Senin, 28 Juli 2014

Kasus 1 Forrester, NMSU, Exante Financial Service, dan Lain-Lain:Mewujudkan Perencanaan Strategis


1.        Pertimbangkanlah pernyataan yang dibuat dalam kasus mengenai bisnis seringkali tidak memiliki strategi bisnis menyeluruh yang dapat berperan sebagai panduan untuk pengembangan dari sebuah strategi bagi TI. Bagaimana mungkin perusahaan melewatinya tanpa beberapa petunjuk yang stabil dan jelas? Dari hal itu, apa yang Anda ketahui mengenai bisnis dan lingkungan industri kegiatan operasional itu?
Jawaban
Menurut saya, Dalam pengembangan strategi teknologi informasi bagi bisnis. diperlukan seorang pemimpin yang mengerti kebutuhan suatu perusahaan dan mampu mengkomunikasikan hubungan antara bisnis dan teknologi informasi tersebut kepada seluruh staf perusahaan. Untuk pengembangan strategi TI yang baik, hendaknya berpedoman kepada perencanaan strategis yang berhadapan dengan pengembangan dari suatu misi organisasi, keberhasilan, strategi, kebijakan. Kerjasama dimulai dengan proses  mengembangkan visi bersama,  menggunakan berbagai teknik, mencakup pembentukan regu, memperagakan skenario, dan latihan konsensus. Sesi Perencanaan Regu sering meliputi strategis visi dan pertanyaan. Perencanaan taktis melibatkan penetapan sasaran dan pengembangan prosedur, aturan, jadwal, dan anggaran. Perencanaan operasional dilaksanakan atas basis jangka pendek untuk menerapkan dan mengendalikan operasi sehari-hari. Contoh adalah perencanaan proyek dan produksi perencanaan.

2.       Dave Aron dari Gartner mencatat bahwa dalam beberapa kasus, tidak adanya strategi bisnis yang jelas memberikan kesempatan bagi pemimpin TI untuk ikut terlibat dalam membantu menetapkan strategi bisnis, dan peran TI dalam strategi baru tersebut. Hal ini tampak bagus bagi orang-orang yang bekerja dalam TI. Apakah kelemahan berada dalam situasi ini?
Jawaban
Dave Aron dari Gartner mencatat bahwa dalam beberapa kasus, tidak adanya strategi bisnis yang jelas memberikan kesempatan bagi pemimpin TI untuk ikut terlibat dalam membantu menetapkan strategi bisnis, dan peran TI dalam strategi baru tersebut. Hal ini tampak bagus bagi orang-orang yang bekerja dalam TI. Kelemahan dalam situasi ini bagi pemimpin TI untuk  mengartikulasikan bisnis dalam penerapan Ti yang baru. Bagaimana mencari TI yang cocok dengan strategi bisnis yang telah ditetapkan. Strategi TI yang baru harus dioptimalkan secara terus menerus dalam menilai aplikasi strategi untuk membantu strategi perusahaan dalam mengidentifikasikan dampak teknologi yang baru untuk menunjang startegi bisnis. Teknologi Internet  E-Bisnis dan Aplikasi E-Commerce dapat digunakan secara strategis untuk manfaat persaingan, sebagai teks yang berulang-kali mempertunjukkan, bagaimana dalam rangka mengoptimalkan dampak strategis ini perusahaan harus secara terus menerus menilai aplikasi strategis untuk membantu strategi perusahaan dalam mengidentifikasi dan memposisikan dampak aplikasi teknologi internet untuk menunjang e-business dan e-commerce.

3.       Mengapa Anda berpikir bahwa kesuksesan TI tergantung pada keseluruhan strategi bisnis organisasi? Mengapa keseluruhan strategi tersebut harus disatukan? Jelaskan Alasannya.
Jawaban
Saya sependapat dengan pernyataan Orlov dalam kasus diatas yang mengatakan bahwa “Seseorang di TI harus memikirkan strategi TI setiap saat, dan juga mereka di sisa waktunya seharusnya untuk memastikan mereka terhubung dengan setiap hal yang berjalan dalam bisnis”. Jika Pemimpin TI dapat menyisihkan ekstra waktunya sekarang, maka teori strategis planning akan menjadi bagian organik pada kehidupan perusahaan dan semua interaksinya. Itu tidak akan lama seperti seri dari perjanjian yang baru saja anda batalkan itu akan lebih mudah. Banyak perusahaan merencanakan dengan baik, namun sedikit mengaplikasikan ke dalam tindakan yang  nyata, walaupun  dengan manajemen yang lebih baik  secara konsisten mengidentifikasi sebuah  bisnis  sebagai suatu  kesempatan yang besar dan perusahaan memerlukan kemampuan yang lebih kuat. Implementasi adalah suatu tanggung jawab managerial yang sangat penting. Implementasi harus sesuai dengan perencanaan  yang lebih menunjang. Kita dapat memandang implementasi sebagai proses yang dapat  menyelesaikan rencana  untuk merubah strategi bisnis dan aplikasi yang telah dikembangkan pada proses perencanaan  yang telah kita pelajari  pada bagian I, seperti yang telah kita lihat pada  Kasus Dunia Nyata  halaman berikut ini. Kita dapat belajar banyak dari kasus ini tentang sebagian dari  perusahaan yang  membawa semua orang melibatkan  ke dalam sebuah proyek.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar