Senin, 28 Juli 2014

WOLF PEAK INTERNATIONAL: KEGAGALAN DAN KESUKSESAN DALAM APLIKASI PERANGKAT LUNAK UNTUK PERUSAHAAN KECIL DAN MENENGAH


Apa permasalahan yang terjadi ketika Wolf Peak meng-upgrade dari  QuickBooks  menjadi  paket perangkat lunak akuntansi baru? Bagaimana masalah tersebut dapat diselesaikan?
Wolf Peak Internasional menggunakan paket akuntansi untuk menggantikan QuickBooks dalam rangka untuk membuat proses lebih mudah dan sistematis, akan tetapi karena keputusan yang mereka ambil tidak tepat dan tidak fokus mengenai paket yang mereka ambil, maka mereka membuat keputusan yang salah.
Mereka memiliki beberapa masalah karena implementasi software ini, antara lain:
·         Sangat rumit dan sulit untuk dipelajari, tidak mudah untuk digunakan oleh pemakai.
·         Tidak efektif dalam hal waktu.
·         Sangat mahal
Dalam rangka mengatasi masalah ini, saya pikir hal pertama yang mereka bisa lakukan adalah, mereka bisa memutuskan untuk memilih perangkat lunak setelah mereka memastikan tentang perlunya akuntansi dalam suatu organisasi dari diskusi secara detail dan saran dari ahli. Hal ini sangat penting untuk mengetahui apa yang anda gunakan untuk membuat yang terbaik, sehingga pertama kali mereka harus memahami fungsi dari perangkat lunak tersebut dan mudah digunakan bagi semua orang, sehingga tidak akan terjadi lagi salah pengambilan keputusan. Mereka bisa mengembangkan kerangka waktu dengan alur dan pola yang jelas sehingga tidak akan menghabiskan waktu untuk pengambilan keputusan.

Mengapa SAP Business One terbukti menjadi pilihan yang lebih baik untuk manajemen Wolf Peakdibandingkan dengan software akuntansi baru? Berikan beberapa contoh untuk mengilustrasikan jawaban Anda.
SAP Business One Sebagai perangkat lunak akuntansi baru yang menggantikan QuickBooks, merupakan perangkat yang sulit digunakan, sulit untuk mendapatkan informasi yang tepat waktu dan juga merupakan perangkat yang lebih canggih. Wolf Peak memutuskan untuk mengganti perangkat lunak akuntansi baru dengan perangkat lunak SAP Business One. SAP Business One merupakan paket perangkat lunak manajemen bisnis terpadu yang dirancang khusus untuk perusahaan kecil-menengah seperti Wolf Peak. Aplikasi ini secara otomatis beroperasi termasuk penjualan, keuangan, pembelian, persediaan, dan memproduksi. Keterjangkauan yang relatif menjanjikan tingkat pengembalian investasi yang cepat, dan kemudahan yang berarti pengguna memiliki kekonsistenan, intuitif terhadap lingkungan sehingga mereka dapat belajar dengan cepat dan efektif.
Manfaat dari SAP Business One jauh melebihi biaya dan waktu yang telah diinvestasikan dalam sistem perangkat lunak. Dengan Bisnis satu mereka dapat melakukan tugas yang sebelumnya akuntansi tidak dapat lakukan. Manajemen Wolf Peak juga mulai menggunakan manajemen hubungan pelanggan (customer relationship management) yang berarti memiliki fungsionalitas dalam Business One.

Apakah SME harus menggunakan perangkat lunak yang terintegrasi seperti SAP Business Onekhususnya pada bidang akuntansi dan perangkat lunak bisnis lainnya? Jelaskan jawaban anda!
Bisnis yang berbeda memiliki pola yang berbeda untuk berfungsi dan memiliki beberapa proses dalam melakukan sesuatu. Jadi efektivitas ditentukan oleh kemampuannya untuk membuat fungsi yang lebih sistematis dan efisien. Seperti SAP Business One yang membantu fungsi lain seperti manajemen hubungan pelanggan bukan hanya akuntansi. Dalam Business One, alat seperti alat pengguna Reporter XL dapat menyiapkan laporan pada waktu cepat. Business One mencakup pelaporan terpadu dan alat analisis keuangan yang disebut XL Reporter yang bekerja dengan Microsoft Excel untuk menyediakan akses cepat menuju data keuangan dan operasional. Data laporan ini diambil dari berbagai sumber termasuk buku besar, piutang, hutang, penjualan, pembelian, dan perangkat lunak persediaan. Business One sangat mudah dioperasikan. Bahkan orang-orang yang tidak paham tentang pemrograman dapat masuk dan membuat dokumen-dokumen yang mereka butuhkan dalam batas-batas otorisasi mereka. Program seperti XL Reporter membiarkan pengguna untuk membangun laporan, laporan perkembangan saat ini, dan kemudian bekerja dalam Microsoft Excel. Hal itu sangat berharga bagi perusahaan. Tapi SAP Business One mungkin pilihan terbaik untuk Wolf Peak internasional tetapi saya kira hal itu tidak akan tepat untuk setiap SME, karena organisasi yang berbeda memiliki cara yang berbeda dalam melakukan sesuatu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar