Senin, 28 Juli 2014

Kasus OHSU, Sony, Novartis, dan Lain-Lain: Sistem Informasi Strategis


1.      Apa manfaat bisnis dari beberapa teknologi yang dijelaskan dalam kasus ini? Berikan beberapa contoh terkait otomatisasi transaksi berorientasi pada proses.
Beberapa manfaat bisnis dari teknologi HRM dalam kasus tersebut dijelaskan sebagai berikut:
1)      Jauh lebih cepat (efektif) dan efisiensi biaya seperti yang digambarkan dalam kasus ini, dengan menggunakan teknologi HRM yaitu dengan menggunakan perangkat lunak iRecruitment Oracle Corp,OHSU dapat membuka lowongan pekerjaan lebih cepat dua minggu lebih cepat dibandingkan sebelumnya dan setidaknya dapat menghemat $ 1.500 per pekerjaan.
2)      Membuat proses perekrutan dan kontrak karyawan lebih mudah. Sebagaimana    dijelaskan dalam kasusSony Computer Entertainment America Inc dengan menggunakan perangkat lunak WorkforceLogic dimana aplikasi tersebut dapat memberikan rekomendasi kepada manajer setelah menjawab serangkaian pertanyaan apakah suatu posisi paling baik diisi oleh tenaga kontraktor atau karyawan dengan system gaji. 
3)      Melacak kinerja karyawan dan promosi yang objektif serta perencanaan suksesi  seperti dijelaskan dalamkasus Tyoco International Ltd menggunakan perangkat lunak CareerTracker Kenexa yang bisa memplot kinerja karyawan pada grafik untuk mengidentifikasi prestasi kerja dan memenuhi kepemimpinan standar perilaku Tyco dan bisa menemukan orang-orang terbaik untuk mengisi lowongan pekerjaan kunci serta menganalisis pelatihan apa yang mereka butuhkan.
4)      Mengatur penjadwalan jam kerja dan manajemen kompensasi seperti dijelaskan dalam kasus di Pusat Kesehatan Banner dengan menggunakan aplikasi Kronos. 

2.      Apakah menurut Anda nilai bisnis dari aplikasi HRM strategis tergantung pada jenis bisnis sebuah perusahaan, misalnya, jasa konsultasi, manufaktur, atau profesional?  Mengapa atau mengapa tidak? Jelaskan!.
Menurut saya setiap sifat yang berbeda dari organisasi memiliki pola kerja yang berbeda. Mereka berfungsi secara berbeda dan mereka mengelola sumber daya mereka secara berbeda.  Tetapi hal utama dalammanajemen adalah sama dalam semua organisasi yaitu bagaimana mereka berhubungan satu sama lain. Teknologi yang digunakan dalam Manajemen Sumber Daya Manusia  yang bekerja di sebuah lembaga pendidikan mungkin tidak cocok diterapkan di manufaktur begitu pula sebaliknya bahkan satu lembaga pendidikan dengan lembaga pendidikan yang lainnya mungkin saja berbeda sehingga setiap perusahaan harus mengidentifikasi kebutuhan mereka masing-masing yang disesuaikan dengan tujuan perusahaan masing-masing. Sistem Informasi dalam Manajemen Sumber Daya Manusia melihat manusia  sebagai asset organisasi dan memanfaatkan mereka untuk mencapai tujuan bisnis seperti peningkatan penjualan, profitabilitas dan kepuasan pelanggan. Untuk mendapatkan hasil yang optimal system yang digunakan harus diintegrasikan dengan seluruh system informasi yang ada dalam suatu organisasi.

3.      Apa saja tantangan dan hambatan dalam mengembangkan dan melaksanakan sistem HRM?  Strategi apa yang akan Anda rekomendasikan bagi perusahaan untuk memenuhi tantangan? berikan rekomendasi yang spesifik!
Tantangan dan hambatan dalam mengembangkan dan melaksanakan sistem HRM adalah sebagai berikut:
1)      Perlu diintegrasikan.  
Hanya menerapkan teknologi MSDM dalam sebuah organisasi tidak cukup, teknologi tersebut perlu diintegrasikan, dengan data yang disimpan dalam repositori umum, untuk mendapatkan nilai optimal dari itu. Dan pekerjaan ini tidak begitu mudah untuk dilakukan.
2)      Mengimplementasikan pada semua departemen. 
Ada kemungkinan perpecahan antara departemen perusahaan yang berbeda, tetapi harus diimplementasikan di seluruh unit bisnis untuk menjalankan berbagai fungsi. Mempertahankan keseragaman penggunaan di antara berbagai departemen adalah hal yangmenantang.
3)      Memakan waktu
 Hal ini sangat memakan waktu, karena ini membutuhkan mungkin lebih dari 5 tahun untuk mengubah keseluruhan sistem.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar