Senin, 28 Juli 2014

Metric & Multistandard Components Corp: Nilai Bisnis dari Sebuah Jaringan Terkelola Mandiri yang Aman untuk Usaha Kecil dan Menengah


1.      Apa yang menjadi faktor terpenting yang berkontribusi atas keberhasilan MMCC dengan jaringan terkelola mandri yang baru dan aman? Jelaskan alasan menurut pilihan Anda.
Ketika MMCC diaktifkan untuk solusi jaringan baru untuk membantu memahami kebutuhan bisnis mereka dan mencari sistem yang membuatnya lebih mudah untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Mereka membuat garis besar tentang persyaratan mereka terdiri dari keandalan sistem, fleksibilitas atau skalabilitas dari sistem, kekhawatiran keamanan dan biaya yang dilakukan untuk menyebarkan sistem. Ketika mereka yakin tentang apa yang mereka butuhkan mereka mencari pilihan yang tersedia dan mengadopsi satu yang paling efisien untuk organisasi seperti mereka. Faktor-faktor yang membantu MMCC untuk tumbuh dan menjadi sukses adalah:
·         Sistem baru mereka mampu menyediakan konektivitas yang lebih besar dengan keandalan yang lebih tinggi, keamanan dan skalabilitas dalam relatif biaya yang sangat rendah sehingga peningkatan produktivitas dan profitabilitas bisnis.
·         Penggunaan teknologi maju untuk ketersediaan tinggi dan jaringan yang efisien dan manajemen keamanan, yang dapat dioperasikan dengan mudah.
·         Dukungan dari pihak eksekutif perusahaan. Hal ini ditunjukkan dengan persetujuan pihak eksekutif terhadap usulan Bellnier untuk memperbaiki sistem jaringan lama yang banyak masalah dari sisi kecepatan respon terhadap penyediaan informasi layanan kepada para pelanggan mereka.
·         Perencanaan yang matang. Merujuk kepada ahli manajemen, bahwa perencanaan yang baik adalah setengah keberhasilan dari suatu pekerjaan/proyek.
·         Pengenalan jaringan teknologi untuk menghubungkan kantor dan pengguna yang aman untuk memfasilitasi kebijakan ekspansi perusahaan.
·         Manajemen yang tepat dari sistem pendukung untuk meminimalkan penundaan dan kesalahan.

2.      Apa saja beberapa manfaat bisnis dan tantangan dari jaringan terkelola mandiri dan terkelola secara eksternal?
Manfaat sistem jaringan yang terkelola mandiri:
·         Umumnya sistem jaringan yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan perusahaan karena karyawan yang ditugaskan mengerti kebutuhan sistem dalam perusahaan.
·         Biaya pengembangan dan pengelolaanya relatif lebih rendah karena hanya melibatkan pihak perusahaan.
·         Sistem jaringan yang dibutuhkan dapat segera direalisasikan dan dapat segera melakukan perbaikan untuk menyempurnakan sistem tersebut.
·         Sistem jaringan yang dibangun sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan dan dokumentasi yang disertakan lebih lengkap..
·         Mudah untuk melakukan modifikasi dan pemeliharaan (maintenance) terhadap sistem jaringan karena proses pengembangannya dilakukan oleh karyawan perusahaan tersebut.
·         Adanya insentif tambahan bagi karyawan yang diberi tanggung jawab untuk mengembangkan sistem jaringan perusahaan tersebut.
·         Lebih mudah melakukan pengawasan (security access) dan keamanan data lebih terjamin karena hanya melibatkan pihak perusahaan.
·         Sistem jaringan yang dikembangkan dapat diintegrasikan lebih mudah dan lebih baik terhadap sistem yang sudah ada.
Tantangan sistem jaringan yang sistem jaringan yang terkelola mandiri:
·         Keterbatasan jumlah dan tingkat kemampuan SDM yang menguasai teknologi informasi.
·         Pengembangan sistem jaringan membutuhkan waktu yang lama karena konsentrasi karyawan harus terbagi dengan pekerjaan rutin sehari-hari sehingga pelaksanaannya menjadi kurang efektif dan efisien.
·         Perubahan dalam teknologi informasi terjadi secara cepat dan belum tentu perusahaan mampu melakukan adaptasi dengan cepat sehingga ada peluang teknologi yang digunakan kurang canggih (tidak up to date).
·         Membutuhkan waktu untuk pelatihan bagi operator dan programmer sehingga ada konsekuensi biaya yang harus dikeluarkan.
·         Adanya demotivasi dari karyawan ditugaskan untuk mengembangkan sistem informasi/jaringan karena bukan merupakan core competency pekerjaan mereka.
Manfaat sitem jaringan yang dikelola pihak eksternal:
·         Perusahaan dapat mengonsentrasikan diri pada bisnis yang ditangani. Masalah mengenai hardware, sofware, dan maintenance sistem merupakan tanggung jawab pihak vendor.
·         Lebih praktis serta waktu pengembangan sistem relatif lebih cepat, efektif, dan efisisen karena dikerjakan oleh orang yang profesional di bidangnya.
·         Penghematan waktu proses dapat diperoleh karena beberapa outsourcer dapat dipilih untuk bekerja bersama-sama menyediakan jasa ini kepada perusahaan.
·         Dapat membeli partner/provider sesuai anggaran dan kebutuhan.
·         Memudahkan akses pada pasar global jika menggunakan vendor yang mempunyai reputasi baik.
·         Biaya pengembangan sistem informasi dapat disesuaikan dengan anggaran dan kebutuhan perusahaan.
·         Memfasilitasi downsizing sehingga perusahaan tak perlu memikirkan pengurangan pegawai.
Tantangan sitem jaringan yang dikelola pihak eksternal adalah:
·         Terdapat kekhawatiran tentang keamanan sistem jaringan karena adanya peluang penyalahgunaan sistem informasi oleh vendor, misalnya pembajakan atau pembocoran informasi perusahaan.
·         Ada peluang sistem jaringan yang dikembangkan tidak sesuai dengan kebutuhan perusahaan dikarenakan vendor tidak memahami kebutuhan sistem dalam perusahaan tersebut.
·         Transfer knowledge terbatas karena pengembangan sistem informasi sepenuhnya dilakukan oleh vendor.
·         Relatif sulit melakukan perbaikan dan pengembangan sistem jaringan karena pengembangan perangkat lunak dilakukan oleh vendor, sedangkan perusahaan umumnya hanya terlibat sampai rancangan kebutuhan sistem.
·         Dapat terjadi ketergantungan kepada konsultan.
·         Manajemen perusahaan membutuhkan proses pembelajaran yang cukup lama dan perusahaan harus membayar lisensi program yang dibeli sehingga ada konsekuensi biaya tambahan yang dibayarkan.
·         Resiko tidak kembalinya investasi yang telah dikeluarkan apabila terjadi ketidakcocokan sistem jaringan yang dikembangkan.
·         Mengurangi keunggulan kompetitif perusahaan.
·         Perusahaan akan kehilangan kendali terhadap aplikasi yang di-outsource-kan

3.      Jenis manajemen jaringan mana yang akan Anda sarankan untuk digunakan pada perusahaan bisnis kecil ke menengah? Jelaskan alasan atas rekomendasi yang Anda berikan.
Berdasarkan teori yang ada, maka sebaiknya untuk perusahaan kecil-menengah menggunakan LAN atau VPN. Penggunaan WAN lebih tepat digunakan untuk perusahaan-perusahaan besar bahkan perusahaan multinasional. Hal ini dikarenakan penggunaan WAN mencakup wilayah geografis yang sangat luas, lintas negara sehingga membutuhkan sumber daya yang besar pula dari sisi pembangunan dan pengelolaannya, seperti dana, SDM, dan sarana infrastruktur lainnya yang memadai. Adapun penggunaan LAN dapat dilakukan oleh perusahaan kecil-menengah karena meliputi wailayah geografis yang lebih sempit, memiliki pusat data yang lebih tinggi, serta tidak membutuhkan jalur komunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi.
Namun demkian, LAN memiliki kelemahan dari sisi keamanan jaringan dalam hal memantau kinerja internet, intranet, dan ekstranet terkait proses transaksi bisnis dengan stakeholders perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan dapat menggunakan VPN untuk membentuk jaringan yang aman terhadap penggunaan internet, intranet, dan ekstranetnya.
Ada beberapa keuntungan yang dapat diperoleh dengan menggunakan VPN, diantaranya:
·         Jangkauan jaringan lokal yang dimiliki suatu perusahaan akan menjadi luas, sehingga perusahaan dapat mengembangkan bisnisnya di daerah lain.
·         Penggunaaan VPN dapat mereduksi biaya operasional bila dibandingkan dengan penggunaan kabel yang panjang.
·         Penggunaan VPN akan meningkatkan skalabilitas.
·         VPN memberi kemudahan untuk diakses dari mana saja, karena VPN terhubung ke internet.
·         Investasi pada VPN akan memberikan peluang kembalinya investasi tersebut (ROI = return on investment) yang lebih cepat daripada investasi pada kabel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar