Senin, 28 Juli 2014

Critical Review Jurnal "Pemeriksaan Keuangan Negara Berbasis Teknologi Informasi: Implementasi E-Audit Pada Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia"


Judul               : Pemeriksaan Keuangan Negara Berbasis Teknologi Informasi:
  Implementasi E-Audit Pada Badan Pemeriksa Keuangan
  Republik  Indonesia
Penulis             : Arie Pratama
Publikasi          : JURNAL  AKUNTANSI DAN KEUANGAN /Vol. VIII No. 2
  Juli-Desember 2013
Reviewer         : Sri Hidayati/10800111122

Review
E-Audit adalah bentuk pemeriksaan keuangan negara berbasis teknologi informasi yang dikembangkan oleh BPK sebagai upaya memaksimalkan kinerja dalam rangka memudahkan memperoleh data yang cepat dan akurat dari auditee selain itu, e-Audit juga dilaksanakan untuk mewujudkan akuntabilitas, profesionalisme, serta keterbukaan dalam pembuatan laporan keuangan.
Pengembangan e-Audit dilakukan dalam tahapan tertentu dan memiliki 4 komponen, diantaranya: Sistem informasi Internal BPK, Pusat Data BPK, Pusat Akses dan Analisa BPK, dan Portal e-audit BPK.
·         Sistem informasi internal adalah sistem komputerisasi proses bisnis  BPK-RI  yang  meliputi  Sistem  Informasi  SDM,  Sistem  Informasi  Keuangan,  Sistem  Informasi  BMN,  Database  Entitas  Pemeriksaan  dan  Sistem  Manajemen Pemeriksaan
·         Pusat  Data  BPK  merupakan  perangkat  sistem  penyimpan  data  non operasional yang dibangun oleh Biro TI untuk digunakan dalam membantu  proses  perencanaan  pemeriksaan.
·         Secara fisik Command Center akan  berupa  sebuah  ruangan  eksklusif  yang  di  dalamnya  terdapat  beberapa dedicated workstation yang dapat melakukan akses data auditee secara online.
·         Auditee  dapat  melakukan  akses,  secara  terbatas  sesuai  kewenangannya, terhadap data yang dihasilkan oleh e-BPK melalui portal ekstranet (e-audite).
Namun pemeriksaan keuangan BPK tetap mengikuti standar auditing  sesuai  yang  dikemukakan  oleh  Arens, tahapan ini meliputi perencanaan, pelaksanaan pengujian, dan pelaporan hasil  pemeriksaan. Pemeriksaan  berbasis  e-audit  dilaksanakan pada  tahap  pelaksanaan pada langkah  pengujian  substantif  atas data  yang  diperoleh  melalui  Pusat. Pengujian ini dapat dilakukan dengan 2 pendekatan yaitu pengujiam intra-entitas  dan pengujian antar-entitas.

Critic
Berdasarkan jurnal tersebut telah dijelaskan apa itu e-auditing, Pengembangan e-Audit, komponen. serta tahapan pemeriksaan keuangan oleh BPK,namun tidak ada informasi mengenai SDM (Sumber Daya Manusia) yang menjalankan electronic audit itu sendiri. menuru saya, kunci dari keberhasilan e-audit ini terletak pada SDM nya. Apakah para pengguna e-audit ini mampu untuk mengaplikasikan progran-progran pemeriksaan secara baik dan bijak. Seperti yang diketahui bahwa seiring berkembangnya teknologi dalam audit, banyak oknum-oknum kurang bertanggung jawab yang berusaha mencuri infornasi. Hal ini tentu dapat dihindari jika para auditor diberikan bekal keahlian yang cukup.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar