Senin, 28 Juli 2014

KitchenAid dan Royal Bank Kanada: Apakah Anda Membiarkan Merek Dagang Anda Online dengan Sendirinya?


1.      Meninjau pola belanja online Anda sendiri. Berapa besar pengaruh Anda dalam menempatkan adanya nama atau logo atau merk dagang (seperti The KitchenAid Silhouette) di situs Web ketika melakukan pembelian barang atau jasa? Apa Anda pernah mempertimbangkan apakah Anda mungkin telah disesatkan? Bagaimana Anda bisa tahu perbedaannya?
Jawaban :
Adapun pola belanja online saya, nama merek atau logo memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap pembelian produk. Trademark dan merk akan memberi saya rasa aman dan kepercayaan dalam pembelian saya. Merek yang baik berarti produk yang bagus dan otomatis saya lebih memilih membeli produk bermerek daripada yang tidak bermerek. Saya selalu mengkonfirmasi dengan mencari logo asli dan merek dagang terdaftar dan orisinalitas informasi sebelum membeli sesuatu secara online, saya memeriksa keaslian dari informasi mengenai produk dan reputasi dari situs belanja yang saya gunakan. saya akan memeriksa latarbelakang perusahaan terlebih dahulu, memeriksa di beberapa search engine apa ada review negatif terhadap perusahaan tersebut, membaca dengan seksama review tersebut apakah hanya bersifat menjatuhkan perusahaan yang dilakukan oleh pihak-pihak tertentu atau perusahaan tersebut benar melakukan penipuan, kemudian melihat dulu komentar-komentar, testimonial, dan juga kesan konsumen yang pernah melakukan pembelian secara online di perusahaan tersebut.

2.      Brian Maynard dari KitchenAid mencatat bahwa pengembangan internet mengubah masalah pada brand policing. Apa saja perubahan ini? Tantangan baru apa yang dapat Anda pikirkan yang tidak ada dalam dunia pra-online? Berikan beberapa contoh.
Jawaban :
Internet telah membuat lebih mudah untuk melihat profil organisasi dan informasi di seluruh dunia. Di mana saja di dunia ada orang yang dapat melihat dan mengunduh logo perusahaan, merek dagang atau apa pun dan menggunakan sendiri. Sebelumnya, internet bukan untuk jangkauan setiap orang jadi masalah utama adalah tentang memiliki pengguna yang sangat berbeda dan sangat sedikit sedangkan hari ini masalah dengan internet berbeda. Hari ini telah berubah menjadi:
·         Banyaknya penipuan di dunia maya, membuat kepercayaan konsumen akan peluang usaha online masih kurang. Penipuan yg sering terjadi yaitu uang sudah dibayarkan namun produk tidak dikirimkan, atau kualitas produk tidak sesuai dgn gambar yg ditampilkan.
·         Persaingan bisnis online yg sangat tinggi. Kemajuan teknologi, mendukung sebagian besar orang memasarkan produknya melalui internet. Jadi bisa dipastikan persaingannya sangat ketat, lihat saja peluang bisnis toko online, reseller produk, atau affiliate yg sudah dijalankan ribuan orang di berbagai negara.
·         Kendala koneksi internet. Bagi pelaku bisnis online kota, mungkin koneksi internet bukan menjadi kendala. Namun bagi rekan-rekan yg tinggal di daerah pinggiran, koneksi internet masih sangat terbatas.
·        Terbatasnya pengetahuan tentang bisnis online. Banyak orang yg ikut-ikutan menjalankan bisnis affiliate atau membuka toko online, namun dia tidak mengetahui apa saja yg harus dilakukan untuk menunjang kesuksesan bisnisnya. Sehingga bisnis online yg dijalankan, hasilnya juga tidak optimal.

3. Perusahaan-perusahaan yang disebutkan dalam kasus ini (misalnya : KitchenAid, RBC, Disney, dan Coke) yang sukses dan memiliki pengakuan brand yang jauh lebih kuat sebelum munculnya Internet. Apakah menurut Anda perusahaan tersebut tidak menghadapi masalah yang sama dengan perusahaan online lainnya? Berikan alasan untuk jawaban Anda.
Jawaban :
Perusahaan yang dibahas dalam kasus perusahaan yang telah sukses dengan nama merek yang sangat kuat dan reputasi. Perusahaan tersebut jauh lebih tua dari internet itu sendiri . Setelah internet datang mereka juga telah mendapatkan manfaat dari penggunaannya untuk membuat merek mereka jauh lebih kuat namun seiring dengan itu mereka juga memiliki masalah dengan penggunaan yang tidak sah dari merek mereka dan logo mereka dengan banyak orang dan situs. Mereka menemukan bahwa merek mereka telah digunakan, mereka bahkan tidak tahu tentang hal tersebut. Selain itu ada beberapa masalah lain bahwa pertemuan organisasi karena internet dan pelanggaran hukum cyber. Sebagai contoh, link dari situs terkenal ke situs tidak etis, penggunaan merek mereka untuk mempromosikan penyebab ilegal dan menyampaikan informasi yang salah dan pesan. Perusahaan melakukan berbagai macam upaya untuk melindungi brand, logo maupun merk dagang perusahaan mereka, salah satunya dengan BrandProtect menggunakan platform teknologi yang berfungsi seperti laba-laba raksasa, pemetaan Web, dan menggindentifikasi apa yang terjadi pada relung yang paling gelap. Teknologi pemetaan dikombinasikan dengan komponen analisis filter dan manusia yang diidentifikasikan dan kembali kepada klien untuk menindaklanjuti kegiatan penyalahgunaan yang dapat mempengaruhi identitas perusahaan mereka. BrandProtect dapat menyelesaikan pelanggaran dari phishing untuk pemalsuan, penylahgunaan logo perusahaan dan merk dagang, pelanggaran domain, dan blogging karyawan tentang rahasia perdagangan perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar