Senin, 28 Juli 2014

Kasus 2. Reinsurance Group of America dan Fonterra: Menuju Operasi Global Terpadu


1.    Apakah nilai bisnis dari pengembangan sistem global untuk perusahaan yang disebutkan dalam kasus ini? Bagaimana mereka mencapai manfaat ini? Apakah hambatan utama yang harus mereka atasi?
Jawaban
Nilai bisnis dari perkembangan sistem global untuk perusahaan yang disebutkan dalam kasus ini sangat besar. Dalam kasus RGA, karyawan dapat menganalisis data oleh klien, kontrak, dan produk dan dapat menemukan kesalahan klien yang sangat mudah. Hal ini telah dimungkinkan karena data tidak disimpan di satu tempat. Hal ini sangat penting untuk mendukung bisnis reasuransi. Ini telah membuatnya menjadi mudah untuk mengelola bisnis reasuransi. Perkembangan sistem global membantu RGA validasi data dan kualitas data. Hal ini memungkinkan analisis risiko yang lebih baik, dan analisis retensi menyebabkan keuntungan yang lebih besar. Demikian pula dalam kasus Fonterra peningkatan bisnis Fonterra yang meliputi empat juta sapi yang menghasilkan 200 milliar liter susu setiap tahun. Hambatan yang dihadapi antara lain Penyesuaian yang dilakukukan perusahaan terhadap sistem yang baru dipasang ataupun perbedaan terminologi yang digunakan di berbagai kantor.
2.    Apakah kelebihan dan kekurangan dari pendekatan dorongan penuh dibandingkan dengan bertahap untuk mengimplementasikan sistem secara general, dan khususnya secara global? Bagaimana cara Anda membuat keputusan mengenai jalan mana yang Anda pilih?
Jawaban
Pendekatan dorongan penuh menurut saya dapat menghemat waktu dan biaya, namun risiko yang timbul dari pendekatan ini sangat besar karena bisa saja sistem yang akan diimplementasikan tidak sesuai dengan perusahaan kita, maka saya lebih memilih Mengimplementasikan sistem yang baru secara bertahap yang akan lebih mengurangi resiko yang timbul akibat dari pergantian sistem, walaupun dalam penyesuaian itu dibutuhkan waktu yang tak sedikit untuk mengimplementasikan sistem yang baru secara penuh dan menyeluruh. Pengembangan sistem informasi yang baru dan pengimplementasiannya yang tepat dan dapat diterapkan sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh perusahaan merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan, karena dengan mengganti sistem yang lama ke sistem yang baru menjadikan sebuah perusahaan dapat meningkatkan daya saing dengan para pesaingnya dibidang yang sama sehingga ini akan berakibat pada meningkatnya laba yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut  
3.    Seberapa pentingkah seluruh unit dalam organisasi global berbicara dalam bahasa bisnis yang sama dan menggunakan fungsi dan proses bisnis yang sama? Bagaimana Anda menyeimbangkan kebutuhan berkompetisi untuk fleksibilitas dan konsistensi di seluruh operasi?
Jawaban
Perusahaan adalah suatu unit usaha yang mempunyai salah satu tujuan untuk mendapatkan keuntungan atau laba. Untuk mencapai tujuan tersebut perlu kerja sama antara pihak manajemen dan karyawan. Karyawan adalah tulang punggung dari perusahaan yang akan melakukan berbagai kegiatan dalam menjalankan perusahaan. Kegiatan itu diantaranya adalah kegiatan produksi. Semakin banyak kesamaan  dalam fungsi dan proses bisnis, makai suatu perusahaan semakin berkualitas.Adanya perbedaan dalam bahasa bisnis, fungsi maupun proses bisnis dalam perusahaan, akan menimbulkan pertentangan internal yang dapat mengganggu proses produksi yang akan berdampak pada menurunnya profit yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar