Senin, 28 Juli 2014

Critical Review "Exploring the Effects of Inflation on Financial Statements through Ratio Analysis"


Judul               : Exploring the Effects of Inflation on Financial Statements
   through Ratio Analysis
Penulis             : Cenap Ilter
Publikasi          : International Journal of Business and Social Science
                           Vol. 3 No. 13; July 2012
Reviewer         : Kelompok 5 (Nur Tanio, Saidah, Sri Hidayati, Sulkarnaim)

Review
Inflasi telah mempengaruhi banyak negara selama bertahun-tahun. Ini adalah masalah yang berlanjut di tahun 1980-an. Seperti yang diatur dalam IAS 29 standar, laporan keuangan harus disajikan kembali dibersihkan dari dampak inflasi, jika tiga tahun terakhir `inflasi  kumulatif ekonomi adalah mendekati atau melebihi 100%.  Tujuan dari IAS 29 adalah untuk menetapkan standar khusus untuk perusahaan pelaporan dalam mata uang dari ekonomi hyperinflationary, sehingga informasi keuangan yang diberikan menjadi sangat berarti. Michael K. Salemi, dalam artikelnya yang berjudul Hyperinflation, mengatakan bahwa-Akibatnya, inflasi adalah bentuk perpajakan  yang menjadi keuntungan pemerintah dengan mengorbankan orang-orang yang memegang uang sementara nilainya menurun.
kebijakan perpajakan terletak pada akar dari argumen untuk memperkenalkan metode akuntansi inflasi, kecuali terdapat beberapa modifikasi untuk metode ini menghitung penghasilan kena pajak yang akan membawa efek rekening dari daya beli depresiasi uang, maka persetujuan Pemerintah menghilang. Ketika perusahaan mulai menerapkan aturan akuntansi inflasi, angka-angka berikut cenderung berubah: Penjualan mulai meningkat sebagai penjualan setiap bulan `s disajikan kembali (dibawa ke daya beli) pada tanggal 31 Desember, dan juga semua unsur laporan laba rugi seperti COGS disajikan kembali dengan daya beli pada tanggal 31 Desember. Jumlah aset dan ekuitas menunjukkan kecenderungan meningkat karena mencakup item non moneter seperti persediaan dan aktiva tetap, modal disetor yang disajikan kembali dengan daya beli pada tanggal 31 Desember. Aktiva lancar sedikit meningkat karena persediaan menjadi aset non moneter. Jika kita melihat rasio, rasio tersebut berasal dari aset dan kewajiban moneter tidak menunjukkan berubah karena mereka tidak termasuk aset moneter non atau kewajiban. Bekerja rasio modal meningkat sedikit karena dimasukkannya persediaan pada nominator tersebut. Berikut beberapa cara untuk mengurangi dampak negatif dari inflasi pada keuangan:
1.      Menjaga posisi moneter neto serendah mungkin
2.      Mulailah menghitung efek kerugian moneter pada keuangan meskipun tidak diperlukan sesuai IAS 29
3.      Mendidik karyawan mengenai efek dari nilai waktu dari uang dan inflasi.

Critic
SSAP 16 memiliki keunggulan dalam mengatasi pengaruh inflasi. Sejalan dengan persediaan dan aktiva tetapnya, suatu perusahaan perlu meningkatkan modal kerja dalam nilai nominal bersih untuk mempertahankan kemampuan operasinya dengan harga yang semakin meningkat. Perusahaan juga akan mendapatkan manfaat dari penggunaan utang selama masa inflasi. Tujuan akuntansi inflasi adalah untuk mengukur kinerja suatu perusahaan dan memungkinkan setiap orang yang tertarik untuk mengukur jumlah, waktu, dan kemungkinan arus kas masa depan.
Suatu perusahaan dapat mengukur penguasaannya terhadap barang dan jasa tertentu dengan menggunakan indeks untuk mengukur keuntungan dan kerugian moneter. Karena tidak seluruh perusahaan dapat menyusun indeks harga beli yang khusus untuk perusahaan itu,pendekatan di Inggris merupakan alternatif praktis yang baik. Ketimbang mengungkapkan mekanisme penyesuaian (atau sejenisnya),kami lebih suka untuk memperlakukannya sebagai pengurangan dari penyesuaian biaya kini untuk depresiasi, harga pokok penjualan dan modal kerja moneter. Pembebanan biaya kini dari penyajian ulang laba biaya historis selama masa inflasi akan terhapuskan dengan pengurangan beban jasa utang yang digunakan untuk mendanai pos-pos operasi tersebut.

Sedangkan unruk Akuntansi Untuk Inflasi Luar Negeri  Sajikan ulang laporan keuangan seluiruh anak perusahaan,baik domestik secara spesifik maupun asing,dan laporan induk perusahaan untuk mencerminkan perubahan dalam harga spesifik (sebagai contoh biaya kini). Translasikan akun-akun seluruh anak perusahaan di luar negeri ke dalam nilai ekuivalen mata uang domestik dengan menggunakan suatu nilai konstan (yaitu kurs valuta asing pada tahun dasar atau tahun sekarang). Gunakanlah indeks harga spesifik yang relevan dengan apa yang dikonsumsi oleh prusahaan dalam menghitung keuntungan atau kerugian moneter. Sudut pandang induk perusahaan memerlukan indeks harga domestik; sudut pandang perusahaan lokal memerlukan indeks harga lokal. Menyajikan ulang baik akun-akun perusahaan luar negeri dan domestik menjadi ekuivalen harga kini akan menghasilkan informasi yang relevan dengan keputusan. Informasi ini memberikan kesempatan kepada investor untuk memperoleh informasi sebanyak mungkin yang menyangkut dividen masa depan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar