhon, dan Madonna), , dan pada akhirnya menjadi perusahaan di tahun 1998. Saat ini, Sew What? menjadi perusahaan terdepan dalam industri penyediaan tirai, karena Megan Duckett melakukannya dengan bekerja keras, pengerjaan yang berkualitas dan menggunakan tehnologi informasi. Tehnologi informasi mempunyai peranan sangat penting dalam kesuksesan menjalankan perusahaanya. Persaingan di dunia bisnis yang tinggi membuat penerapan teknologi informasi menjadi suatu kebijakan proses dan strategi perusahaan dalam tetap menjaga eksistensi perusahaannya dan menjaga loyalitas konsumennya, dimana fungsi dan perannya lebih luas terkait pada visi, misi dan tujuan perusahaan. Peran teknologi informasi dalam keberhasilan bisnis Sew What Inc, adalah sebagai berikut :
·         Menunjang Proses Bisnis dan Operasi
Sew What? Inc merupakan suatu bisnis rumahan (homeindustry), dengan adanya pengaplikasian teknologi informasi seperti website memudahlan Sew What? Inc dalam memasarkan produknya ke segala jaringan tanpa batasan wilayah sehingga dapat dikenal secara lebih luas dan mendapatkan konsumen dari seluruh dunia. Karena pada awal perusahaan ini tumbuh , pemasaran yang dilakukan hanya secara konvensional hanya dari mulut ke mulut atau door to door sehingga konsumen yang dimiliki hanya lokal pada satu kawasan saja. Konsumen Sew What? Inc setelah penggunaan website tidak hanya lokal tetapi konsumen pun menjadi lebih besar dan mendunia seperti bintang rock internasional, Gucci, dan majalah Rolling Stone.
Dengan website penjualan Sew What? Inc dari tahun ke tahun mengalami peningkatan, yang akhirnya akan meningkatkan omset atau keuntungan yang diraihnya. Peningkatan omset ini disebabkan meluasnya konsumen yang dimiliki oleh Sew What? Inc, peningkatan dan perluasan konsumen secara global yang terjadi pada Sew What? Inc. Konsumen Sew What? Inc yang telah menjadi pelanggan tetap dapat menciptakan model yang diinginkan dengan melihat bentuk-bentuk bahan yang ditawarkan oleh Sew What? Inc secara online seperti warna dan kualitas bahan, setelah melihat dan memilih model serta bahan yang diinginkan di website konsumen diberikan estimasi biaya yang dikeluarkan atau konsumen itu dapat mengkalkulasikan sendiri besaran biaya pengukuran proyek, dan diarahkan bagaimana bentuk pemesanan yang akurat. Pengaplikasian website membuat perubahan yang sangat besar untuk Sew What? Inc yaitu merubah Sew What? Inc dari home industry berkembang menjadi perusahaan konveksi yang besar dan memiliki jumlah karyawan yang meningkat lebih besar.

·         Menunjang Pengambilan Keputusan Bagi Manajemen Perusahaan
Dengan Website yang makin interaktif manajer dan para pekerja konveksi akan mudah untuk mengelola pesanan, sehingga pesanan akan sampai ditangan pelanggan dengan sangat memuaskan dan tepat waktu. Selain itu penggunaan sistem barcode dalam gudang perusahaannya membuat manajemen dapat memantau persediaan inventorynya di gudang sehingga tidak terjadi penumpukan bahan baku ataupun sebaliknya kekurangan bahan baku , dan dapat menelusuri proses manufaktur, serta berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk tiap proses sehingga perusahaan dapat mengeluarkan daftar harga yang semakin akurat. Dan sistem barcode ini membantu manajemen perusahaan dalam melihat ketersediaan dan kebutuhan yang diminta disetiap proses konveksi seperti penerimaan bahan baku kain, pembentukan pola, pemotongan dan penjahitan. Dengan sistem ini akan meningkatkan efisiensi dalam hal penggunaan sumber daya. Sistem ini juga dapat menelusuri progress pesanan individu, sehingga kepuasan pelanggan tetap terjaga dengan status pesanan yang up to dated.
·         Merupakan bentuk CRM (Customer Relationship Management)
CRM (Customer Relationship Management) merupakan aplikasi yang dapat membantu perusahaan dalam mengelola hubungan dengan pelanggan secara terorganisasi. Dengan CRM, perusahaan dapat memahami kebutuhan dan prilaku konsumen, kepuasan konsumen merupakan hal yang harus dijaga untuk kelangsungan bisnis perusahaan dan loyalitas pun harus dibentuk agar konsumen tidak membandingkan dengan pesaing. Tujuan adanya CRM bagi Sew What? Inc bagi manajemen perusahaan adalah sebagai berikut :
1.      Membantu bagian Pemasaran dalam perusahaan untuk dapat mengidentifikasi konsumen yang memiliki loyalitas terbaik terhadap perusahaan dan mendekatkan manajemen dengan konsumen, sehingga dari saran dan keinginan para konsumen ini dapat memberikan strategi promosi yang lebih baik dan bentuk produk yang menjadi favorit oleh konsumen.
2.      Membantu Sew What? Inc dalam melakukan perbaikan telesales, pengolahan account, serta pengolahan penjualan dengan pemanfaatan informasi oleh manajemen perusahaan demi meningkatkan omset penjualannya.
3.      Menyediakan suatu bentuk hubungan individual dengan konsumen, untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan memaksimalkan keuntungan dengan cara mengidentifikasi konsumen yang memberikan banyak keuntungan bagi perusahaan untuk kemudian perusahaan memberikan layanan terbaiknya kepada konsumen tersebut.

·         Sebagai Strategi Keunggulan Kompetitif
Sew What? Inc dikenal sebagai home industry yang melakukan inovasi dengan teknologi informasi untuk meningkatkan pemasaran produk dan memuaskan pelayanan bagi konsumen. Dapat dikatakan Sew What? Inc telah melakukan suatu bentuk e-commerce, karena Sew What? Inc telah memiliki website, yang dapat digunakan oleh manajemen perusahaan untuk memantau konsumen dalam melakukan pembelanjaan online. Penerapan teknologi yang dilakukan oleh Sew What? Inc dapat dikatakan sebagai strategi keunggulan kompetitif yang dimilikinya, karena website ini dapat diakses oleh konsumen secara menglobal tanpa batasan waktu dan wilayah. Dan dengan adanya website membuat Sew What? Inc mendapatkan penghargaan Stevie Award fo Woman in Business dan SMB 20 Award dari PC Magazine, hal ini membuat manajemen dan seluruh karyawannya merasa tersanjung dan lebih percaya diri untuk bersaing dengan kompetitor.

2. Jika Anda seorang konsultan manajemen untuk Sew What? Inc., apa yang akan Anda sarankan kepada Megan Duckett pada saat ini untuk menjadikan bisnisnya lebih sukses lagi? Apa peran teknologi informasi akan diajukan pada proposal Anda? Berikan beberapa rekomendasi yang spesifik.
Jawab:
Kepada Megan Duckett akan saya sarankan beberapa hal tekait dengan penggunaan tehnology informasi, khususnya, pengelolaan persediaan bahan/kain untuk tirai, agar menjadi lebih efisiensi.
1.      Duckett sebaiknya merancang sistem persediaan yang didasarkan kebutuhan pemakaian berkala (1 atau 2 bulan) untuk pembuatan produk masal, sementara pemakaian bahan atas pesanan, sebaiknya tidak diperlukan persediaan bahan. Dengan suatu penghitungan yang akurat atas kebutuhan pemakaian bahan/kain untuk pembuatan tirai, maka tidak diperlukan lagi gudang yang besar, sehingga mengurangi biaya penyimpanan dan kerusakan bahan, dan akan memperkecil biaya produksi. Sementara gudang yang tidak digunakan bisa menjadi tempat untuk melakukan kegiatan produksi antara lain ruang jahit, dan sebagainya.
2.      Untuk memenuhi kebutuhan bahan/kain bagi kedua jenis produksi, baik massal maupun pesanan, Megan Duckett seharusnya mengikat kontrak dengan penyedia bahan (Supplier), termasuk pihak bank masing-masing, dengan perjanjian yang dapat menjamin ketersediaan bahan yang diperlukan Sew What? Proses pemesanan kepada Supplier juga diupayakan melalui e-sistem (situs, masing-masing Web), termasuk proses pembayaran, dengan menugaskan banknya untuk bertransaksi, sesuai dengan otorisasi Megan Duckett dan Supllier .
3.      Duckett juga sebaiknya merancang sistem pengelolaan dan penyimpanan persediaan menggunakan tehnologi, dan menempatkan komputer di gudang penyimpanan. Pada saat pertama sistem digunakan, dilakukanpenghitungan sisa bahan, untuk dijadikan saldo bahan untuk produksi. Bebera jenis bahan yang bersifat masal, saldonya harus didasarkan uraian nomor satu di atas. Kemudian, bila ada penerimaan bahan/kain dari supplier (setelah diuji kualitasnya), langsung dicatat oleh petugas dalam sistem di komputernya (sehingga tidak menggunakan kertas lagi), sehingga akan terlihat adanya penambahan persediaan ada. Dan berdasarkan permintaan bagian produksi, bahan akan berkurang sesuai dengan yang diminta. sistem penyimpanan persediaan bahan bisa menggunakan sistem “bar code”, sebagaimana yang akan dibangun oleh Deckett.
4.      Agar bisnisnya bertambah sukses, See What? dapat menerapkan e-business dan e-commerce agar kegiatan bisnis berjalan lebih efektif dan efisien dalam memasarkan produknya dan transaksi online. Seperti penerapan Enterprise Resources Planning sebagai bentu e-business yang digunakan untuk merinci sumber daya bisnis yang dimiliki perusahaan dalam proses produksi, pembelian, penjualan, akuntansi secara lebih baik sehingga memudahkan manajemen dalam memutuskan strategi apa yang akan dilakukan oleh perusahaan dalam meningkatkan keuntungannya. Untuk penerapan e-commerce sebaiknya Sew What? Inc bekerja sama dengan bank-bank yang menawarkan kemudahaan transaksi online, sehingga pelayanan Sew What? Inc terhadap konsumen lebih besar. Dan Sew What Inc harus meningkatkan pengendalian internal atau management support system, seperti Management Information System (MIS), Decision Support System dan Executive Information System.
ü  Management Information System menampilkan analisis penjualan, kinerja produksi dan analisis biaya tentunya ini akan membantu manajemen dalam pengambilan keputusan.
ü  Decision Support System untuk menunjang pengambilan keputusan bisnis masa depan sebaiknya dapat ditampilkan ramalan keuntungan dan analisis resiko.
ü  Executive Information System dari MIS dan DSS seharusnya ditampilkan dalam bentuk sistem untuk menganalisis kinerja bisnis, kegiatan kompetitor sebagai dasar kebijakan pengambil keputusan dalam mengembangkan bisnis.

3. Bagaimana penggunaan teknologi informasi dapat membantu bisnis kecil Anda untuk menjadi lebih sukses? Berikan beberapa contoh untuk mendukung jawaban Anda
Jawab:
Penggunaan tehnologi untuk bisnis dapat dilakukan dengan berbagai cara antara lain:
ü  Yang pertama, membuka situs web sendiri, seperti yang dilakukan oleh Sew What, yang secara langsung menawarkan barang/jasa yang akan dijual, memacu proses penjualan lebih baik, adanya kemungkinan dapat pelanggan baru, sehingga menambah jumlah pelanggan. Pembuatan situs akan membutuhkan biaya, antara lain komputer, software pengoperasian komputer,dan jaringan internet. Akan tetapi, kita harus memelihara situs ini dengan selalu meng updatenya.
ü  Yang kedua, memanfaatkan situs web komersial, seperti pemasanga iklan, dengan jangkauan luas, lebih sedikit membutuhkan biaya, karena tidak perlu pemeliharaan situs tersebut
Contoh di Indonesia, perusahaan taxi Blue Bird, yang didirikan tahun1972, dengan armada 25 buah taxi, awalnya masih menggunakan manual, yaitu mencari pelanggan dengan menelusuri jalan, kemudian beberapa tahun kemudian, menggunakan pager, dan terakhir sudah menggunakan tehnology komputer, untuk menyimpan database pelanggan, sehingga bila ada pelanggan yang melakukan pemesanan, dengan menyebut nomor telepon saja, maka data mengenai pelanggan tersebut muncul di layar, sehingga petugas hanya menanyakan : tujuan dan jam penjemputan. Saat ini, Blue Bird menjadi terdepan dalam bidang transportasi darat.
Kasus lain (perusahaan lokal) dimana pemanfaatan teknologi informasi mampu menunjang bisnis di industri skala kecil adalah pemasaran Franchise Kebab Turki Baba Rafi. Kebab Turki Baba Rafi adalah sebuah bisnis makanan cepat saji yang kini semakin dikenal luas. Awal mula Kebab Turki Baba Rafi merupakan wirausaha kecil yang didirikan oleh Hendy Setiono. Bapak Hendy Setiono termasuk dalam deretan enterpreneur muda yang terbaik di tahun 2007 karena dalam waktu singkat, bersama bisnis Kebab Turki Baba Rafi yang dirintisnya kurang dari 5 tahun, Hendy Setiono meraih penghargaan sebagai pengusaha Indonesia yang berprestasi di abad 21. Keberhasilan Hendy Setiono didukung oleh fasilitas Website yang inovatif, didalam website tersebut diberikan macam-macam icon menu yang memudahkan calon-calon pelanggan atau investor untuk melihat segala hal tentang Kebab Turki Baba Rafi. Dengan memanfaatkan teknologi Website, bisnis kecil akan mencapai kesuksesan dengan cepat melalui promosi dengan biaya yang rendah, karena menggunakan fasilitas internet membuat Home Site Kebab Turki Baba Rafi akan dilihat dan dikunjungi oleh banyak pihak, dikarenakan cakupan internet yang luas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar