Senin, 28 Juli 2014

Kasus 1. Para Pemimpin TI: Perekayasaan Ulang TI Sebagai Suatu Rekanan Bisnis Strategis


1.    Tantangan bisnis dan politik apa yang mungkin terjadi sebagai akibat dari transformasi TI dari dukungan aktivitas para mitra. Gunakan contoh-contoh dari kasus ini untuk mengilustrasikan jawaban Anda.
Transformasi TI membantu perusahaan dalam mengambil keputusan untuk mengimplementasikaan dan mempertahankan keputusannya. Tetapi beberapa tantangan tetap ada seperti tantangan bisnis dan tantagan politik. Tantangan tersebut yaitu:
a.    Tantangan bisnis terdiri dari: tantangan untuk menghasilkan produk dengan efisien dan biaya yang murah, meningkatkan fasilitas penjualan dan pelayanan produk untuk menghasilkan keuntungan terbesar, menciptakan produk dan pelayanan baru, menciptakan kembali model bisnis dan mendesain model bisnis yang berbeda
b.    Tantangan politik berupa perubahan pola kerja tradisional, pengembangan dengan promosi, isu-isu harga dan pajak

2.    Apa implikasi pergeseran pandangan strategis IT terhadap pekerja IT tradisional pekerja dan terhadap lembaga pendidikan yang melatih mereka. Bagaimana seharusnya IT mengubah pandangan, pengetahuan dan keterampilan pekerja untuk masa yang akan datang.
Impilikasinya adalah bahwa seiring dengan perubahan waktu, pekerja IT seharusnya tidak hanya mengetahui informasi teknologi tetapi juga harus mengetahui semua aspek perusahaan. Untuk mempertahankan karirnya, pekerja tradisional harus mengembangkan kemampuannya belajar mengenai setiap segmen perusahaan dimana IT ada dan harus mempersiapkan diri untuk membuat penyediaan IT terbaik dalam pembuatan keputusan manajemen dan strategik. IT tidak hanya berupa teknis, manajerial dan fungsi operasional, sehingga pekerja seharusnya bertanggungjawab ke depan terhadap perusahaan dan setiap aspeknya.
Di masa depan pekerja IT harus mempunyai kemampuan untuk menemukan ide yang kreatif dan strategi-strategi agar pengoperasian dan pertumbuhan perusahaan oleh penggunaan IT lebih efektif dan efisien. Sehingga diharapkan intitusi pendidikan dapat melatih calon pekerja dalam meningkatkan kemampuan teknologi dan manajerial setiap individu calon pekerja IT serta mengajarkan untuk menganalisis IT pada setiap aspek perusahaan.

3.    Seberapa jauh Anda setuju dengan ide bahwa teknologi tertanam di hampir semua perusahaan tidak? Memberikan contoh, selain yang termasuk dalam kasus ini, perkenalan produk terbaru yang tidak mungkin terjadi tanpa ketergantungan pada TI.
Saya setuju karena setiap perusahaan mengumpulkan informasi, menjaga informasi tersebut dan menggunakan informasi yang ada pada saat dibutuhkan. Mulai dari telepon sebagai media sederhana hingga media yang canggih disebut dengan IT.  Setiap aspek perusahaan menggunakan IT untuk membuat rekaman yang sistematis dan akurat. Dari produksi hingga marketing  dan penjualan, pelayanan IT sangat penting pada perusahaan bisnis sekarang ini dan IT hamper digunakan di seluruh aspek perusahaan.
Contohnya “Kumari Bank”  yang telah meluncurkan paket layanan baru berupa “mobile cash”Pelanggan dapat menggunakan layanan ini untuk membeli dan membayar hanya melalui ponsel dan perusahaan mempertahankan jaringan yang tinggi dari informasi teknologi ini untuk memfasilitasi transaksi. Ide dan ketersediaan layanan ini disediakan oleh bank berdasarkan pada teknologi informasi. Tanpa teknologi informasi layanan ini tidak dapat digunakan dan disampaikan ke customer.

Kasus 2. Apple, Microsoft, IBM, dan Lain-lain: Era Layar Sentuh
1.    Keuntungan apa yang diperoleh hotel Starwood dari pengenalan teknologi layar sentuh, seperti yang dicatat dari kasus ini? apa gangguan yang mungkin terjadi sebagai hasilnya? berikan masing-masing beberapa contoh.
1. Benefit pada Hotel Starwood dengan pengenalan teknologi layar sentuh pada kasus 4 ini :
Penggunaan teknologi layar sentuh merupakan suatu prestise dari sebuah Hotel, sama seperti Hotel-hotel lainnya seperti Hotel Sheraton, W, Westin, dan Meriden. Target awal adalah untuk mengisi waktu senggang, media hiburan dan menyediakan applikasi penjualan produk.
2. Benefit yang lain adalah berdampak langsung ke tamu Hotel, memudahkan tamu hotel mendapatkan informasi yang bernilai dari layar computer/layar sentuh di Lobi dan mengakses dan memanfaatkan map/peta, melihat photo-photo, mendapatkan informasi menu restoran dan informasi teater yang ada di hotel tersebut.
3. Layar sentuh ini memiliki kemudahan kesesuaian dengan posisi badan (lebih ergonomic) untuk mengoperasikan layar sentuh, hanya dengan mengunakan tangan dan jari-jari untuk menggerakan di layar sentuh. Dengan teknologi ini orang tidak perlu duduk dan mengunakan mouse, namun dengan layar sentuh bisa dengan mudah dioperasikan karena hanya 2 tangan dan menyentuh dengan jari-jari.

2.    Bill Buxton dari Microsoft menyatakan bahwa “Saat ini, sentuhan mungkin ada di tempat yang sama”seperti saat tetikus di tahun 1983” Bagaimana menurut anda atas komentarnya, dan menurut anda apa yang diambil dari teknologi  sentuhan untuk menggantikan WIMP yang bertatap muka? berikan alasan dari jawaban anda.
Bill Buxton dari Microsoft menyatakan : bahwa penemuan layar sentuh sama dengan pada saat penemuan mouse pada tahun 1983. Pernyataanya relative benar, karena pada jaman mouse akan memudahkan mengoperasikan applikasi , namun pada saat itu belum banyak dukungan dari applikasi pada saat itu. Dengan temuan layar sentuh, maka memudahkan juga mengoperasikan dari dengan dukungan banyak applikasi, lebih kelihatan pengaruhnya pada saat ini. Memang kebetulan saat ini masih pada tahap lifcycle produk layar sentuh. Dengan layar sentuh akan memudahkan orang mengoperasikan computer, dengan WIMP system, yang mengunakan personal computer tergantikan oleh computer yang layar sentuh yang lebih simple dan ramah mengoperasikan, mendukung posisi tubuh, bisa pada saat berdiri dan duduk, sementara system WIMP, harus menyediakan mouse, meja, hardware yang cukup besar dan memakan tempat .

3.    Apakah teknologi layar sentuh yang telh maju menjadi solusi dalam menelusuri maslaah? apakah anda setuju dengan pernyataan ini?
Tidak setuju : karena pada dasarnya layar sentuh hanya memudahkan mengoperasikan vitur-vitur yang tersedia pada software, dan dioperasikan melalui layar sentuh. Memudahkan mengakses data dan informasi pada alat. Memang dengan mengoperasikan layar sentuh ini, akan membantu untuk melakukan pengecekan posisi barang (jika diaplikasikan pada gudang atau toko) yang menyimpan suatu produk dialamat tertentu (code tertentu). Secara prinsip layar sentuh bukan mencari solusi sebuah masalah, walaupun teknologi ini menjadi salah satu solusi dan terobosan baru melakukan pengembangan teknologi memudahkan kinerja orang. Secara tidak langsung bisa menjadi dasar untuk mencari solusi dalam hal pengembangan suatu capability atau functionality dari layar sentuh yang salah satu quality dari perkembangan teknologi informasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar