Senin, 28 Juli 2014

Kasus 1. Hillman Group, Avnet, dan Quaker Chemical: Transformasi Proses Melalui Penyebaran Kecerdasan Bisnis


1.        Apakah manfaat bisnis yang diperoleh dari penyebaran BI seperti yang diterapkan avnet dan Quaker Chemical?  Peran apa yang dimainkan data dan proses bisnis dalam mencapai manfaat tersebut?
Jawaban
Manfaat bisnis yang diperoleh dari penyebaran BI seperti yang diterapkan avnet dan Quaker Chemical antara lain serta peranan data dan proses bisnis dalam mencapai manfaat tersebut:
·         Dalam Quaker Chemical, Sistem BI dapat meningatkan kinerja perusahaan. Perusahaan yang menggunakan unruk mengungkap proses bisnis yang tidak sempurna berada pada posisi yang jauh lebih baik untuk berhasil dalam persaingan dibandingkan dengan perusahaan yang menggunakan BI hanya untuk mengawasi apa yang terjadi.
·         Pada Avnet, Sistem BI dapat meningkatkan kinerja karyawan. Untuk mengubah proses penjualan dan layanan pelanggan, Steve Philips  menyerahkan sistem tersebut kepada tenaga penjualnya sehingga mereka bisa secara aktif menggabungkan informasi tersebut ke dalam arus kerja mereka setiap hari dan interaksi mereka dengan pelanggan. karyawan menggunakan informasi tersebut untuk memodifikasi praktik kerja individual dan tim mereka, yang menyebabkan meningkatnya kinerja diantara tim bagian penjualan.
·         Meningkatkan pemasukan dari pembayaran piutang. Departemen TI menciptakan sebuah pusat data yang mengambil informasi piutag dari sistem transaksi. pusat data itu kemudian menganalisia sejara pembayaran dan sejarah jumlah saldo per palanggan dan per transaksi dan kemudian dimuat dalam gudang data
·         Meningkatkan pendapatan perusahaan. Dengan meningkatnya kinerja perusahaan di Quaker Chemical dan meningkatnya kinerja karyawan di Avnet pendapatan dapat meningkat dengan mudah.

2.       Apa tantangan terbesar pada perubahan pola pikir yang diperlukan untuk memperluas alat BI agar tidak sekedar menjadi alat pelaporan? Apa yang bisa perusahaan lakukan untuk mengatasi hal tersebut? Gunakan contoh dari kasus untuk menggambarkan jawaban Anda.
Jawaban
Tidak mudah untuk membawa BI ke tingkat selanjutnya, dalam sistem BI, semua orang yang terlibat dalam proses harus memiliki akses penuh terhadap informasi untuk bisa mengubah cara bekerja mereka. Kesulitan utama lainnya adalah kebanyakan perusahaan tidak memahami proses bisnis mereka dengan cukup baik untuk kemudian bisa menentukan bagaimana untuk meningkatkannya.
Namun perusahaan dapat mengatasi hal tersebut dengan:
·         Perusahaan perlu mengubah cara berpikir tentang nilai informasi dari CEO sampai di level karyawan terendah.
·         Perusahaan perlu berhati-hati berkaitan proses bisnis yang mereka pilih. Mereka perlu memahami ini semua sebelum memulai sebuah proyek BI.

3.       Baik Avnet dan Quaker Chemical menerapkan sistem dan proses yang memengaruhi praktek dari tenaga penjualan mereka. Dengan cara apa Quaker Chemical memperoleh manfaat dari penerapan yang baru ini? Seberapa pentingkah pembelian mereka terhadap keberhasilan dari proyek? Bahas strategi alternatf agar perusahaan bisa mengadopsi sistem baru seperti ini.
Jawaban
Bagian penjualan merupakan bagian dari perusahaan yang diuntungkan  dengan menggunakan informasi ini.  Bagian penjualan dapat mengidentiikasi bagaimana kinerja timnya dan menerapkan upaya untuk memperbaiki jika terdapat kekurangan dalam kinerja tersebut. Manajemen, menggunakan sistem BI dapat mengetahui dan melihat bagaimana kinerja karyawannya.  Melalui sistem ini, bagian penjualan juga dapat berinteraksi secara baik dengan pelanggan, interaksi ini dapat meningkatkan hubungan baik antara pelanggan dan bagian penjualan ini dapat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar